Android 12L: Sistem Operasi Android 12 yang Dioptimalkan untuk Layar Besar

Di gelaran Android Dev Summit 2021, Google resmi mengumumkan kehadiran sistem operasi Android 12L. Sistem operasi ini disiapkan untuk menyambut tren perangkat dengan layar lebih besar. Ini termasuk tablet, perangkat dengan layar lipat dan Chromebook.

svg%3E

1. Apa itu Android 12L?

Android 12L bisa dibilang adalah versi pembaruan dari Android 12. Dioptimalkan khusus untuk perangkat dengan layar besar Android 12L akan menjadi pesaing iPadOS dari Apple di segmen tablet.

svg%3E

Ini juga bukan sistem operasi Android pertama yang dirancang khusus untuk layar besar. Sebelumnya, Google pernah merilis sistem operasi Android Honeycomb. Sistem operasi tersebut pernah populer di masa kejayaan tablet dengan sistem operasi Android.

2. Beda Android 12L dan Android 12

svg%3E

Android 12L membawa sederetan optimasi agar bisa berjalan optimal di layar besar. Menurut Google, ada tiga komponen penting yang membuatnya berbeda dengan Android 12 untuk ponsel yaitu:
– Optimal untuk layar besar: Ini termasuk pembaruan antarmuka yang membuat sistem operasi Android lebih mudah digunakan di layar besar.
– Dirancang khusus untuk multitasking: Semua perangkat dengan layar 600dp atau di atasnya bisa menikmati antarmuka tampilan dua kolom. Kemampuan multitasking juga dioptimalkan dengan fungsi drag-and-drop dan split-screen. Jadi, pengguna bisa membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar.
– Peningkatan kompatibilitas dengan aplikasi: Perubahan visual dan peningkatan kompatibilitas memungkinkan semua aplikasi apapun bisa berjalan dengan tampilan layar penuh di layar besar.

3. Ketersediaan Android 12L

Perangkat dengan sistem operasi Android 12L rencananya akan hadir di awalah tahun 2022. Saat ini Google sudah merilis versi developer preview untuk diuji coba. Jika penasaran ingin mencobanya Anda bisa mengunduh emulator Android 12L di tautan berikut.