Quantcast
Gadget GuideKomputerLaptop Gaming

Kelebihan dan Kekurangan Alienware M15 R5 Ryzen Edition

Alienware M15 R5 Ryzen Edition merupakan salah satu laptop gaming pertama dari brand legendarisnya ini yang diboyong ke Indonesia setelah beberapa tahun absen. Dengan tetap mengedepankan desain yang futuristik dan hardware kencang, laptop ini bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik bagi Anda menjelang liburan akhir tahun 2021.

Yang wajib diingat, Alienware M15 R5 bukan barang murah. Anda wajib menyiapkan dana setidaknya 38 juta rupiah untuk bisa meminangnya. Nah, karena itu, sebelum memutuskan membeli ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan Alienware M15 R5 Ryzen Edition

1. Desain keren dan premium

Alienware M15 R5 Ryzen Edition

Alienware M15 R5 Ryzen Edition menurut kami termasuk dalam jajaran laptop gaming paling keren saat ini. Nuansa gaming-nya begitu terasa, tapi juga tidak berlebihan. Warnanya disebut Dark Side of the Moon, dengan finishing Silky Smooth dan High Endurance Clear Coat. Perpaduan yang menawan dan terasa nyaman ketika bersentuhan dengan kulit. Cat-nya sendiri dijanjikan lebih tahan noda, jadi Anda tidak perlu khawatir laptop mudah kotor oleh bekas jari.

Di bagian belakang ada lubang ventilasi besar untuk membuang panas, yang sekelilingnya dihiasi lampu RGB. Selain itu, efek iluminasi lampu RGB juga bisa Anda temui pada logo Alienware yang ikonik.

2. Layar QHD 240Hz 100 persen DCI-P3 color gamut

Salah satu opsi layar yang tersedia untuk laptop ini adalah QHD 240Hz 100 persen dengan DCI-P3 color gamut. Mantap untuk gaming di level kompetitif, dan cukup ideal untuk menunjang pekerjaan seperti editing foto, video, maupun pembuatan konten lainnya. Selain itu, Alienware juga membekalinya dengan teknologi ComfortView Plus, Nvidia G-SYNC, dan Advanced Optimus.

Alienware M15 R5 Ryzen Edition 8

3. Performa gaming kencang

Alienware M15 R5 Ryzen Edition dipersenjatai prosesor AMD Ryzen 7 5800H 8-core 16-thread. Ada juga varian dengan prosesor AMD Ryzen 9 5900HX. Urusan grafis dipercayakan kepada GPU Nvidia GeForce RTX 3060 6GB GDDR6. Wajib digarisbawahi, Maximum Graphic Power-nya 125W. Alienware M15 R5 Ryzen Edition juga menjadi laptop 15 inci Alienware pertama yang mengusung memory 3200MHz DDR4. Ada dua slot SO-DIMM (2x16GB pada sample review). Sementara untuk storage menawarkan 1TB M.2 PCIe NVMe SSD.

Red Dead Redemption 2 Screenshot 2021.11.17 08.43.43.38

Untuk gaming, laptop ini mampu memberikan performa yang cukup memuaskan. Judul-judul seperti Red Dead Redemption 2, Metro Exodus Enhanced Edition, Shadow of the Tomb Raider, maupun Gears 5 dapat ditangani dengan baik tanpa kendala, bahkan di pengaturan tinggi sekalipun. Untuk game kompetitif seperti Valorant, DOTA 2, dan Rainbow Six Siege pun mantap.

4. Keyboard nyaman

Alienware M15 R5 mengusung mechanical keyboard ultra-low profile yang dikembangkan oleh Cherry. Keyboard ini punya travel distance 1.8mm, teknologi N-key rollover, dan fitur AlienFX untuk memudahkan kustomisasi efek lampu pada masing-masing tombolnya. Selama pengujian, pengalaman yang didapat cukup menyenangkan baik untuk bermain games maupun mengetik.

Alienware M15 R5 Ryzen Edition Keyboard

5. Audio bertenaga

Audio juga menjadi salah satu keunggulan Alienware M15 R5. Speaker stereo yang ditanamkan mampu menghasilkan suara yang jernih, lantang, dan bertenaga.

6. Alienware Command Center memudahkan akses ke beragam fitur

Lewat aplikasi Alienware Command Center Anda bisa mengubah beberapa pengaturan, seperti power, overclock, efek iluminasi RGB, hingga audio.

Alienware Command Center

Kekurangan Alienware M15 R5 Ryzen Edition

1. Suhu agak panas saat gaming berat, terasa hingga area keyboard

Alienware M15 R5 Ryzen Edition mengandalkan sistem pendingin Cryo-Tech untuk mengendalikan hawa panas. Selama bermain games dengan setting grafis tinggi yang menuntut kinerja berat, kenaikan suhu bisa saya rasakan hampir di semua area, termasuk keyboard. Terkadang suhunya menjadi hangat dan sedikit mengganggu kenyamanan tangan yang bersentuhan langsung.

2. Kipas berisik pada kecepatan tinggi

Ketika suhu meningkat, Anda bisa memaksimalkan kerja kipas melalui Alienware Command Center. Atur pada kecepatan penuh, dan suhu bakal lebih cepat turun. Tapi konsekuensinya, kipas menjadi amat berisik.

3. Tidak ada card reader

Untuk kebutuhan memindahkan file dari kamera, para kreator konten tentunya masih membutuhkan card reader. Sayangnya laptop ini tidak punya fitur tersebut. Kalau butuh memindahkan data, opsi paling mudah adalah membeli card reader eksternal.

Alienware M15 R5 Ryzen Edition 6

4. Dimensi/bobot laptop dan charger kurang praktis untuk dibawa bepergian

Alienware M15 R5 Ryzen Edition bukanlah laptop gaming yang ramping. Beratnya nyaris 2,5 kilogram dengan ketebalan maksimal 22,85mm. Ukuran power adapter-nya pun besar (240W) dengan berat sekitar 780 gram. Untuk membawanya bepergian, Anda harus menyiapkan tas dengan ruang penyimpanan yang luas pula.

Back to top button