Bisa Diakses Gratis, British Council Luncurkan Digital Library di Indonesia

British Council baru-baru ini mengumumkan kehadiran Digital Library (perpustakaan digital) di Indonesia. Yang menarik, anggota Digital Library dapat mengakses berbagai konten pendidikan, seni, dan budaya secara gratis. Apa saja konten yang ditawarkan Digital Library?

Konten gratis di Digital Library

British Council

Dalam siaran pers yang diterima Yangcanggih, dijelaskan bahwa perpustakaan British Council sudah hadir di Indonesia sejak 1948. Kini melalui ranah digital, Digital Library dari British Council menyediakan akses tanpa batas ke ribuan sumber hiburan dan akademis. Termasuk di dalamnya adalah sumber belajar, eBooks populer dan audiobooks, serta film maupun dokumenter pemenang penghargaan.

“Digital Library terbaru ini menawarkan sesuatu untuk semua orang, dari Harry Potter sampai The Economist, dari konser–konser musik live dan sumber praktis untuk pengembangan profesional, yang dapat dininkmati dan diakses di manapun, dan kapan pun,” kata Hugh Moffatt, Country Director, British Council Indonesia.

svg%3E

Melalui Digital Library, British Council berharap dapat mendukung penelitian, pengajaran dan pembelajaran online dengan berbagai konten, mulai dari sumber akademis online hingga elektronik dan audiobook.

Untuk lebih lengkapnya, berikut kategori konten yang disediakan oleh Digital Library:

  • Koran: 2.400 teks koran dari 100 negara
  • Majalah: 4.000 full-colour edisi digital. Anggota perpustakaan dapat secara langsung memilih edisi terbaru maupun terdahulu, menambahkan pilihan tersebut ke dalam pustaka bacaan pribadi tanpa menunggu maupun tanpa jangka waktu. Tidak ada batasan untuk jumlah majalah yang dapat dibaca.
  • eBooks dan Audio Books: Baca atau mendengarkan langsung lebih dari 3,000 judul dari para penerbit dan pengarang kenamaan.
  • Komik dan novel grafis: 1500+ judul komik dapat diakses oleh anggota perpustakaan untuk segala umur.
  • Musik: Lebih dari 1,500 momen live musik, konser – konser serta dokumenter musik dapat dinikmati secara on-demand melalui berbagai alat digital.
  • Film Independen: streaming film dengan akses ke 7,000 budaya pop terfavorit, box office, film – film pemenang penghargaan, dokumenter dan film pendek.
  • Teater: anggota Digital Library dapat menikmati lebih dari 600 produksi teater, termasuk di dalamnya berbagai diskusi dari para praktisi teater.
  • Buku Akademis: 100.000 eBooks di berbagai area akademis dengan berbagai sumber praktis untuk riset dan penelitian.
  • Pelatihan Perangkat Lunak: pelatihan terkait perangkat lunak (dan alat perangkat lunak) untuk berbagai aplikasi, termasuk Microsoft Office, Adobe Creative, Creative Suite, google Docs dan iPad.

Cara daftar anggota Digital Library

Bagi yang berminat, mendaftar keanggoatan Digital Library bisa melalui tautan berikut ini. Keanggotaan akan bebas biaya hingga informasi selanjutnya. Pengguna harus berumur lebih dari 18 tahun. Apabila sudah mendaftar, pengguna juga dapat mengakses Digital Library melalui Google Play (Android) dan App Store (iPhone).