Review Synology Diskstation DS220+

NAS Ringkas dan Mudah Digunakan



NAS (Network Attached Storage) adalah media penyimpanan yang bisa terhubung ke jaringan. Ini artinya, semua data yang tersimpan di dalam NAS bisa diakses kapan dan di mana saja selama memiliki akses internet. Synology Diskstation DS220+ adalah salah satunya. Ingin tahu lebih lanjut bagaimana performanya? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain Synology Diskstation DS220+

Synology Diskstation DS220+ hadir dengan desain minimalis. Rancangan bodinya sangat kokoh. Dimensinya juga ringkas. Di bagian depan bisa ditemukan panel penutup berbahan plastik. Di sisi kanan tersedia tombol power, tombol copy dan satu port USB 3.2 Gen 1.

Synology terlihat merancang Diskstation DS220+ agar mudah digunakan. Untuk mengakses dua slot bay tempat memasang hard disk bisa dengan cara melepas panel penutup di bagian depan.

Melepas pasang slot bay tersebut sangat mudah. Hanya perlu menekan tombol push di bagian atas slot dan tarik keluar. Untuk pemasangan hard disk juga sama mudahnya. Semua bisa dilakukan langsung dengan tangan.

Tanpa perlu alat bantu tambahan seperti obeng. Slot bay ini bisa dipasang hard disk SATA berukuran 3.5 inci, HDD SATA 2,5 inci dan SSD SATA 2,5 inci. Di bagian belakang bisa ditemukan lubang ventilasi dengan kipas pendingin, dua port LAN, satu port USB 3.2 Gen 1 dan tombol reset.

Proses setup sangat cepat dan mudah

Untuk memulai menggunakan Synology Diskstation DS220+ Anda wajib memasang hard disk di slot bay terlebih dulu sebagai ruang penyimpanan. Setelah itu, sambungkan Synology Diskstation DS220+ ke router lewat port LAN dan tekan tombol power.

Satu nilai tambah proses setup NAS ini sangat cepat dan mudah. Bisa dilakukan sekalipun oleh pengguna awam yang belum pernah melakukan setup NAS sebelumnya. Setelah semua siap Anda hanya perlu membuka browser lalu menuju situs find.synology.com. Web assistant Synology akan terbuka otomatis. Kemudian, Anda akan diminta untuk membuat akun Synology. Proses setup selanjutnya hanya perlu mengikuti semua panduan yang sudah tersedia.

Fitur Synology Diskstation DS220+


Synology Diskstation DS220+ ditenagai prosesor Intel Celeron J4025. Sistem RAM yang dibawanya 2GB onboard. Jika kurang masih tersedia satu slot RAM tambahan yang bisa dipasang RAM maksimum 4GB. Jadi, total RAM yang bisa didukungnya bisa hingga 6GB.

NAS ini telah menjalankan sistem operasi terbaru DiskStation Manager (DSM) 7.0 yang dirilis ke publik bulan Juli lalu. DSM 7.0 adalah sistem operasi yang berbasis web. Jadi, bisa langsung digunakan lewat web browser di ponsel, tablet atau PC.

Dibandingkan versi sebelumnya, DSM 7.0 tampil dengan antarmuka yang lebih minimalis. Tampilannya lebih kekinian dan semakin mudah digunakan. Sekilas gaya antarmuka DSM 7.0 cukup familiar dan mirip antarmuka OS Android di ponsel atau tablet.

Aplikasi yang sudah terinstall langsung adalah File Station. Fungsi aplikasi ini mirip dengan File Explorer di sistem operasi Windows. Berguna untuk melakukan pencarian file. Di sini Anda juga bisa membuat folder baru atau menghapus folder. Pada dasarnya, untuk penggunaan rumahan sebagai media penyimpanan dan backup file saja, perangkat ini bisa langsung digunakan. Cukup mengandalkan aplikasi File Station.

Tapi, untuk skenario penggunaan lain juga sangat dimungkinkan. DSM 7.0 membawa fitur Package Centre. Fungsinya mirip toko aplikasi. Di sini tersedia beragam pilihan aplikasi dengan fungsi berbeda yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan skenario penggunaan.

Misalnya, ingin membuat layanan streaming video. Synology sudah menyediakan aplikasi bernama Video Station. Ingin membuat layanan streaming musik ada Audio Station. Untuk backup foto juga ada Synology Photo dan masih banyak aplikasi-aplikasi lain. Memang akan menjadi nilai tambah jika Synology menyediakan tutorial fitur-fitur tambahan dari DSM tersebut. Setidaknya, ini akan lebih membantu terutama untuk para pengguna awam yang belum pernah menggunakan NAS Synology sebelumnya.

Seperti yang sudah kami sebutkan di awal, NAS ini bisa diakses di mana saja. Hal tersebut dimungkinkan lewat dukungan fitur Quickconnect. Setelah akses Quickconnect terbuka, Anda bisa langsung mengakses Synology Diskstation DS220+. Kapan dan di mana saja selama ada koneksi internet. Fitur inilah yang memungkinkan Anda seperti memiliki layanan komputasi awan layaknya Google Drive, One Drive atau Dropbox.

