Review Alienware M15 R5 Ryzen Edition



8.6

Alienware akhirnya kembali ke Indonesia. Setelah sekian lama absen, Dell secara resmi memboyong Alienware M15 R5 Ryzen Edition untuk menyapa para gamer di Tanah Air. Ini adalah laptop gaming 15 inci pertama Alienware yang mengusung layar QHD 240Hz.

Penasaran seperti apa performa Alienware M15 R5 Ryzen Edition? Yuk, langsung saja simak ulasannya!

Desain futuristik yang premium

Konon, sejak dulu Alienware merupakan brand laptop idaman para gamer, termasuk saya. Selain spesifikasi, salah satu hal yang selalu bikin saya kepincut adalah desainnya yang futuristik seperti sebuah perangkat dari luar angkasa. Alienware M15 R5 Ryzen Edition pun masih membawa DNA serupa.

Alienware M15 R5 Ryzen Edition

 

 

Laptop ini terlihat premium. Nuansa gaming-nya begitu terasa, tapi juga tidak berlebihan. Warnanya disebut Dark Side of the Moon, dengan finishing Silky Smooth dan High Endurance Clear Coat. Perpaduan yang menurut saya keren dan terasa nyaman ketika bersentuhan dengan kulit. Cat-nya sendiri dijanjikan lebih tahan noda, jadi Anda tidak perlu khawatir laptop mudah kotor oleh bekas jari.

Build quality-nya cukup baik. Di bagian belakang ada lubang ventilasi besar untuk membuang panas, yang sekelilingnya dihiasi lampu RGB. Selain itu, efek iluminasi lampu RGB juga bisa Anda temui pada logo Alienware yang ikonik.

Begitu layar dibuka Anda akan kembali menemukan deretan lubang ventilasi untuk masuknya udara, yang terletak di antara keyboard dan engsel. Dengan ventilasi keluar-masuknya udara seperti ini, Anda boleh berharap Alienware M15 R5 Ryzen Edition punya manajemen suhu yang baik.

Keyboard juga menjadi sektor yang saya suka. Menurut Alienware, mereka membenamkan mechanical keyboard ultra-low profile yang dikembangkan oleh Cherry. Keyboard ini punya travel distance 1.8mm, teknologi N-key rollover, dan fitur AlienFX untuk memudahkan kustomisasi efek lampu pada masing-masing tombolnya. Selama pengujian, menurut saya keyboard Alienware M15 R5 cukup menyenangkan baik untuk bermain games maupun mengetik.

 

Perlu diketahui bahwa Alienware M15 R5 Ryzen Edition bukanlah laptop gaming yang ramping. Beratnya nyaris 2,5 kilogram dengan ketebalan maksimal 22,85mm. Ukuran power adapter-nya pun besar (240W) dengan berat sekitar 780 gram. Untuk membawanya bepergian, Anda harus menyiapkan tas yang besar pula.

Soal ketersediaan port, di sisi sebelah kiri Anda hanya akan menemukan port Ethernet dan audio jack 3.5mm. Sementara pada sisi sebelah kanan ada dua port USB-A 3.2 Gen1. Selebihnya ada di belakang, seperti port charging, HDMI 2.1 untuk gaming di 4K/120fps menggunakan layar eksternal, Type-C USB 3.2 Gen 2 dengan Power Delivery, dan USB-A 3.2 Gen 1.

Peletakkan beberapa port penting di belakang menurut saya patut diacungi jempol, karena posisi kabel nantinya tidak akan mengganggu Anda. Terakhir, untuk kepentingan konektivitas laptop ini dibekali Killer Wi-Fi 6 AX1650.

Layar QHD 240Hz

Alienware M15 R5 hadir dengan 3 opsi layar. Yang saya ulas di artikel kali ini adalah model dengan layar 15,6 inci QHD (2560 x 1440 yang memiliki response time 1ms, dan refresh rate 240Hz yang mantap untuk gaming kompetitif. Selain itu, Alienware juga membekalinya dengan teknologi ComfortView Plus, Nvidia G-SYNC, dan Advanced Optimus.

Layar tersebut menawarkan tingkat kecerahan hingga 400-nits dan 100 persen DCI-P3 color gamut. Ya, selain asyik untuk gaming dan menikmati konten hiburan lainnya, Alienware M15 R5 Ryzen Edition juga ideal untuk mendukung kebutuhan para kreator seperti editing foto dan video.

Bagaimana dengan audion? Saya bisa bilang: memuaskan. Speaker stereo pada Alienware M15 R5 mampu menghasilkan suara yang jernih, lantang, dan bertenaga.

Performa gaming kencang

Alienware M15 R5 Ryzen Edition dipersenjatai prosesor AMD Ryzen 7 5800H 8-core 16-thread. Selain tipe yang kami review ini, ada pula model lainnya dengan prosesor AMD Ryzen 9 5900HX yang harganya lebih mahal.

Urusan grafis dipercayakan kepada GPU Nvidia GeForce RTX 3060 6GB GDDR6. Wajib digarisbawahi, Maximum Graphic Power-nya 125W. Alienware M15 R5 Ryzen Edition juga menjadi laptop 15 inci Alienware pertama yang mengusung memory 3200MHz DDR4. Ada dua slot SO-DIMM (2x16GB pada sample review). Sementara untuk storage menawarkan 1TB M.2 PCIe NVMe SSD.

