Review Xiaomi Mi Smart Band 6

Gelang Kebugaran dengan fitur kekinian yang terjangkau



8
Cek harga

Tidak hanya harga yang semakin murah, gelang kebugaran kini juga membawa sederetan fitur yang semakin canggih. Dari Xiaomi jagoannya adalah Mi Smart Band 6. Apa saja keunggulan dari gelang kebugaran generasi keenam Xiaomi ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain Xiaomi Mi Smart Band 6

Di sektor desain Mi Smart Band 6 sekilas memang masih terlihat mirip dengan pendahulunya Mi Smart Band 5. Tapi, ukuran layar Xiaomi Mi Band 6 sedikit lebih besar.

Layar Mi Band 6 berukuran 1.56 inci yang resolusinya 152 x 486 pixel. Sementara, Mi Band 5 hanya 1.1 inci dengan resolusi 126 x 294 pixel. Layar sentuhnya ini sama-sama mengusung panel AMOLED. Tingkat kecerahanannya mendukung hingga 450 nits. Sangat terang dan tidak pantang di kondisi pencahayaan sangat terang.

Peningkatan pada ukuran layar dan resolusi layar yang lebih tinggi menjadikan tampilan di layarnya terlihat lebih memanjakan mata. Gambar yang ditampilkan terlihat tajam. Sebagai tambahan layarnya ini juga telah diperkuat dengan lapisan kaca anti gores. Respon layarnya dengan sentuhan jari juga amat baik.

Bagi yang sering melakukan aktivitas olahraga juga tidak perlu khawatir. Xiaomi Mi Smart Band 6 telah dirancang tahan air dengan standar 5ATM. Jadi, bisa diajak untuk berenang. Strapnya yang berbahan karet juga sangat lembut dan nyaman digunakan saat aktivitas sehari-hari. Melepas pasang modul smart band ini dari strapnya juga sangat cepat dan mudah.

Mi Band 6 tidak dilengkapi dengan tombol navigasi. Untuk navigasi hanya mengandalkan sentuhan jari di panelnya saja. Sementara, pengisian baterai dipermudah dengan hadirnya docking magnetik. Jadi, tidak perlu melepas pasang modul dari strapnya.

Antarmuka Xiaomi Mi Smart Band 6

Mi Smart Band 6 hadir dengan antarmuka sederhana dan mudah sekali digunakan. Untuk memilih aplikasi Anda hanya perlu menyapu layar ke atas atau bawah. Geser layar ke kiri atau ke kanan bisa ditemukan widget cuaca dan kendali pemutar musik.

Di antarmuka utama tampilan standar informasi yang ditampilkan detak jantung, jam, tanggal, baterai, dan jumlah langkah kaki. Sementara, jika Anda ingin melihat aktivitas harian yang lebih detil bisa dilihat di Status atau PAI.

Fitur Xiaomi Mi Smart Band 6

Sejatinya fitur-fitur yang ada di Mi Smart Band 5 bisa juga ditemukan di Mi Smart Band 6. Seperit misalnya mode olahraga. Di Mi Smart Band 6 tersedia 30 mode olahraga. Pilihannya dari outdoor running, walking, cycling, indoor running, swimming, exercise, indoor cycling, elliptical machine, skipping rope, yoga, rowing machine, Indoor fitness, Indoor ice skating, HIIT, Core training, Stretching, Stepper, Gymnastics, Pilates, Street dance, Dance, Zumba, Cricket, Bowling, Basketball, Volleyball, Table tennis, Badminton, Boxing, dan Kickboxing.

Tergolong lengkap walau beberapa aktivitas olahraga memang masih kurang populer untuk pengguna di Indonesia. Sensor pemantau detak jantung juga bisa ditemukan di gelang kebugaran ini. Bahkan, Xiaomi kini menambahkan fitur pemantau SpO2 untuk memantau kadar oksigen dalam darah. Fitur lainnya, tersedia dukungan pendeteksi stres, panduan pernapasan dan pemantau siklus kesehatan wanita. Xiaomi Band 6 juga menyediakan fitur pemantau pola tidur.

Semua fitur kekiniannya tersebut memang bisa juga ditemukan di gelang kebugaran lain. Tapi, ada satu fitur yang menurut kami sangat menarik dari Mi Band 6. Fitur tersebut adalah watchface dengan jumlah 60 tema. Jadi, tidak membosankan dan Anda bisa memilih antarmuka watchface yang sesuai dengan selera dan gaya masing-masing. Sangat cocok bagi pengguna gemar ganti gaya.

