Nikon Z9: Mirrorless Full Frame Paling Canggih Nikon



Nikon mengumumkan kehadiran mirrorless full frame Z9. Membawa sederetan teknologi baru, Nikon Z9 adalah kamera mirrorless paling canggih Nikon saat ini.

Spesifikasi Nikon Z9

Masuk di kelas profesional Nikon Z9 hadir dengan rancangan bodi yang lengkap dengan grip vertikal. Jadi, tetap nyaman digunakan meski di posisi kamera vertikal atau horisontal. Bodinya juga sudah dirancang tahan cuaca yang membuatnya ideal untuk penggunaan di luar ruangan. Meski dimensinya bongsor bobot kamera ini diklaim lebih ringan 8% jika dibandingkan dengan Nikon D6.

Spesifikasi Nikon Z9 datang dengan sensor stacked BSI-CMOS full frame yang resolusinya 45.7 megapixel. Sensornya tersebut disokong prosesor anyar Nikon EXPEED 7. Dengan spesifikasinya tersebut ada dua keunggulan yang ditawarkan Nikon Z9. Pertama, kemampuan memotret tanpa henti yang sangat cepat dan yang kedua bisa merekam video hingga resolusi 8K.

Nikon Z9 bisa memotret tanpa henti dengan kecepatan hingga 30 fps menggunakan format JPEG dan 20fps dengan format RAW. Sementara, untuk kemampuan rekam videonya kamera ini sanggup merekam video hingga resolusi 8K/30p. Opsi pengambilan video tersedia dengan format 8-bit H.254, 8-bit atau 10-bit dengan format H.265 atau 10-bit ProRes HQ.

 

Kamera ini juga bisa merekam video gerakan lambat 120p di resolusi 4K. Selain itu, Z9 juga menjadi kamera mirrorless Nikon pertama yang bisa merekam video dengan format N-Log atau Hybrid Log Gamma langsung ke kamera. Satu hal menarik, kedepannya lewat pembaruan firmware Nikon juga menjanjikan Z9 akan bisa merekam video RAW 12-bit 8K/60p.

Fitur Nikon Z9

Nikon Z9 adalah salah satu kamera mirrorless full frame yang tidak lagi mengadopsi teknologi shutter mekanis. Gantinya, kamera ini sepenuhnya menggunakan shutter elektronik. Selain bisa menghadirkan kinerja yang lebih senyap, shutter elektronik juga optimal untuk mendukung kemampuan memotret tanpa hentinya yang sangat cepat.

 

Fitur Nikon Z9 paling menarik ada di sektor autofocus. Z9 menjadi kamera mirrorless pertama Nikon yang mengusung teknologi autofocus 3D Tracking AF yang canggih. Didukung kecerdasan buatan dan kemampuan machine learning, sistem autofocus ini telah dilatih untuk bisa mengenali subyek seperti manusia, hewan dan kendaraan. Bahkan, di mode Auto Z9 secara otomatis bisa langsung mengenali dan mendeteksi subyek untuk melakukan focus.

 

Untuk fitur Nikon Z9 yang lain kamera ini telah membawa layar LCD 3.2 inci fleksibel, jendela bidik elektronik dengan tingkat kecerahan tinggi dan minim lag, dua slot kartu memori, serta sistem penstabil di bodinya dengan kemampuan stabilisasi hingga 6 stop. Sistem penstabilnya ini juga didukung fitur Synchro VR. Jadi, kemampuan stabilisasinya akan meningkat jika menggunakan lensa Nikon yang kompatibel seperti misalnya Nikkor Z 105mm F2.8 S dan Z 100-400mm F4.5-5.6 S.

Harga Nikon Z9

Jika berminat harga Nikon Z9 US$5499 atau sekitar 77 juta Rupiah. Kamera ini rencananya akan tersedia di pasaran akhir tahun 2021.

Your email address will not be published. Required fields are marked *