Review ASUS ChromeBook Flip C214

Laptop konvertibel dengan ChromeOS untuk Pelajar



7.5
Cek harga

Laptop berbasis ChromeOS, ChromeBook, memang belum terlalu populer di Indonesia. Cukup wajar mengingat laptop berbasis sistem operasi Windows lebih mendominasi pasar. Tapi, bagi yang ingin mencicipi ChromeBook, ASUS kini telah menghadirkan beragam model ChromeBook untuk berbagai segmen. Salah satunya adalah ASUS ChromeBook Flip C214.

Desain ASUS ChromeBook Flip C214

Menurut ASUS, ChromeBook Flip C214 dihadirkan untuk menyasar segmen edukasi. Target penggunanya adalah anak-anak. Jadi, tidak perlu heran jika ASUS merancang bodinya dengan fitur ketahanan ekstra.

Terlihat dari permukaan bodinya. ChromeBook Flip C214 mengusung bodi 3D-textured finish. Permukaan bodi yang bertekstur ini menjadikannya lebih tahan goresan jika dibandingkan bodi laptop pada umumnya.

Sekeliling bodi juga ditambahkan pelindung berbahan karet. Sangat berguna untuk melindunginya dari benturan. Menurut ASUS, bagian internal bodi juga diperkuat dengan struktur khusus berbahan logam sehingga seluruh bodinya lebih tahan banting. Ketangguhannya ini bahkan telah sesuai dengan standar militer AS (MIL-STD-810H).

Meski sangat tangguh secara keseluruhan bobotnya relatif ringan. Bobotnya sekitar 1,2 Kg. Dimensinya juga sangat ringkas. Wajar mengingat dimensi panel layarnya hanya 11.6 inci. Sangat hemat tempat dan bisa dengan mudah masuk ke dalam tas sekolah anak.

Untuk konektivitas di laptop ini bisa ditemukan satu port USB 3.0 Type A, dua port USB Type-C USB 3.0 yang mendukung Power Deliverty dan Display, serta satu slot microSD.

Layar ASUS ChromeBook Flip C214


ASUS ChromeBook Flip C214 masuk di kategori laptop konvertibel. Artinya, engsel layarnya fleksibel dan bisa dilipat 360 derajat. Dengan demikian bisa digunakan ke beragam mode penggunaan sesuai kebutuhan.

Seperti PC konvertibel lain panel layarnya yang berukuran 11.6 inci ini telah mendukung sentuhan. Responnya dengan sentuhan jari tergolong baik. Resolusi layarnya HD 1366 x 768 pixel. Terlihat cukup tajam dan sudah memadai untuk mendukung kegiatan belajar anak.

Panel layarnya juga sudah dilengkapi fitur anti glare. Berkat fitur tersebut panel layar tidak akan menangkap pantulan bayangan di kondisi pencahayaan sangat terang di dalam ataupun luar ruangan.

Keyboard ASUS ChromeBook Flip C214

Tidak hanya rancangan bodi tangguh area keyboard juga turut mendapat perhatian. Keyboard ChromeBook Flip C214 dilengkapi dengan fitur spill dan tamper resistant.

Kedua fitur ini menjadikan keyboardnya tahan terhadap tumpahan air dan tombol-tombol yang lebih kuat sehingga tidak mudah dicongkel oleh jari anak-anak. Soal kenyamanan keyboardnya cukup nyaman digunakan untuk mengetik. Jarak tombol yang berdekatan dan ukuran yang cukup besar sangat pas untuk tangan anak-anak. Area Trackpad juga cukup besar dan responsif dengan sentuhan jari.

Fitur ASUS ChromeBook Flip C214

Satu fitur ASUS ChromeBook Flip C214 paling menarik adalah kamera. Tidak seperti laptop pada umumnya, perangkat ini membawa dua pasang kamera.

Pertama adalah webcam 720p yang bisa ditemukan di atas panel layarnya. Kamera ini cukup memadai untuk kebutuhan konferensi video. Nah, kamera kedua bisa ditemukan di area palm rest kanan bawah. Kamera tersebut hadir dengan sensor 5 megapixel dan didukung teknologi Augmented Reality (AR). Kamera keduanya ini dihadirkan untuk mendukung pembelajaran interaktif. Atau, bisa diandalkan juga untuk memotret dan merekam video.

Fitur ASUS ChromeBook Flip C214 yang lain adalah dukungan pena stylus opsional. Jadi, dijual dengan atau tanpa pena stylus. Untuk model yang kami ulas berikut tidak dilengkapi dengan pena stylus.

Performa ASUS ChromeBook Flip C214

ASUS ChromeBook Flip C214 ditenagai prosesor Intel Celeron N4000. Prosesor tersebut disokong RAM 4GB dan tersedia ruang penyimpanan eMMC dengan kapasitas 32GB. Kapasitas ruang penyimpanannya ini memang relatif kecil. Tapi, masih bisa ditambahkan dengan tersedianya slot kartu microSD. Atau, alternatif lain menggunakan layanan ruang penyimpanan berbasis komputasi awan Google Drive.