Performa Xiaomi Mi Smart Band 6

Kami menggunakan Mi Smart Band 6 sehari-hari untuk memantau aktivitas atau teman olahraga bersepeda. Satu nilai tambah Mi Smart Band 6 telah mendukung pelacakan aktivitas olaharga otomatis. Jadi, akan otomatis masuk ke mode olahraga dengan medeteksi aktivitas gerakan. Pelacakan juga akan berhenti otomatis jika Anda berhenti sementara untuk istirahat.

Tingkat akurasi pelacakan aktivitas tergolong cukup baik. Semua data yang dikumpulkan bisa ditampilkan lewat aplikasi Mi Fit dengan cukup detil dan informatif. Anda bisa mendapatkan data aktivitas meliputi jarak tempuh, durasi, rute, kecepatan, detak jantung hingga kalori yang terbakar.

Sementara, saat digunakan untuk tidur dari pengujian kami kemampuan pelacakan tidur Mi Smart Band 6 kurang begitu akurat. Di posisi tiduran dan masih belum tertidur gelang kebugaran ini akan menghitung Anda sudah mulai tidur di posisi Light Sleep. Tapi, menariknya fitur pelacakan pola tidurnya juga bisa memungkinkan untuk memantau pola bernafas saat tidur. Ini penting untuk mendeteksi dini terjadinya masalah gangguan pernapasan saat tidur. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi analisis dan saran yang berguna untuk meningkatkan kualitas tidur. Perlu diingat jika fitur ini aktif daya tahan baterainya akan lebih singkat.

Untuk mengukur kadar oksigen dalam darah kemampuan sensornya SpO2 nya juga cukup akurat. Namun, kadang kurang konsisten. Untuk akurasinya dari pengujian kami hasil pengukuran bisa beda satu hingga dua poin saja jika kami bandingkan dengan jam tangan pintar yang biasa kami gunakan yaitu Fitbit Versa dan Smartwatch Huawei GT2e.

Baterai Xiaomi Mi Smart Band 6

Xiaomi Mi Smart Band 6 ditenagai dengan baterai yang kapasitasnya 125mAh. Xiaomi menjanjikan daya tahan baterai sekitar 2 minggu untuk penggunaan normal. Dari pengujian kami dengan penggunaan yang cukup intens untuk pelacakan aktivitas dan teman olahraga daya tahan baterainya bisa bertahan hingga sekitar 10 hari.

Kesimpulan

Secara keseluruhan Xiaomi Mi Smart Band 6 memang masih mewarisi fitur dan desain yang mirip dari generasi sebelumnya, Mi Smart Band 5. Namun, tidak bisa dimungkiri dengan ukuran layar yang sedikit lebih besar dan tambahan fitur SpO2 menjadikannya lebih baik dari Mi Smart Band 5.

Fitur pemantau kebugaran yang lengkap, mode olahraga yang banyak, sangat nyaman digunakan sehari-hari dan daya tahan baterainya yang panjang, sepadan dengan harga jualnya yang murah. Gelang kebugaran ini sangat kami rekomendasikan untuk para pengguna yang baru ingin menggunakan gelang kebugaran untuk memulai gaya hidup sehat dan belum ingin meilirik jam tangan pintar.

Xiaomi Mi Smart Band 6 cocok untuk:

Para pengguna yang baru ingin memiliki gelang kebugaran: Gelang kebugaran ini sangat nyaman digunakan. Kemudahan pemakaian dan fiturnya yang relatif komplit cocok untuk para pengguna yang baru ingin menggunakan gelang kebugaran.

Penggemar olahraga: Sederetan mode olahraga yang komplit, rancangan tahan air, dan dukungan sensor SpO2 menjadikan gelang kebugaran ini sangat ideal untuk teman olahraga.

Kelebihan Xiaomi Mi Smart Band 6:

– Bobot ringan dan nyaman digunakan
– Layar AMOLED warna yang sangat terang dan tajam
– Mudah digunakan
– Rancangan tahan air
– Mode Olahraga banyak
– Opsi watchface variatif
– Fitur SpO2
– Daya tahan baterai panjang
– Charger magnetik

Kekurangan Xiaomi Mi Smart Band 6:

– Pelacakan pola tidur kurang konsisten
– GPS mengandalkan smartphone

Sangat kami rekomendasikan untuk para pengguna yang baru ingin menggunakan gelang kebugaran untuk memulai gaya hidup sehat dan belum ingin meilirik jam tangan pintar.
8
Cek harga

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score