Snapdragon G3x Handheld Development Kit: Platform Konsol Game Genggam dengan Chipset Snapdragon G3x Gen 1

Kabar baik untuk para peggemar konsol game genggam. Qualcomm dan Razer mengumumkan platform konsol game genggam Snapdragon G3x Handheld Development Kit. Kedepannya platform ini akan menjadi standar referensi konsol game genggam dengan chipset Snapdragon G3x Gen 1.

svg%3E

Fitur Snapdragon G3x Handheld Development Kit

Snapdragon G3x Handheld Development Kit terdiri dari layar dengan panel OLED 6.65 inci. Resolusi layarnya Full HD+ dengan refresh rate 120Hz dan mendukung HDR.

Konsol genggam ini juga telah dilengkapi dengan sejumlah tombol. Termasuk, tombol D-Pad dan thumb-stick untuk navigasi. Menurut Qualcomm, dev kit dioptimalkan untuk menjalankan game-game Android dan mendukung layanan streaming game berbasis komputasi awan.

Perangkat ini juga telah dilengkapi dengan webcam 5 megapiksel dan dua mikrofon terintegrasi untuk melakukan siaran langsung. Kameranya tersebut mengijinkan gamer untuk siaran langsung di resolusi Full HD 60p.

svg%3E

Fitur Snapdragon G3x Handheld Development Kit yang lain tersedia dukungan empat pasang speaker, konektivitas WiFi 6E dan bisa berjalan di jaringan 5G.

Spesifikasi Chipset Snapdragon G3x Gen 1

svg%3E
Untuk chipset Snapdragon G3x Gen 1 sendiri spesifikasi detilnya belum diungkapkan oleh Qualcomm. Chipset pertama Qualcomm khusus untuk konsol game genggam ini hanya disebutkan membawa Qualcomm Kryo CPU dan GPU Adreno yang mendukung gaming HDR10 bit hingga resolusi 4K di 144 Hz. Jadi, tidak hanya untuk gaming chipset ini juga bisa jadi alternatif untuk perangkat lain seperti set-top-box.

Saat ini konsol game genggam kekinian yang mampu menjalankan game PC ditenagai prosesor Intel dan AMD. Dengan diumumkan chipset Snapdragon G3x Gen 1, artinya Qualcomm secara resmi akan siap bersaing ketat dengan kedua pabrikan tersebut di segmen konsol game genggam. Untuk konsol game genggam dengan prosesor Intel dan AMD bisa dilihat di artikel berikut ini.