Microsoft Surface Laptop SE: Laptop Paling Ringkas dan Murah Microsoft untuk Tantang Chromebook

Kebutuhan akan perangkat laptop murah meriah memang semakin tinggi. Untuk itulah Microsoft kini meluncurkan Surface Laptop SE. Dengan harga jual yang murah laptop ini akan menjadi pesaing berat Chromebook.

Fitur Microsoft Surface Laptop SE

Sebelumnya di tahun lalu Microsoft memang sudah merilis laptop murah yakni Surface Laptop Go. Tapi, Surface Laptop SE berhasil menyalip saudaranya tersebut dan menjadi laptop Surface paling murah.

Dimensinya juga paling ringkas. Panel layar Surface Laptop SE berukuran 11.6 inci. Resolusinya 1366 x 768 dengan rasio aspek 16:9. Sementara, Surface Laptop Go layarnya lebih besar. Ukurannya 12.4 inci dengan resolusi 1536 x 1024 pixel dan rasio aspek 3:2. Secara keseluruhan desain keduanya sangat mirip. Bodinya terbuat dari plastik serta dilengkapi keyboard dan trackpad yang sama.

Dijual dengan harga murah memang ada cukup banyak kompromi yang dilakukan Microsoft. Pertama di sektor spesifikasi. Microsoft Surface Laptop SE ditenagai prosesor Intel Celeron N4020 atau Celeron N4120. Opsi RAM hingga 8GB dan dilengkapi ruang penyimpanan eMMC. Bukan SSD yang telah menjadi standar ruang penyimpanan laptop kekinian. Pilihan kapasitas eMMC yang tersedia 64GB atau 128GB.

Fitur Microsoft Surface Laptop SE yang lain di laptop ini bisa ditemukan webcam 720p, port USB-A, USB-C dan satu jack headphone 3.5mm.

Pertama dengan Windows 11 SE

Kompromi lain ada di sistem operasi Windows. Laptop ini menjadi yang pertama menjalankan sistem operasi Windows 11 SE atau Student Edition. Windows 11 SE adalah jawaban Microsoft untuk menantang ChromeOS pada Chromebook.

Berbeda dengan Windows 11 standar, Windows 11 SE membawa fitur dan antarmuka yang lebih sederhana. Ini karena Windows 11 SE menyasar para pelajar dan khusus dioptimalkan untuk segmen edukasi. Selain itu, Windows 11 SE kedepannya juga hanya akan tersedia di laptop murah.

Menurut Microsoft, dalam waktu beberapa bulan mendatang para pabrikan seperti Acer, ASUS, Dell, Dynabook, Fujitsu, HP, dan Lenovo juga telah siap meluncurkan laptop murah dengan Windows 11 SE.

Harga Microsoft Surface Laptop SE

Microsoft Surface Laptop SE akan tersedia di awal tahun 2022. Harga Microsoft Surface Laptop SE US$249 atau sekitar 3,5 Juta Rupiah.

Your email address will not be published. Required fields are marked *