Leica Q2 Reporter: Kamera Saku Premium Edisi Terbatas dengan Bodi Berlapis Kevlar

Kamera edisi terbatas dari Leica memang selalu tampil istimewa. Baru-baru ini Leica mengumumkan Leica Q2 Reporter yang datang dengan bodi berlapis material kevlar.

svg%3E

Fitur Leica Q2 Reporter

Leica Q2 Reporter adalah kamera kedua Leica yang bodinya dilapisi material kevlar. Sebelumnya, Leica telah menggunakan material ini di Leica M10-P Reporter yang diluncurkan bulan Januari 2021 lalu.

Jika dicermati Leica Q2 Reporter memang menganut gaya yang sama dengan Leica M10-P Reporter. Ini karena Q2 Reporter melanjutkan tradisi kamera untuk foto jurnalistik yang umum digunakan di lingkungan yang cukup menantang.

svg%3E

svg%3E

Seperti Leica M10-P Reporter, Leica Q2 Reporter hadir dengan bodi berlapis warna hijau gelap atau olive green. Di bodinya juga tidak ditemukan logo titik merah Leica yang ikonik. Material kevlar yang melapisi bodinya hadir dengan pola yang unik. Menurut Leica, dengan material kevlar ini bodinya akan lebih nyaman digenggam dan tidak mudah slip. Soal ketahanan juga tidak perlu diragukan. Material kevlar akan lebih tahan lama jika dibandingkan dengan material kulit.

Keistimewaannya yang lain, material kevlar tersebut akan memudar hingga mencapai hijau gelap seperti warna bodinya seiring dengan penggunaan dan sering terpapar sinar UV. Jadi, efek pemudaran yang terjadi akan membuat tampilan kamera ini tidak akan terlihat sama antara satu pengguna dan pengguna lainnya.

svg%3E

Untuk spesifikasinya tidak ada perbedaan dengan versi standarnya. Leica Q2 mengandalkan sensor 47.3 megapixel yang dipasangkan dengan lensa Summilux 28mm f/1.7 ASPH. Selain untuk memotret, kamera saku premium ini juga mendukung perekaman video di format DCI dan UHD 4K. Jadi, sangat bisa diandalkan untuk mengambil foto dan video.

Harga Leica Q2 Reporter

Leica Q2 Reporter dijual dengan harga US$5995 atau sekitar 86 Jutaan Rupiah. Lebih mahal US$300 dari versi standarnya.