Review Kamera OPPO Find X3 Pro

Review ASUS VivoBook Flip 14 TM420U

8

Laptop untuk anak muda kini tidak hanya melulu di segmen entry level yang mementingkan harga terjangkau saja. Kelengkapan fitur dan kehandalan performa juga menjadi kebutuhan, terutama bagi yang ingin menjadi content creator.

Seiring tren tersebut, pabrikan laptop terus berlomba menghadirkan laptop dengan karakteristik tersebut di segmen kelas menengah. Dan salah satunya adalah ASUS dengan VivoBook Flip 14 TM420U. Seperti apa kemampuan laptop convertible ini? Berikut ulasan kami.

Desain ASUS VivoBook Flip 14

ASUS VivoBook Flip 14 tampil tipis dan minimalis, dengan bodi yang hanya setebal 1,82 cm. Bobotnya juga termasuk ringan untuk sebuah laptop dengan layar 14 inci yaitu di kisaran 1,5kg.

Sayangnya, dengan bodi yang tipis, laptop ini hanya memuat 1 port USB Type A, 1 port USB Type C serta slot microSD card reader. Untungnya ada slot HDMI berukuran penuh yang berguna untuk menghubungkannya ke proyektor atau ke layar.

Kualitas rancang bangun juga termasuk kokoh, walaupun bagian keyboard agak mudah tertekan ke bawah jika Anda menekan tombol keyboard dengan agak keras.

Keyboard termasuk nyaman untuk mengetik berlama-lama. Sedikit keluhan, tombol panah lebih kecil dibanding tombol lainnya dan penempatan tombol Fn kanan lain dari biasanya. Tombol Fn diletakkan di ujung kanan sehingga pengguna yang terbiasa menggunakan tombol panah di ujung kanan akan sering mengalami salah pencet jika ingin menggunakan tombol panah.

ASUS juga memasukkan satu tombol fungsi yang amat berguna yaitu tombol fungsi mematikan webcam di tombol F10. Ini merupakan fitur yang amat dibutuhkan bagi pengguna yang sering menggunakan aplikasi meeting online seperti Zoom atau Google Meet.

Layar 14 incinya menggunakan panel IPS dengan resolusi Full HD. Kualitas tampilan termasuk standar, dengan tingkat kecerahan layar maksimum yang cukup terang dan nyaman digunakan di dalam ruangan. Respons layar terhadap sentuhan juga cukup baik, terutama saat digunakan di mode Tablet. Kekuatan engsel juga terasa cukup meyakinkan saat kami mencoba beralih antar moda penggunaan.

Untuk mencoret atau menulis di layarnya, Anda dapat menggunakan stylus yang telah disertakan di paket pembeliannya. Stylus yang menggunakan baterai AAAA ini memiliki 1024 tingkat sensitivitas terhadap tekanan.

Performa ASUS VivoBook Flip 14

Unit yang kami ulas hadir dengan prosesor AMD Ryzen 5 5500U, RAM 8GB, GPU Radeon Graphics, serta SSD 512GB.

Dari pengujian, laptop ini dapat menjalankan aplikasi kantoran dengan lancar. Untuk main game, laptop ini juga sudah memadai selama Anda mengaturnya di setting game rendah. Seperti pada game Humankind yang dapat dimainkan dengan cukup lancar, pada setting yang diturunkan. Hanya saja, saat peta terbuka dan pergerakan cukup aktif, terasa sedikit perlambatan.

Kami juga mencoba memainkan game berat seperti Shadow of the Tomb Raider. Untuk game ini, Anda harus menurunkan resolusi tampilan agar game berjalan dengan lebih mulus.

Dalam kondisi performa maksimum, kipas bekerja maksimal dan cukup kencang. Suaranya cukup bising, walaupun akan dapat diatasi dengan mengenakan headphone. Pembuangan panas ada di sisi kiri, sehingga tidak mengganggu tangan kanan, walaupun ini berarti Flip 14 akan kurang menyenangkan bagi pengguna kidal.

Daya tahan baterai cukup mengesankan. Sekitar 10 jam jika digunakan untuk kebutuhan mendasar seperti browsing aktif dengan beberapa tab serta sesekali mendengarkan lagu dan menonton video. Pengisian baterai cukup cepat, sekitar 30 menit untuk mencapai 50%.

