Review Lenovo YOGA 6

Varian YOGA konvertibel 2-in-1 paling ringkas dengan AMD Ryzen

Lenovo menghadirkan pembaruan YOGA 6. Menggantikan prosesor AMD Ryzen 4000 series sebelumnya, YOGA 6 kini ditenagai prosesor AMD Ryzen 5000-series. Penasaran bagaimana performa varian YOGA konvertibel 2-in-1 paling ringkas ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

svg%3E

Desain Lenovo YOGA 6

Lenovo YOGA 6 tetap mempertahankan desain premium khas lini YOGA. Untuk unit yang kami terima hadir dengan warna bodi Abyss Blue. Opsi lain tersedia juga dengan case yang dilapisi material Fabric. Bisa dipilih untuk Anda yang ingin tampil beda.

svg%3E

Secara keseluruhan rancangan bodinya cukup ramping. Bobotnya yang sekitar 1,3 Kg juga relatif ringan. Memang bukan yang paling tipis dan ringan di lini YOGA. Namun, dimensinya masih sangat ideal untuk diajak berpergian. Laptop ini juga tidak akan menyita banyak tempat di dalam tas. Membawa panel layar 13.3 inci rancangan bodinya memang sangat ringkas.

svg%3E

Masuk di lini YOGA konvertibel 2-in-1 engsel layarnya bisa diputar 360 derajat. Rancangannya cukup solid. Melipat layarnya untuk berpindah mode penggunaan dari laptop, stand, tablet dan tent bisa dilakukan sangat mudah.

Untuk konektivitasnya di sisi kiri terdapat satu port USB-C (mendukung data transfer, Power Delivery 3.0 dan DisplayPort 1.4), satu port USB 3.2 Gen 1 Type A, dan satu port audio jack 3.5mm. Di sisi kanan tersedia satu port USB-C (mendukung support data transfer dan DisplayPort 1.4) dan USB 3.2 Gen 1 Type A (Mendukung fitur Always-on untuk isi ulang baterai perangkat lain).

Layar Lenovo YOGA 6

Di sektor layar Lenovo YOGA 6 membawa panel layar sentuh IPS 13.3 inci. Desainnya cukup kekinian dengan bingkai layar yang tipis di sisi kiri dan kanan panel.

svg%3E

Resolusi layarnya Full HD 1920 x 1080 pixel. Sementara, untuk standar warna pada panelnya mendukung 72% NTSC. Tampilan di layarnya ini terlihat tajam. Warnanya juga cukup akurat. Masih bisa diandalkan untuk kebutuhan konten kreasi hingga menikmati konten multimedia.

svg%3E

Respon layar sentuhnya dengan jari atau pena stylusnya juga amat baik. Dalam paket penjualannya Lenovo sudah menyertakan pena stylus Lenovo Digital Pen. Pena stylusnya ini mendukung input sensitivitas hingga 4096 tingkatan tekanan. Nyaman dan cukup presisi digunakan untuk menulis atau menggambar.

Keyboard dan trackpad Lenovo YOGA 6

Lenovo YOGA 6 hadir dengan keyboard bergaya chicklet khas Lenovo. Meski dimensinya ringkas jarak antar tombolnya tetap terasa pas. Tombol-tombolnya juga tidak terlalu rata dengan bodinya. Sangat nyaman digunakan untuk mengetik. Tidak ketinggalan keyboardnya juga sudah dilengkapi dengan lampu backlit berwarna putih yang berguna untuk menemani kegiatan mengetik di kondisi temaram.

svg%3E

Area trackpad mouse laptop ini cukup besar. Permukaannya dilapisi dengan material gelas. Responsif dengan sentuhan jari dan telah mendukung Precision TouchPad. Saat ditekan tombol klik kiri dan kanannya juga tidak berisik dan nyaman ditekan.

Audio Lenovo YOGA 6

Di sektor audio YOGA 6 membawa speaker stereo 1.5W hadap depan. Penempatan speakernya ada di sisi kiri dan kanan keyboard. Sektor audionya juga telah mendapat dukungan Dolby Atmos. Dari pengujian kami kualitas suara yang dihasilkan speakernya cukup jernih. Namun, memang terasa kurang bertenaga. Cukup memadai untuk menikmati beragam konten multimedia.

Fitur Lenovo YOGA 6

Semua fitur unggulan lini YOGA juga bisa ditemukan di YOGA 6. Sebut saja seperti webcam IR dengan dukungan Windows Hello dan fitur penutup webcam untuk melindungi privasi. Hadir juga sensor pengaman sensor sidik jari yang bisa ditemukan di bawah keyboard.

svg%3E

svg%3E

Untuk mempermudah pengaturan tersedia dukungan fitur Lenovo Vantage. Di Lenovo Vantage bisa ditemukan beberapa fitur bawaan dari Lenovo. Seperti misalnya Conservation Mode, Rapid Charge untuk isi ulang cepat, dan always-on usb charging. Lenovo Vantage juga menyediakan fitur pemindai performa, cek pembaruan sistem hingga akses untuk pengaturan keyboard, audio hingga webcam.

