Quantcast
NewsKomputerTech News

11 Fitur Tersembunyi di Windows 11 yang Wajib Diketahui

Di sistem operasi Windows 11 Microsoft memang menghadirkan banyak peningkatan dan pembaruan fitur. Tidak heran jika sistem operasi ini sangat dinantikan oleh para pengguna PC.

Windows 11 Start Menu

Tapi, dari sekian banyak fitur yang dibawanya ternyata ada cukup banyak fitur tersembunyi dari Windows 11. Fitur ini belum atau bahkan tidak diketahui oleh para pengguna Windows 11. Setidaknya ada 11 fitur tersembunyi dari Windows 11. Penasaran apa saja? Simak ulasannya sebagai berikut.

11 Fitur Tersembunyi di Windows 11

1. Fitur Multitasking
Salah satu fitur unggulan dari Windows 11 adalah Snap Layouts. Fitur ini memungkinkan pengguna membuka beberapa jendela aplikasi secara bersamaan. Nah, Snap Layouts ternyata didukung dengan fitur multitaksking tersembunyi yakni Alt+Tab dan Title bar Windows Shake.

windows 11 1

Alt+Tab jika diaktifkan bisa memungkinkan pengguna untuk menampilkan juga tab pada browser yang dibuka di Microsoft Edge. Sementara, Title bar window shake bisa memungkinkan pengguna untuk mengecilkan jendela beberapa aplikasi langsung bersamaan dan membuka satu jendela yang dipilih.

Misalnya, Anda multitasking membuka 5 aplikasi. Pilih satu jendela aplikasi yang ingin dibuka. Kemudian klik dan goyangkan mouse maka empat jendela aplikasi lain akan otomatis mengecil. Kedua fitur ini bisa ditemukan di System pada bagian Multitasking.

2. Pengaturan volume suara individual untuk masing-masing aplikasi di desktop
Windows 11 kini mengijinkan pengguna untuk mengatur volume suara dari setiap aplikasi yang dibuka di desktop. Misalnya, Anda membuka aplikasi Broswer Chrome dan Media Player bersamaan. Nah, kedua aplikasi tersebut kini output suaranya bisa diatur masing-masing.

windows 11 2

Untuk mengakses fitur ini buka Settings, pilih System, kemudian pilih Sound dan klik di Volume Mixer. Setelah itu bisa ditemukan slider volume suara aplikasi yang sedang dibuka di desktop.

3. Opsi Windows Backup
windows 11 3
Di menu Settings Windows 11 kini bisa ditemukan opsi Windows Backup. Fitur ini bisa ditemukan di Settings > System > Storage > Advance Storage Settings > Backup options. Gunanya Anda bisa secara langsung melakukan sinkronisasi folder ke ruang penyimpanan awan One Drive.

4. Ijin akses aplikasi yang berjalan di Background
Windows 11 kini memungkinkan Anda untuk memilih aplikasi apa saja yang berjalan di background yang memerlukan ijin. Ijin tersebut termasuk akses lokasi, kamera, aktivasi suara, mikrofon, kontak, kalender, dan masih banyak lagi.

windows 11 4

Fitur ini bisa ditemukan di Settings > Privacy & Security dan gulirkan layar ke bawah hingga menemukan App Permission.

5. Fitur Clipboard History
windows 11 5
Clipboard di Windows 11 kini mendapat tambahan fungsi Emoji, GIF, Kaomoji, Symbols, dan masih banyak lagi. Untuk mengaksesnya Anda bisa ke Settings > System > Clipboard. Saat membuka notepad, untuk mengakses Clipboard tersebut bisa dengan menekan tombol pintas Windows + V.
windows 11 7

6. Sistem pengaman lebih baik
Kehadiran Windows 11 disadari atau tidak turut membawa peningkatan pada sistem keamanan termasuk perlindungan dengan sistem TPM. Beberapa fitur keamanan di Windows 11 seperti opsi sign-in, device security, tools pengaman terintegrasi, data enkripsi, fitur pelacakan aplikasi yang dibuka dan masih banyak lagi. Semua ini dihadirkan untuk meningkatkan pengalaman menggunakan Windows 11 yang lebih aman.

7. Estimasi waktu pembaruan sistem
Sistem operasi Windows memang cukup sering mendapat pembaruan. Nah, kali ini di Windows 11 Microsoft menghadirkan fitur estimasi waktu pembaruan sistem. Dengan fitur tersebut pengguna kini bisa langsung mengetahui berapa lama pembaruan sistem berlangsung.

8. Penggunaan perangkat
windows 11 6
Penggunaan perangkat atau Device Usage adalah satu fitur Windows 11 yang cukup menarik. Fitur ini memungkinkan sistem operasi Windows 11 menyiapkan dan memberikan tips pengaturan Windows 11 sesuai skenario penggunaan. Anda bisa memilih untuk skenario Gaming, Family, Creativity, Business, atau Entertainment. Fitur ini bisa diakses di Settings > Personalization > Data Usage.

9. Aplikasi Jam dengan Focus Mode
windows 11
Aplikasi jam di Windows 11 kini dilengkapi dengan Focus Mode. Mode ini berguna untuk memungkinkan pengguna tetap fokus pada pekerjaannya, memantau waktu penggunaan PC, dan waktu istirahat. Fitur ini berguna untuk mengukur dan meningkatkan produktivitas bagi Anda yang gila kerja.

10. Windows Subsystem untuk Linux
Windows Subsystem for Linux (WSL) di Windows 11 memungkinkan developer untuk menjalankan platform GNU/Linux dan mengeksplorasi OS Linux. WSL bisa didapatkan di melaui Microsoft Store.

11. Bisa menjalankan sistem operasi Android
Satu fitur yang cukup menarik dari Windows 11 adalah kemampuan menjalankan aplikasi Android. Sayangnya, fitur ini memang masih belum digulirkan secara umum ke publik dan masih dalam tahap uji coba di Windows Insider preview build.

2 komentar

  1. Fitur favorit saya tuh yang bisa jalanin aplikasi android langsung di windows 11 tanpa harus menginstall emulator.

Back to top button