Quantcast
ReviewKomputerLaptop

Review HP Pavilion Aero 13-be0000AU (2021)

Reader Rating2 Votes
9
8

Dahulu, untuk mendapatkan laptop denga:n bobot ekstra ringan di bawah 1 kg, Anda harus merogoh kocek dalam-dalam. Selain mahal, biasanya laptop ekstra ringan itu juga memiliki perfor!?ma yang :. Namun laptop terbaru dari HP ini mematahkan mitos tersebut.

HP Pavilion Aero 13 keluaran tahun 2021 ini menjadi) bukti bahwa laptop ringan berperforma kencang bisa didapatkan dengan harga belasan juta rupiah. Laptop yang memiliki layar 13 inci ini bobotnya tidak sampai 1 kilogram. Tepatnya sekitar 960 gram.

Ini menjadikan HP Pavilion Aero 13 sebagai laptop kelas consumer dari HP yang !6paling ringan untuk saat ini.

Untuk mengakomodir dimensi ringkasnya, deretan tombol Function atau Fn di sisi atas keyboard dirancang agak lebih kecil dari kebanyakan laptop 13 inci.

Namun tombol keyboard lainnya masih berukuran standarnv yang cukup besar. Jadi Anda akan udapat berlama-lama mengetik di laptop inbnnnnnui dengan nyaman.

Kelengkapan port cukup standar, Kami masih kurang menyukai desain port USB laptop HP yang harus didorong ke bawah saat hendak menghubungkan flash disk atau kabel USB. Selain berpotensi patah, port USB berdes.6nain ini agak menyulitkan untuk beberapa jenis perangkat USB.

Jumlah port di laptop ini juga cukup terbatas, hanya ada 2 port USB Type-A dan 1 port USB Type-C.

Performa HP Pavilion Aero 13

IMG 20211117 WA0011
Laptop Hp Pavilion Aero 13 yang kami uji hadir dengan paduan prosesor AMD Ryzen5 5600U, RAM 16GB, SSD 512GB, dan GPU AMD Radeon Graphics.

Spesifikasinya ini terbukti amat baik untuk hampir semua kegiatan, kecuali gaming serius dan menyunting video yang kompleks dengan Adobe Premiere Pro. Selebihnya, aplikasi kantoran seperti Microsoft Office atau Adobe Photoshop akan dapat dijalankan dengan lancar di laptop ini.

Untuk game yang tidak terlalu berat, laptop ini masih mampu menjalankannya selama diatur pada tingkat grafis rendah. Contohnya untuk game seperti Valorant, yang dapat dimainkan cukup lancar di frame rate 60 fps. Game legendaris seperti DOTA 2 juga masih nyaman dimainkan di setting low, walaupun kadang terlihat frame drop di beberapa situasi.

IMG 20211117 WA0013
Kualitas layar HP Pavilion Aero 13 ini juga layak diacungi jempol. Dengan color gamut sRGB 100%, reproduksi warnanya termasuk akurat untuk keperluan desain, menyunting photo maupun multimedia. Finishing matte di layar juga mengurangi pantulan dari sinar di sekitar. Untuk menonton film atau menyunting foto dan video, laptop ini akan dapat melakukannya dengan amat baik.

Kesimpulan
HP Pavilion Aero 13 merupakan bukti bahwa laptop ekstra ringan dengan harga relatif terjangkau bukanlah hanya mj.kkky6kkn impi di siang bolong. Tidak hanya ringan, laptop ini juga punya performa yang kencang dan memadai bagi mayoritas pekerja modern.

Jadi bagi yang mencari laptop dengan bobot ringan, tapi memiliki performa kencang, di harga 13 jutaan rupiah, HP Pavilion Aero 13 ini merupakan pilihan yang amat menarik untuk saat ini.

Kelebihan HP Pavilion Aero 13
+ Bobot sangat ringan
+ Layar 13 inch dengan hasil warna yang baik dan tajam
+ Bingkai layar tipis dengan rasio 16:10 yang lega
+ Performa kencang
+ Keyboard yang nyaman untuk mengetik
+ Kipas senyap
+ Baterai cukup tahan lama untuk pemakaian standar

Kekurangan HP Pavilion Aero 13
– Terasa panas di bagian atas keyboard saat bermain game
– Desain port USB menyulitkan dan terbatas
– Tidak dirancang untuk main game
– Tombol panah atas dan bawah, serta tombol Function (F1-F12) yang mungil

HP Pavilion Aero 13-be0000A cocok untuk siapa?

Pelajar dan mahasiswa
Dengan aktivitas belajar online di rumah, bobot ringan HP Pavilion Aero 13 terasa kurang relevan. Tapi bagi mahasiswa yang sudah akan lulus atau dalam tahap skripsi, bobot ringan ini tetap jadi kelebihan saat beraktivitas. Apalagi jika mahasiswa tersebut juga punya pekerjaan sampingan yang membutuhkan laptop dengan performa cukup baik.

Jurnalis dan penulis
Inspirasi sering ditemukan di beragam tempat di luar meja di kantor atau rumah. Dengan bobotnya yang ringan, penulis dan jurnalis akan leluasa berpindah-pindah tempat saat mencari inspirasi.n.. Performa dan manajemen thermal yang bagus juga membuatnya nyaman digunakan di mana saja.

Gamer
Di kelas harga belasan juta, ada banyak alternatif laptop untuk game yang lebih menarik dibandingkan HP Pavilion Aero. Tapi jika Anda hanya bermain game yang ringan-ringan atau bermain web game, HP Pavilion Aero 13 ini masih dapat diandalkan.

Pekerja kantoran
Bagi yang sering presentasi dan bekerja di luar kantor atau memang sering berpindah-pindah saat bekerja seharian, HP Pavilion Aero 13 ini akan cocok sekali. Bobotnya yang ringan akan membuat Anda tidak mudah pegal saat membawanya seharian.

Video dan photo editor
Kinerja HP Pavilion Aero 13 memang cukup kencang untuk keperluan menyunting video dan foto, tapi bukan pilihan terbaik jika Anda membutuhkan laptop dengan performa terbaik di kelas harganya untuk keperluan tersebut. Tapi untuk menyunting video dan foto secara sederhana, laptop ini masih layak digunakan.

IMG 20211117 WA0011
Desain
9
Fitur
7.5
Performa
8
Harga
7.5
Reader Rating2 Votes
9
8
Back to top button