Apple M1 Pro dan M1 Max: Chipset Apple Paling Canggih dan Kencang

Di tahun 2020 lalu chipset Apple M1 resmi diumumkan. Chipset perdana Apple inilah yang memulai era baru perangkat Mac. Bahkan, Apple juga akhirnya menyematkan M1 ke iPad Pro. Kini, keluarga chipset M1 bertambah. Ada dua model yang diumumkan yakni M1 Pro dan M1 Max.

svg%3E

Performa semakin kencang

Kedua chipset ini dikembangkan dari M1. Artinya, keduanya tetap mengedepankan performa yang kencang dan hemat daya. Apple M1 Pro dan M1 Max hadir dengan fabrikasi 5nm seperti M1. Tapi, secara arsitektur berbeda. Rancangan aristektur M1 Pro dan M1 Max membawa jumlah core CPU dan GPU yang lebih banyak. Bandwith memory juga jauh lebih besar. M1 Pro dan M1 Max turut didukung unified memori dengan kapasitas lebih besar. Perbedaan ketiganya sebagai berikut:

Apple M1Apple M1 ProApple M1 Max
CPU Core8 core8/10 core10 core
GPU Core7/8 core14/16 core32 core
Memory Bandwith68 GB/s200GB/s400GB/s
Unified memorihingga 16GBhingga 32GBhingga 64GB

Singkatnya, M1 Pro dan M1 Max mampu menawarkan performa komputasi yang jauh lebih kencang dari M1. M1 Pro dan M1 Max jika dibandingkan M1 menawarkan peningkatan performa CPU sekitar 70 persen. Sementara, performa grafis M1 Pro dua kali lebih kencang dari M1 dan M1 Max empat kali lebih kencang dari M1.

svg%3E

svg%3E

Kemampuan Machine Learning keduanya juga lebih cepat dengan tetap didukung 16 core Neural Engine. Jadi, bisa dibilang keduanya adalah chipset Apple paling kencang hingga saat ini. Kemampuan komputasinya yang di atas rata-rata memang menjadikannya semakin menjanjikan untuk konten kreasi yang berat dari penyuntingan foto, video hingga membuat rancang 3D.

Konsumsi daya yang irit

svg%3E
Konsumsi daya keduanya juga sangat efisien. M1 Pro dan M1 Max bisa tetap menyajikan performa yang kencang saat di charge atau hanya menggunakan baterai saja. Semakin ideal untuk pengguna yang mobilitasnya tinggi.
svg%3E

Tidak bisa dimungkiri keunggulannya tersebut nampaknya bisa menjadi standar baru laptop di masa depan. Pasalnya, laptop dengan chip prosesor dan kartu grafis dari pabrikan lain umumnya performa baru terasa kencang jika digunakan dalam keadaan baterai di charge.

Fitur Apple M1 Pro dan M1 Max yang lain keduanya membawa display engine baru untuk skenario penggunaan multi monitor resolusi tinggi. Dukungan  Thunderbolt 4 juga tersedia. Tidak ketinggalan hadir sistem pengaman Secure Enclave yang semakin aman. Secara spesifik keduanya telah mendukung ProRes akselerator untuk mengoptimalkan pemrosesan video.

Ketersediaan Apple M1 Pro dan M1 Max

Apple M1 Pro dan M1 Max akan hadir di Apple Macbook Pro 2021 yang tersedia dengan pilihan ukuran 16 inci dan 14 inci.