MediaTek Pentonic 2000: Chipset Untuk TV Pintar yang Mendukung Resolusi 8K dan VVC H.266



Beberapa waktu lalu MediaTek mengumumkan chipset kelas flagship Dimensity 9000 5G. Kehadiran chipset ini juga ditemani satu chipset anyar yang lain yakni Pentonic 2000.

Fitur MediaTek Pentonic 2000

Bedanya, MediaTek Pentonic 2000 adalah chipset yang disiapkan untuk TV pintar. Sementara, Dimensity adalah chipset mobile untuk perangkat ponsel atau tablet.

Menurut Mediatek, Pentonic 2000 akan menjadi standar baru chipset besutannya untuk TV Pintar. Chipset ini mendukung resolusi video 8K dengan refresh rate hingga 120 Hz. Atau, untuk monitor gaming bisa hingga 144 Hz. Selain itu, hadir juga dukungan teknologi Dolby Vision HDR dan audio Dolby Atmos.

Sebagai otak untuk TV pintar Pentonic 2000 telah dilengkapi teknologi kecerdasan buatan. Pentonic 2000 juga menjadi chipset pertama yang mendukung VVC decoding atau H.266. VVC atau H.266 adalah standar baru kompresi video untuk streaming dengan ukuran file yang lebih kecil dan gambar berkualitas tinggi.

Fiturnya yang lain tersedia Picture-in-Picture dan Picture-by-Picture untuk streaming konten bersamaan dari beberapa sumber berbeda. Ini artinya, Pentonic 2000 akan membawa dukungan untuk berbagai platform sistem operasi TV pintar.

Ketersediaan Mediatek Pentonic 2000

Kehadiran Pentonic 2000 memang akan menjadi angin segar di dunia audio visual kedepannya. Pasalnya, para pabrikan saat ini juga sudah mulai berlomba-lomba menghadirkan TV pintar dengan resolusi di atas 4K. Konten-konten 4K secara perlahan tapi pasti juga semakin populer dan mulai mendominasi di berbagai layanan streaming video.

MediaTek memang belum membocorkan pabrikan mana yang akan mulai mengadopsi chipset ini ke TV pintar mereka. Kendati demikian, Pentonic 2000 dijadwalkan akan mulai debut globalnya di TV pintar mulai tahun 2022.

Your email address will not be published. Required fields are marked *