[Tips] Cara Membuat Foto Produk dengan OPPO A16 untuk Jualan Online



Di tengah tingginya minat masyarakat untuk berbelanja secara online, foto produk yang bagus menjadi salah satu syarat wajib bagi para penjual agar etalasenya terlihat menarik di mata konsumen. Namun banyak penjual online yang beranggapan bahwa, menciptakan foto produk yang baik harus menggunakan kamera DSLR beserta sederet perlengkapan profesional lainnya. Padahal tidak selalu demikian.

Meyani Kristina Ningrum yang berprofesi sebagai pengajar workshop “Basic Food & Product Photography” untuk UMKM, instansi, dan komunitas menjelaskan, membuat foto produk bisa menggunakan kamera ponsel saja. Bahkan menurutnya, tidak perlu ponsel flagship yang harganya mahal. Ponsel terjangkau seperti OPPO A16 pun tetap bisa diandalkan.

Dalam acara Entrepreneur Workshop with OPPO A-Series di Bogor, Jumat (8/10), Meyani memberikan beberapa tips untuk membuat foto produk yang menarik dengan OPPO A16. Penasaran seperti apa? Yuk, langsung saja simak!

1. Pencahayaan yang ideal

Agar mendapatkan hasil foto yang terang, jernih, dan tajam, dibutuhkan pencahayaan yang ideal. Tidak perlu menggunakan lighting atau lampu foto, cukup memanfaatkan cahaya natural dari sinar matahari. Meyani menggarisbawahi, untuk mendapatkan cahaya yang pas kita juga harus tahu waktu memotret yang tepat. Jangan di siang hari karena sinar matahari terlalu terang dan menyebatkan kontras foto terlalu tinggi. Waktu yang baik adalah di pagi atau sore hari, karena sinar matahari lebih soft.

Selanjutnya, siapkan produk Anda di dekat pintu, jendela, atau teras. Jangan di bawah sinar matahari langsung. Anda juga bisa menggunakan alas foto polos berwarna putih di atas meja atau lantai agar terlihat lebih rapi. Konsep seperti ini tidak membutuhkan properti tambahan lainnya.

2. Properti

Anda bisa menambahkan properti untuk menciptakan foto produk dengan konsep tertentu. Pastinya, properti yang digunakan harus senada dengan produk yang ingin dijual. Misalnya ketika ingin memotret makanan tradisional seperti klepon, gunakan piring saji dan tambahkan hiasan seperti daun pisang, teko, dan sebagainya. Yang perlu diingat, properti yang dipakai jangan terlalu berlebihan agar fokus utama tetap pada produk yang ingin dijual.

3. Sudut pengambilan foto yang menarik

OPPO A16

Setelah memastikan pencahayaan ideal, langkah selanjutnya adalah menentukan sudut pengambilan foto agar tampak menarik. Kemampuan menentukan sudut pengambilan foto setiap orang akan berbeda-beda. Karena itu, Meyani menyarankan untuk sering berlatih dengan melihat dan mempelajari foto produk milik orang lain yang ada di media sosial. ATM: Amati, Tiru, Modifikasi.

4. Editing untuk memaksimalkan hasil foto

Terakhir adalah editing atau penyuntingan. Untuk foto katalog produk, tidak perlu menggunakan teknik editing yang berlebihan. Meningkatkan kontras saja sebenarnya sudah cukup. Aplikasi yang dipakai pun bisa diunduh secara gratis di Google Play Store, contohnya Lightroom Mobile, Canva, dan remove.bg.

Itulah beberapa tips untuk membuat foto produk yang menarik menggunakan kamera OPPO A16. Tips tersebut sangat cocok diterapkan oleh Anda yang baru ingin memulai usaha rumahan, maupun UMKM yang ingin memperluas jangkauan pemasarannya agar produk yang dijual bisa dilirik oleh konsumen di seluruh Indonesia.

Sekadar informasi, OPPO A16 merupakan perangkat seharga 2 jutaan rupiah. Ponsel ini dibekali tiga kamera belakang antara lain 13 MP, 2 MP, dan 2 MP. Baterainya besar, 5.000 mAh. Saat ini, OPPO A16 sudah hadir dengan varian baru yang menawarkan memori 4/64 GB.

Your email address will not be published. Required fields are marked *