Quantcast
KomputerNews

Intel 4004: Mikroprosesor Komersial Pertama di Dunia yang Kini Berusia 50 Tahun

Dalam acara Intel Innovation yang digelar Oktober 2021 lalu, Intel merayakan ulang tahun ke-50 dari Intel 4004. Bagi yang belum tahu, Intel 4004 merupakan mikroprosesor komersial pertama di dunia.

Sejarah Intel 4004

Intel 4004

Di tahun 1969, perusahaan Nippon Calculating Machine Corp meminta Intel mendesain sebuah circuit terintegrasi untuk kebutuhan prototipe teknis kalkulator mereka yaitu Busicom 141-PF. Insinyur Intel saat itu, Frederico Faggin dan timnya, mengubah rencana awal berupa 12 custom chip dan merancang satu set dengan empat chip – termasuk 4004 – untuk menjawab tantangan itu.

Chip seukuran kuku jari itu ternyata mampu memberikan kekuatan komputasi yang sama dengan komputer elektronik pertama yang dibuat pada tahun 1946, yang ukurannya hampir sebesar satu ruangan.

Otak untuk hampir semua teknologi modern

Dalam keterangan tertulis yang diterima Yangcanggih, Intel menjelaskan bahwa Intel 4004 diluncurkan pada tahun 1971. Sebagai mikroprosesor komersial pertama, Intel 4004 membuka jalan bagi komputasi mikroprosesor modern, ‘otak’ yang menghidupkan hampir semua teknologi masa kini mulai dari cloud hingga edge.

Pat Gelsinger CEO Intel

Menurut Intel, mikroprosesor memungkinkan terjadinya konvergensi teknologi superpower – ubiquitous computing, pervasive connectivity, cloud to edge infrastructure, dan artificial intelligence – dan menciptakan laju inovasi yang saat ini bergerak lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

“Bisa dipikirkan berapa banyak yang telah kita capai dalam setengah abad terakhir. Ini adalah momen sakral bagi teknologi. Inilah yang membuat komputasi benar-benar tinggal landas,” kata Pat Gelsinger, CEO Intel.

Kehadiran Intel 4004 merupakan bukti bahwa sangat memungkinkan untuk membangun circuit terintegrasi yang rumit dan mengemasnya dalam sebuah chip seukuran kuku jari. Penemuan Intel 4004 juga membentuk sebuah metodologi desain random logic baru yang menjadi fondasi bagi generasi mikroprosesor berikutnya, sebelum berevolusi sehingga menciptakan chip yang kini dipakai pada berbagai perangkat modern.

Frederico Faggin, mantan insinyur Intel yang merancang dan memproduksi Intel 4004 menjelaskan, di tahun 1970 jelas sekali bahwa mikroprosesor akan mengubah cara kita mendesain sistem, beralih dari penggunaan hardware ke software.

Artikel terkait

Back to top button