Lenovo YOGA 6 juga didukung fitur Lenovo Q-Control. Ada tiga opsi pengaturan performa yang bisa dipilih yakni Battery Saving, Intelligent Cooling dan Extreme Performance. Selain itu, tersedia juga dukungan fitur pintar Lenovo Smart Assist.

svg%3E

Lewat fitur ini pengguna bisa menikmati sederetan fitur pintar. Seperti misalnya buka atau kunci layar otomatis dengan mendeteksi keberadaan pengguna dan perlindungan privasi. Untuk perlindungan privasi di Glance tersedia fitur Privacy Guard dan Privacy Alert.

Privacy Guard akan otomatis menjadikan tampilan layar menjadi buram atau blur saat kamera inframerah pintarnya mendeteksi keberadaan orang lain yang mengintip layar. Kemudian, Privacy Alert akan langsung memberitahu pengguna layar sedang diintip.

Performa Lenovo YOGA 6

svg%3E
Lenovo YOGA 6 hadir dengan dua pilihan konfigurasi prosesor dengan AMD Ryzen 5 5500U dan AMD Ryzen 7 5700U. Untuk model yang kami review berikut menggunakan AMD Ryzen 7 5700U. Besaran RAM yang dibawanya 16GB. Tanpa ada opsi untuk upgrade. Sementara, ruang penyimpanannya mengandalkan SSD PCIe 3.0×4 NVMe dengan kapasitas 512GB. Untuk hasil benchmarknya sebagai berikut.

Penggunaan produktivitas sehari-hari seperti mengolah dokumen dan browsing performanya sudah sangat memadai. Terasa kencang dan nyaris tanpa lag. Buka tutup aplikasi terasa cepat. Melakukan multitasking membuka beberapa aplikasi sekaligus atau membuka tab di browser dalam jumlah banyak juga terasa lancar. Untuk menikmati konten multimedia YOGA 6 dengaan gpu AMD Radeon graphics bisa diandalkan untuk memutar konten-konten video resolusi tinggi. Anda juga masih bisa mengandalkannya untuk bermain game yang ringan. Cukup lumayan walau laptop ini memang bukan masuk kategori laptop gaming.

svg%3E

Bergeser ke manajemen thermal YOGA 6 memang bukan yang terbaik diantara varian YOGA lain yang pernah kami coba. Sistem pendinginnya cukup mumpuni untuk menjaga suhu laptop agar performa tetap stabil. Namun, area permukaan keyboard terasa hangat di kondisi performa maksimum terutama di area tengah dan sisi kanan. Untunglah kinerja kipas pendingin laptop ini relatif senyap.

Baterai Lenovo YOGA 6

Mengusung prosesor AMD Ryzen 5000 series satu keunggulan dari YOGA 6 adalah efisiensi daya. Seperti biasa pengujian daya tahan baterainya kami menghubungkannya ke WiFi, mengaktifkan fitur power saver Windows, FN+Q battery saving, tingkat gelap terang layar 30%, tanpa menyalakan fitur Bluetooth, keyboard backlight, dan Location. Dengan pengaturan tersebut untuk penggunaan mengetik dan browsing kami bisa mendapatkan waktu guna hingga sekitar 11 jam. Sangat cukup untuk mendukung produktivitas di luar ruangan bagi pengguna yang mobilitasnya tinggi.

Kesimpulan

Manajemen thermal dan sektor audionya memang bukan yang terbaik di antara varian YOGA yang lain. Namun, lewat YOGA 6 Lenovo telah berhasil mewujudkan laptop konvertibel 2-in-1 yang ideal dengan desain yang ringkas dan performa yang kencang untuk beragam kebutuhan. Desain premium dan daya tahan baterainya yang irit juga menjadi nilai tambah di kelasnya. Di jual dengan harga mulai 15 jutaan Rupiah YOGA 6 adalah laptop 2-in-1 konvertibel premium YOGA paling ringkas dan murah yang bisa Anda beli saat ini.

Lenovo YOGA 6 cocok untuk:

Pengguna yang mobilitasnya tinggi: Dimensi yang ringkas dan daya tahan baterainya ideal untuk para pengguna yang mobilitasnya tinggi.

Para pelajar dan mahasiswa: Desainnya yang premium juga menjadikan YOGA 6 tidak hanya bisa jadi pilihan untuk para pekerja tapi juga bisa untuk pelajar dan mahasiswa.

Pekerja kreatif: Didukung dengan layar sentuh dan pena stylus YOGA 6 bisa diandalkan untuk para ilustrator, desain grafis hingga konten kreator.

Penikmat multimedia: Desain 2-in-1 konvertibel yang fleksibel dan audio yang didukung Dolby Atmos cocok untuk pengguna yang gemar menikmati konten multimedia seperti menonton video di Netflix atau Youtube.

Kelebihan Lenovo YOGA 6:

– Desain 2-in-1 konvertibel premium
– Dimensi ringkas
– Performa kencang
– Baterai tahan lama
– Dilengkapi pena stylus Lenovo Active Pen
– Port konektivitas cukup lengkap
– Dilengkapi sensor sidik jari

Kekurangan Lenovo YOGA 6:

– Manajemen thermal kurang optimal
– Non upgradeable
– Audio kurang bertenaga

Dijual dengan harga mulai 15 jutaan Rupiah YOGA 6 adalah laptop 2-in-1 konvertibel premium YOGA paling ringkas dan murah yang bisa Anda beli saat ini.
8.3
Verified by MonsterInsights