Berbasis Android 12, Inilah Sederet Hal Baru di Samsung One UI 4

Samsung mengumumkan kehadiran One UI 4, user interface terbarunya yang berbasis sistem operasi Android 12. Ada beragam peningkatan dan perubahan yang ditawarkan Samsung melalui One UI 4, mulai dari kustomisasi, privasi, hingga soal akses ke ekosistem.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak 7 fitur baru dari Samsung One UI 4.

1. Kemudahan kustomisasi sesuai gaya masing-masing

Samsung One UI 4

Dalam siaran pers yang diterima Yangcanggih, Jumat (26/11), Samsung menjelaskan bahwa One UI 4 memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan kepribadian masing-masing. Ada beragam Color Palettes yang bisa dipilih, dan pengguna pun dapat mengubah tampilan mulai dari home screen, ikon, menu, tombol, dan pastinya background.

Menurut Samsung, One UI 4 menghadirkan interaksi yang disederhanakan serta desain yang bersih. Pengguna akan mendapatkan opsi penyesuaian di setiap kesempatan, sehingga bisa menciptakan tampilan dengan gaya mereka sendiri.

svg%3E

Pengguna pun memiliki akses mudah ke rangkaian emoji yang lebih menarik dan beragam di satu tempat. Jika satu emoji masih kurang, pengguna juga dapat menggabungkan dua emoji ke dalam satu animasi untuk benar-benar mengekspresikan perasaan.

svg%3E

2. Peningkatan privasi

Di One UI 4, Samsung menghadirkan fitur privasi dan keamanan terbaru sehingga pengguna dapat memilih apa saja yang ingin dibagikan atau dirahasiakan. Pengguna bisa memonitor dan mengontrol pengaturan privasi dengan lebih mudah. Sistem keamanannya akan memberikan peringatan saat aplikasi mencoba mengakses kamera atau mikrofon. Contohnya, dari dashboard di bawah ini pengguna bisa langsung memblokir sementara akses kamera dan mikrofon ke semua aplikasi.

svg%3E

Sebagai opsi privasi, titik hijau kecil akan tampil di bagian kanan atas layar ketika ada aplikasi yang menggunakan kamera dan mikrofon. One UI 4 juga memanfaatkan perluasan pada opsi izin Android 12, memungkinkan pengguna untuk melihat riwayat hal-hal yang mereka izinkan dalam 7 hari terakhir, bukan hanya 24 jam terakhir.

svg%3E

3. Terhubung ke ekosistem yang lebih luas

Kerja sama Samsung dengan pemimpin industri lainnya, seperti Google, memastikan pengalaman yang seamless saat menggunakan aplikasi dan layanan pihak ketiga. Saat menggunakan Galaxy Fold, Galaxy Watch, maupun Galaxy Tab, pengguna akan mendapatkan tampilan dan nuansa yang senada di seluruh perangkat.

svg%3E

Jadwal ketersediaan Samsung One UI 4

One UI 4 tersedia di Galaxy S21, Galaxy S21+, dan Galaxy S21 Ultra mulai 15 November dan segera dirilis untuk seri Galaxy S dan Note sebelumnya, serta seri Galaxy A, foldables, maupun tablet.

Verified by MonsterInsights