10 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Upgrade ke Windows 11

Windows 11 akhirnya telah resmi dirilis ke publik mulai tanggal 5 Oktober 2021. Sistem operasi Windows teranyar dari Microsoft ini memang sangat dinantikan. Pasalnya, cukup banyak pembaruan yang dibawanya. Tidak hanya desain antarmuka yang lebih segar, sederetan fitur baru juga bisa ditemukan di Windows 11. Untuk mengetahui apa saja fitur baru di Windows 11 bisa dilihat pada artikel berikut. Sebelum upgrade ke Windows 11 berikut kami rangkum apa saja yang perlu Anda ketahui dari Windows 11.

svg%3E

10 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Upgrade ke Windows 11

1. Windows 11 tersedia secara gratis
Windows 11 bisa didapatkan secara gratis untuk semua pengguna PC yang telah memenuhi syarat dan menjalakan Windows 10 sebelumnya. Tapi, perlu diingat tidak semua PC bisa kompatibel dengan Windows 11.

2. Cek kompatibilitas PC dengan Windows 11 sebelum upgrade
svg%3E
Microsoft telah menghadirkan aplikasi PC Health Check yang bisa diunduh dari situs Microsoft. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mempermudah Anda mengetahui apakah PC yang dimiliki kompatibel dengan Windows 11 atau tidak.

3. Update Windows 11 digulirkan bertahap
Seperti pembaruan atau update sistem operasi lain, update ke Windows 11 juga tidak serentak ke seluruh pengguna. Microsoft menggulirkan update ke Windows 11 secara bertahap hingga tahun 2022 nanti. Jadi, silahkan sabar dan tunggu giliran untuk mendapatkan update otomatis ke Windows 11.

4. Cara mendapatkan update ke Windows 11
svg%3E
Untuk mendapatkan Windows 11 sama seperti melakukan update Windows pada umumnya. Anda hanya perlu masuk ke menu Settings, pilih Update & Security, kemudian pilih cek update. Jika sudah tersedia Anda hanya perlu klik tombol download & install.

5. Update manual dimungkinkan
svg%3E
Jika tidak sabar menunggu update otomatis Windows 11, Microsoft juga memungkinkan Anda untuk update secara manual. Caranya, Anda bisa unduh aplikasi Windows 11 Installation Assistant dari situs Microsoft.

svg%3E

6. Backup data penting sebelum update
Pembaruan sistem operasi apapun pasti ada kemungkinan untuk kehilangan data. Jadi, sebaiknya sangat disarankan untuk melakukan backup data penting di dalam PC sebelum melakukan update ke Windows 11.

7. Windows 11 menyediakan fitur Rollback
Mengutip dari situs Microsoft, Windows 11 menyediakan fitur Rollback yang tersedia dalam waktu singkat. Jika sudah install dan merasa kurang cocok dengan Windows 11, fitur ini bisa memungkinkan Anda untuk kembali ke Windows 10 hanya dengan sekali klik.

8. Lisensi Windows 10 tidak akan hilang
Microsoft memastikan lisensi Windows 10 orisinil Anda tidak akan hilang jika upgrade ke Windows 11. Ini karena lisensi digital Windows 10 sudah terpaut di akun Microsoft Anda. Jadi, pastikan saja tidak lupa dengan akun Microsoft yang dimiliki.

9. Product Key Windows 10 bisa untuk Windows 11
Jika melakukan instalasi Windows 11 secara manual aktivasi mungkin saja diperlukan. Tapi, aktivasi Windows 11 bisa menggunakan product key Windows 10. Ini artinya, jika sistem PC sudah memiliki lisensi digital untuk Windows 10, Windows 11 akan aktif secara otomatis.

10. Upgrade Windows 11 tidak akan menghilangkan lisensi Microsoft Office
Selain Windows 10 gratis, PC kekinian juga umumnya langsung mendapatkan bonus aplikasi Microsoft Office Home & Student 2019 secara gratis.

Nah, jika upgrade ke Windows 11 lisensi Microsoft Office tersebut tidak akan hilang. Ini karena lisensi digital Microsoft Office akan langsung terpaut ke email Anda yang pertama kali didaftarkan untuk melakukan aktivasi Microsoft Office. Penting untuk diingat jangan sampai lupa email tersebut agar lisensi tidak hilang. Hal yang sama juga berlaku untuk lisensi aplikasi lain seperti misalnya Antivirus dan yang lainnya.

Verified by MonsterInsights