Aksesnya bisa lewat smartphone/tablet atau laptop melalui browser. Untuk lebih mempermudah Synology menyediakan beragam aplikasi mobile. Sebagai contoh, untuk aplikasi File Station bisa diakses lewat aplikasi DS File di smartphone.

Pada prakteknya, dari pengujian kami untuk aplikasi mobile hanya dengan mengandalkan satu aplikasi DS File ini saja sudah cukup. Kami bisa langsung akses untuk memindahkan file atau membuka file yang tersimpan di Synology Diskstation DS220+. File foto, video, musik, hingga beragam jenis format dokumen juga bisa langsung diputar lewat smartphone atau tablet.

Fitur menarik lain dari DS220+ adalah hadirnya dukungan USB Copy. Anda perlu install aplikasi USB Copy dari Package Centre sebelum menggunakan fitur ini. Fungsi USB Copy bisa langsung menyalin semua data yang tersimpan di flashdisk/hard disk portabel atau kartu memori ke ruang penyimpanan Synology Diskstation DS220. Menariknya, ini bisa diatur otomatis. Jadi, pengguna hanya perlu menancapkan flashdisk, hard disk/SSD portabel, atau pembaca kartu memori di port USB bagian depan. Setelah itu tekan tombol C di atas tombol power dan proses backup akan langsung berjalan. Sangat ideal untuk melakukan backup data.

Port USB 3.2 Gen 1 di belakang bodinya juga memungkinkan pengguna untuk menancapkan HDD ataupun SSD eksternal. Kami mencoba menancapkan SSD eksternal dan memindahkan data. Proses pemindahan data bisa berlangsung cepat tanpa masalah dari SSD eksternal ke Synology Diskstation DS220 atau sebaliknya.

Performa Synology Diskstation DS220+

Synology Diskstation DS220+ yang kami ulas berikut ini datang dengan dua hard disk SATA 3.5mm Synology yang masing-masing kapasitasnya 8TB. Ruang penyimpanannya mendukung beragam konfigurasi RAID dari Synology Hybrid RAID, Basic, JBOD, RAID 0 dan RAID 1. Untuk hasil benchmark kedua hard disk sebagai berikut.

Kecepatan baca tulis hard disk Synology tergolong cukup baik. Sudah sangat memadai untuk media penyimpanan beragam file dokumen dan multimedia. Perlu dicatat, sebagai media penyimpanan berbasis jaringan memindahkan file ke Synology Diskstation DS220+ juga akan bergantung pada kecepatan jaringan internet Anda.

Untuk pengujian multimedia kami mencoba menyimpan beragam file multimedia seperti video dan audio resolusi tinggi. Hasilnya, Synology Diskstation DS220+ mengijinkan kami untuk streaming video resolusi Full HD dan 4K tanpa masalah di PC atau smartphone. Ini menjadikannya sangat ideal sebagai server multimedia yang bisa diakses di mana saja. Tidak hanya sebagai perangkat untuk backup data saja.

Kesimpulan

Tidak bisa dimungkiri pengoperasian yang sangat mudah adalah keunggulan NAS ini. Ideal untuk para pemula yang belum pernah menggunakan NAS sebelumnya untuk penggunaan rumahan atau bisnis skala kecil hingga menengah. Dua slot HDD yang dibawanya pun sudah memadai untuk membuat ruang penyimpanan berkapasitas besar. Sektor RAM yang bisa ditambahkan menjadi satu nilai tambah. Sangat fleksibel. Dengan begitu, pengguna bisa meningkatkan kemampuannya sesuai dengan kebutuhan di masa yang akan datang. Sistem operasi DSM 7.0 juga amat baik. Beragam aplikasi yang tersedia sangat komplit di Package Centre. Menjadikannya sangat bisa diandalkan ke beragam skenario penggunaan.

Synology Diskstation DS220+ cocok untuk

Konten kreator: dua slot HDD bisa dipasang HDD kapasitas besar. Bisa sebagai medium backup data file foto dan video berukuran besar. Fitur Copy juga akan sangat membantu untuk mempersingkat backup data.
Pekerja kantoran yang bekerja dalam tim: Bekerja dari rumah saat ini telah menjadi kebiasaan baru. Bagi pekerja yang bekerja dalam satu tim, memiliki sistem penyimpanan berbasis komputasi awan pribadi akan sangat membantu. Atau, di skenario lain seperti membuat sebuah server sederhana yang bisa diakses dengan aman oleh semua pekerja untuk mempermudah alur kerja.
Penikmat multimedia: Dengan kapasitas besar Anda bisa menyimpan beragam file musik dan video resolusi tinggi yang bisa diakses kapan dan di mana saja menggunakan smartphone atau PC.

Kelebihan Synology Diskstation DS220+ :
+ Setup sangat mudah
+ DSM 7.0 mudah digunakan
+ Fitur lengkap
+ Dimensi ringkas
+ USB Copy mempermudah proses backup
+ Mendukung streaming 4K
+ RAM bisa diupgrade
+ Kinerja relatif senyap

Kekurangan Synology Diskstation DS220+
– Belum dilengkapi slot NVMe
– RAM onboard

NAS yang mudah digunakan dan bisa diandalkan untuk beragam skenario penggunaan.
8

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score