Bagi penggemar multimedia dan gaming, akan menyukai keluaran suara speaker internal laptop ini. Jernih dan cukup lantang untuk ruangan kecil saat ditaruh di meja. Karena speakernya ada di bawah, suaranya akan terbenam saat ditaruh di atas kasur.

Siapa yang cocok dengan ASUS VivoBook Flip 14?

Paduan performa kencang, desain convertible yang ramping serta daya tahan baterai yang kuat menjadi keunggulan yang ditawarkan laptop seharga 11,3 juta rupiah ini. Keuntungan lain, pembeli akan mendapatkan Microsoft Office Home & Student 2019 gratis.

VivoBook Flip 14 tersedia dalam beberapa pilihan konfigurasi, mulai dari Ryzen 3 4300U hingga Ryzen 7 5700U. Harga jual dipatok mulai dari 8,9 juta rupiah hingga 12,6 juta rupiah.

Lalu siapa yang akan cocok menggunakannya?

Bagi Pelajar SD hingga SMA

Sebagai laptop penunjang kegiatan belajar dan gaming tipis-tipis (casual), ASUS VivoBook Flip 14 amat memadai. Desain convertible yang membuatnya mudah diubah jadi tablet akan berguna saat pelajar ingin membaca dokumen atau majalah digital dengan lebih nyaman. Secara keseluruhan, laptop ini akan jauh melebihi kebutuhan pelajar yang butuh mengolah dokumen atau belajar melalui Zoom / Google Meet. Tapi jika kebutuhan di masa depan tidak akan terlalu meningkat, laptop ini akan dapat tetap nyaman digunakan hingga 5 tahun.

Bagi Video / Photo Editor

Performa VivoBook Flip 14 sudah cukup memadai untuk penyuntingan video resolusi Full HD dengan efek sederhana di Adobe After Effects untuk penggunaan yang nyaman. Jika ada yang perlu dicermati; kualitas layar termasuk standar dan harus diperiksa apakah sudah memenuhi kebutuhan Anda atau belum.

Bagi Desainer Grafis

Laptop ini cukup memadai untuk desainer grafis yang menggunakan Adobe Photoshop dan InDesign. Tapi kami merekomendasikan untuk memilih varian VivoBook Flip 14 dengan Ryzen 7 yang sudah dilengkapi RAM 16GB untuk performa lebih mulus saat bekerja.

Bagi Gamer

Untuk memainkan game lama secara santai, VivoBook Flip 14 masih cukup mumpuni. Namun begitu, VivoBook Flip 14 memang tidak dibuat untuk para gamer yang ingin menjalankan game terbaru atau game pada setting grafis menengah ke atas. Untuk itu sebaiknya Anda melirik laptop gaming yang harganya sekitar 3-4 juta lebih tinggi.

Bagi Pekerja Kantoran Umum

Mengolah berbagai dokumen seperti Excel dan PowerPoint akan dapat mudah diatasi dengan ASUS VivoBook Flip 14. Ditambah dengan penyimpanan 512GB yang lega untuk menyimpan beragam data. Daya tahan baterai yang cukup panjang juga menjadi nilai tambah bagi pekerja kantoran yang punya mobilitas tinggi. Bagi yang sering mengolah spreadsheet dengan ribuan kolom, bisa mempertimbangkan varian Ryzen 7 yang telah dilengkapi RAM 16GB.

Kelebihan ASUS VivoBook Flip 14

+ Performa kencang untuk kebanyakan pengguna

+ Desain ramping dan relatif ringan dengan port memadai

+ Daya tahan baterai lama dengan pengisian cukup cepat

+ Keyboard nyaman untuk mengetik

+ Speaker jernih dan cukup lantang

+ Manajemen panas cukup baik

 

Kekurangan ASUS VivoBook Flip 14

– Kualitas layar standar

– Penempatan tombol Fn berbeda dari biasanya

– Tombol panah terlalu kecil

– Cover mudah kotor terkena sidik jari

Review ASUS VivoBook Flip 14 TM420U
Paduan performa kencang, desain convertible yang ramping serta daya tahan baterai yang kuat menjadi keunggulan yang ditawarkan laptop seharga 11,3 juta rupiah ini. Keuntungan lain, pembeli akan mendapatkan Microsoft Office Home & Student 2019 gratis.VivoBook Flip 14 tersedia dalam beberapa pilihan konfigurasi, mulai dari Ryzen 3 4300U hingga Ryzen 7 5700U. Harga jual dipatok mulai dari 8,9 juta rupiah hingga 12,6 juta rupiah.
8