Dari pengujian kami, pengalaman menggunakan ASUS ChromeBook Flip C214 cukup memuaskan. Performanya memang bukan yang paling kencang. Tapi, setidaknya performanya secara keseleruhan terasa lebih gegas jika dibandingkan laptop berbasis Windows 10 dengan spesifikasi prosesor dan besaran RAM yang sama.

Patut diakui sistem operasi ChromeOS memang terasa jauh lebih ringan dengan Windows 10. Fitur dan antarmukanya juga lebih sederhana dan mudah digunakan. Bagi yang terbiasa menggunakan ponsel Android, kami yakin tidak akan perlu waktu lama beradaptasi dengan sistem operasi ini.

ChromeOS juga terintegrasi dengan ekosistem Google. Peramban Google, aplikasi Gmail hingga aplikasi office dari Google seperti Google Doc untuk menggantikan Microsoft Word, Spreadsheet untuk Excel, dan Slide untuk Powerpoint semua sudah tersedia. Anda juga bisa menghubungkan ponsel Android ke Chromebook. Saat terhubung ada beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan. Seperti misalnya, membuka kunci layar atau login otomatis saat ponsel Android terdeteksi ada di dekat chromebook. Kemudian, ada juga fitur tethering yang memungkinkan Chromebook mengakses paket data internet dari ponsel Android. Sangat cukup untuk mendukung produktivitas atau belajar anak sehari-hari.

Bahkan, ChromeOS bisa menjalankan aplikasi Android. Anda bisa dengan mudah menambahkan aplikasi Android seperti games hingga aplikasi lain dari toko aplikasi Google Play Store seperti di ponsel Android.

Satu hal yang perlu perlu diketahui, ChromeOS adalah sistem operasi yang sangat bergantung pada koneksi internet. ChromeBook hanya akan optimal jika terhubung ke internet. Berbeda dengan sistem operasi Windows yang tetap bisa berjalan optimal tanpa koneksi internet.

Baterai ASUS ChromeBook Flip C214

Lalu bagaimana untuk daya tahan baterainya? Daya tahan baterai tergolong tahan lama. Dari pengujian kami, untuk penggunaan harian seperti mengetik di Google Docs dan browsing dengan tingkat kecerahan layar sekitar 50 persen, baterainya bisa bertahan lebih dari seharian. Cukup ideal digunakan di luar ruangan tanpa perlu repot untuk isi ulang baterainya.

Kesimpulan

Laptop saat ini telah menjadi bagian penting dalam dunia pendidikan. Kehadiran ASUS ChromeBook Flip C214 jelas bisa menjadi alternatif untuk laptop pelajar. Performanya cukup memadai untuk kegiatan belajar. Terasa lebih gegas jika dibandingkan laptop Windows 10 dengan spesifikasi yang sama. Dukungan ekosistem Google, desain konvertibel dengan layar sentuh dan daya tahan baterai tahan lama juga menjadikan laptop ini menarik di kelasnya. Anda juga tidak perlu repot dengan aplikasinya. Bisa didapatkan dengan mudah lewat aplikasi Google PlayStore yang menyediakan ribuan aplikasi Android.

ASUS ChromeBook Flip C214 cocok untuk:

Pelajar: Performa dan beragam aplikasi produktivitas dari Google bawaannya sudah memadai untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Ideal untuk pelajar di tingkatan sekolah dasar.
Anak-anak: Dengan layar sentuh, desain konvertibel dan rancangan tahan banting ChromeBook Flip C214 juga bisa untuk sarana belajar anak-anak di tingkat PAUD atau TK. Hal ini tentunya juga didukung beragam aplikasi edukasi berbasis Android yang bisa didapatkan dengan mudah lewat Play Store.

Kelebihan ASUS ChromeBook Flip C214:

– Desain tahan banting
– Dimensi ringkas dan ringan
– Ada dua kamera
– Layar sentuh
– Mendukung aplkasi Android
– Harga kompetitif
– Baterai tahan lama
– Performa memadai untuk belajar anak

Kekurangan ASUS ChromeBook Flip C214:

– Harus selalu terhubung ke internet agar berfungsi optimal
– Ruang penyimpanan relatif kecil
– RAM tidak bisa diupgrade

Performanya cukup memadai untuk kegiatan belajar. Terasa lebih gegas jika dibandingkan laptop Windows 10 dengan spesifikasi yang sama. Dukungan ekosistem Google, desain konvertibel dengan layar sentuh dan daya tahan baterai tahan lama juga menjadikan laptop ini menarik di kelas harganya.
7.5
Cek harga

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score