Quantcast
KomputerNewsProduct News

10 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Upgrade ke Windows 11

Windows 11 akhirnya telah resmi dirilis ke publik mulai tanggal 5 Oktober 2021. Sistem operasi Windows teranyar dari Microsoft ini memang sangat dinantikan. Pasalnya, cukup banyak pembaruan yang dibawanya. Tidak hanya desain antarmuka yang lebih segar, sederetan fitur baru juga bisa ditemukan di Windows 11. Untuk mengetahui apa saja fitur baru di Windows 11 bisa dilihat pada artikel berikut. Sebelum upgrade ke Windows 11 berikut kami rangkum apa saja yang perlu Anda ketahui dari Windows 11.

Windows 11

10 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Upgrade ke Windows 11

1. Windows 11 tersedia secara gratis
Windows 11 bisa didapatkan secara gratis untuk semua pengguna PC yang telah memenuhi syarat dan menjalakan Windows 10 sebelumnya. Tapi, perlu diingat tidak semua PC bisa kompatibel dengan Windows 11.

2. Cek kompatibilitas PC dengan Windows 11 sebelum upgrade
pc health check 3
Microsoft telah menghadirkan aplikasi PC Health Check yang bisa diunduh dari situs Microsoft. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mempermudah Anda mengetahui apakah PC yang dimiliki kompatibel dengan Windows 11 atau tidak.

3. Update Windows 11 digulirkan bertahap
Seperti pembaruan atau update sistem operasi lain, update ke Windows 11 juga tidak serentak ke seluruh pengguna. Microsoft menggulirkan update ke Windows 11 secara bertahap hingga tahun 2022 nanti. Jadi, silahkan sabar dan tunggu giliran untuk mendapatkan update otomatis ke Windows 11.

4. Cara mendapatkan update ke Windows 11
update windows 11 1
Untuk mendapatkan Windows 11 sama seperti melakukan update Windows pada umumnya. Anda hanya perlu masuk ke menu Settings, pilih Update & Security, kemudian pilih cek update. Jika sudah tersedia Anda hanya perlu klik tombol download & install.

5. Update manual dimungkinkan
windows 11 update assistant
Jika tidak sabar menunggu update otomatis Windows 11, Microsoft juga memungkinkan Anda untuk update secara manual. Caranya, Anda bisa unduh aplikasi Windows 11 Installation Assistant dari situs Microsoft.

6. Backup data penting sebelum update
Pembaruan sistem operasi apapun pasti ada kemungkinan untuk kehilangan data. Jadi, sebaiknya sangat disarankan untuk melakukan backup data penting di dalam PC sebelum melakukan update ke Windows 11.

7. Windows 11 menyediakan fitur Rollback
Mengutip dari situs Microsoft, Windows 11 menyediakan fitur Rollback yang tersedia dalam waktu singkat. Jika sudah install dan merasa kurang cocok dengan Windows 11, fitur ini bisa memungkinkan Anda untuk kembali ke Windows 10 hanya dengan sekali klik.

8. Lisensi Windows 10 tidak akan hilang
Microsoft memastikan lisensi Windows 10 orisinil Anda tidak akan hilang jika upgrade ke Windows 11. Ini karena lisensi digital Windows 10 sudah terpaut di akun Microsoft Anda. Jadi, pastikan saja tidak lupa dengan akun Microsoft yang dimiliki.

9. Product Key Windows 10 bisa untuk Windows 11
Jika melakukan instalasi Windows 11 secara manual aktivasi mungkin saja diperlukan. Tapi, aktivasi Windows 11 bisa menggunakan product key Windows 10. Ini artinya, jika sistem PC sudah memiliki lisensi digital untuk Windows 10, Windows 11 akan aktif secara otomatis.

10. Upgrade Windows 11 tidak akan menghilangkan lisensi Microsoft Office
Selain Windows 10 gratis, PC kekinian juga umumnya langsung mendapatkan bonus aplikasi Microsoft Office Home & Student 2019 secara gratis.

Nah, jika upgrade ke Windows 11 lisensi Microsoft Office tersebut tidak akan hilang. Ini karena lisensi digital Microsoft Office akan langsung terpaut ke email Anda yang pertama kali didaftarkan untuk melakukan aktivasi Microsoft Office. Penting untuk diingat jangan sampai lupa email tersebut agar lisensi tidak hilang. Hal yang sama juga berlaku untuk lisensi aplikasi lain seperti misalnya Antivirus dan yang lainnya.

20 komentar

  1. Bang, apakah aplikasinya juga hilang kalau ugrade ke Windows 11? seperti contoh Adobe Premiere dan lain-lain.

  2. Bang, saya sudah update dari win10 ke 11, tapi kenapa sistemnya masih terbaca windows NT 10 x64 ya saat saya coba kirim email, nah di footer email ada informasi os pengirim emailnya

  3. kak, kalau aku upgrade windows 11 home student ke pro itu word bakal ilang ga ya?

  4. untuk setting seperti outlook hingga registrasi wifi apa otomatis bisa dipakai lagi?
    atau harus ulang semua dari awal?

  5. Saya saat ini menggunakan windows 10 dan lisensinya original.
    Jika saya instal ulang fresh (bukan upgrade) menggunakan windows 11, apakah serial lisensi original windows 10 sebelumnya bisa dipakai ?
    Karena disini kasusnya instal ulang baru, bukan upgrade dari win 10 ke win 11.

    1. @twinnet
      lisensi Windows 10 berbeda dengan Windows 11. kalau upgrade, seharusnya gak masalah. kalo install baru Windows 11, harusnya butuh yang beda. Tapi ini di atas kertas ya, belum coba sendiri.

  6. Data yang tidak di backup ketika ganti windows dari 11 ke 10 apakah tidak bisa dikembalikan?

  7. laptop saya lemot. ternyata saya tanya teman saya yg di bag IT, laptop sya sdh windows 11 dan dia anjurkan kembali ke windows 10 ditambah RAM dan ganti ssd spy lbh cepat dan tidak lemot. Apa pendapat and dan saran sebaiknya bagaimana. terima kasih.

    1. @duma
      Dulu sebelum windows 11, pake windows brapa? kalo dari dulu lemot, ya sama aja.
      boleh tau spek? kalo memang udah agak lama (lebih dari 4 tahun), boleh dipertimbangkan ganti baru.

  8. saya update win11 dari windows update itu tidak menghilangkan data dan saya menggunakan windows 11 1 bulan dan tidak ada kendala dan saya tidak membackup data di laptopku.

    1. untuk aplikasi pada windows 10 apakah masih bisa dijalankan jika sudah upgrade ke windows 11?

Back to top button