Berikut beberapa hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark:

Bagaimana dengan kemampuan gaming-nya? Langsung saja simak hasil pengujian ketika menjalankan beberapa game populer:

1. Shadow of the Tomb Raider

Shadow of the Romb Raider dapat dimainkan dengan lancar tanpa kendala, bahkan pada resolusi 1440p dan Ray Tracing aktif. Dengan bantuan Nvidia RTX DLSS, rata-rata FSP yang didapat berada di angka 93. Ya, kuncinya manfaatkan DLSS.

2. Red Dead Redemption 2

RDR 2 juga dapat dimainkan dengan frame rate yang cukup tinggi dan stabil bahkan di pengaturan grafis tinggi sekalipun.

3. Gears 5

Selanjutnya saya coba mainkan Gears 5 lagi-lagi di resolusi 1440p. Anda bisa lihat pengaturan grafis yang saya gunakan pada screenshot di bawah. Hasilnya, bisa dapat rata-rata FPS di 77.

4. Metro Exodus: Enhanced Edition

Metro Exodus: Enhanced Edition saya coba mainkan dengan resolusi 1080p dan kualitas grafis ultra serta Ray Tracing normal. Tapi maaf, saya lupa mengaktifkan DLSS. Tanpa DLSS pun masih oke dengan rata-rata frame rate di 56. Kalau DLSS akitf, pastinya FPS yang didapat lebih tinggi.

5. Rainbow Six Siege

Game kompetitif seperti Rainbow Six Siege juga sangat lancar dimainkan di Alienware M15 R5. Anda juga bisa memaksimalkan refresh rate 240Hz pada laptop ini, meski dengan setting grafis rata kanan, frame rate yang dihasilkan belum bisa melebihi 200.

 

6. Valorant

Valorant tentunya dapat dijalankan tanpa kendala pada pengaturan grafis mentok kanan. Tapi karena saya merupakan penggemar berat game ini dan sering memainkannya selama berjam-jam, saya lebih senang mengunci FPS di 144 agar suhu laptop tetap dingin.

Sistem pendingin dan aplikasi Alienware Command Center

Alienware M15 R5 Ryzen Edition mengandalkan sistem pendingin Cryo-Tech untuk mengendalikan hawa panas. Selama bermain games dengan setting grafis tinggi yang menuntut kinerja berat, kenaikan suhu bisa saya rasakan termasuk pada area keyboard. Terkadang, suhunya menjadi hangat dan sedikit mengganggu kenyamanan tangan yang bersentuhan langsung dengan keyboard. Untungnya tidak berpengaruh pada performa.

Tapi jangan khawatir, karena Anda bisa memaksimalkan kerja kipas melalui Alienware Command Center. Ketika saya atur di kecepatan penuh, suhu memang lebih cepat turun. Tapi konsekuensinya, kipas menjadi amat berisik.

Lewat aplikasi Alienware Command Center pula Anda bisa mengubah beberapa pengaturan, seperti power, overclock, efek iluminasi RGB, hingga audio.

Kesimpulan

Kembalinya brand Alienware lewat laptop Alienware M15 R5 Ryzen Edition akan semakin memperkaya pilihan para gamer di Indonesia. Apalagi, saya yakin produk-produk Alienware sering menjadi laptop impian Anda yang mengagumi brand ini sejak lama.

 

Sebagai salah satu produk perdana sejak balik ke Tanah Air, Alienware M15 R5 Ryzen Edition cukup mampu memenuhi ekspektasi saya. Desainnya keren, performanya mantap dan sanggup melibas berbagai judul game AAA, serta didukung layanan purna jual yang premium dari Dell.

Tapi yang harus diingat, meminang Alienware artinya Anda harus merogoh kocek yang lumayan dalam. Alienware M15 R5 Ryzen Edition dijual dengan harga mulai dari 38 jutaan rupiah.

Alienware M15 R5 Ryzen Edition cocok untuk:

  • Gamer casual: Alienware M15 R5 Ryzen Edition mampu menjalankan berbagai game AAA terbaru dengan lancar. Cocok untuk Anda yang menjadikan gaming sebagai hiburan dan melepas penat setelah beraktivitas.
  • Gamer kompetitif: Anda yang sering bermain game kompetitif seperti Valorant, Rainbow Six Siege, maupun DOTA 2 juga bisa mengandalkan Alienware M15 R5 Ryzen Edition. Selain performanya kencang, laptop ini memiliki layar 240Hz.
  • Kreator konten: Dengan layar 100 persen DCI-P3 color gamut, Alienware M15 R5 ideal untuk Anda para kreator konten yang membutuhkan perangkat untuk editing foto maupun video.

Kelebihan Alienware M15 R5 Ryzen Edition:

  • Desain keren dan premium
  • Tidak mudah kotor
  • Layar QHD 240Hz 100 persen DCI-P3 color gamut
  • Performa gaming kencang
  • Keyboard nyaman
  • Audio cukup bertenaga
  • Masih dibekali webcam
  • Efek iluminasi RGB yang menawan
  • Alienware Command Center memudahkan akses ke beragam fitur

Kekurangan Alienware M15 R5 Ryzen Edition:

  • Suhu agak panas saat gaming berat, termasuk di area keyboard
  • Kipas berisik pada kecepatan penuh
  • Tidak ada card reader
  • Dimensi/bobot laptop dan charger kurang praktis untuk dibawa bepergian
Alienware M15 R5 Ryzen Edition
Laptop gaming ini punya desain yang keren, performa gaming yang mantap, dan layar yang memanjakan mata
8.6

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Baterai
Harga
Final Score