Review Kamera OPPO Find X3 Pro

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A16

OPPO A16 merupakan salah satu opsi yang wajib dipertimbangkan oleh pengguna yang membutuhkan ponsel untuk belajar online. Di segmen low-end, smartphone punya penawaran yang cukup menarik. Harganya pun tidak bikin kantong bolong.

Tapi sebelum memutuskan untuk meminang OPPO A16, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan OPPO A16:

1. Desain stylish, bodi tidak mudah kotor oleh bekas jari

OPPO A16 memiliki DNA khas ponsel OPPO masa kini. Mulai dari lekukan ergonomisnya, hingga frame kamera belakang cukup identik dengan beberapa produk OPPO terbaru. Trendi dan pastinya stylish. Cocok untuk anak muda.

Ada dua varian yang disediakan, yaitu Crystal Black seperti yang saya ulas di artikel kali ini, serta Space Silver, warna metalik yang elegan. Menurut OPPO, warna metalik yang berkilau dibuat dengan material berlapis vakum yang diukir dengan laser. Kedua varian ini juga tidak menjadi magnet sidik jari berkat material AG frost matte.

2. Layar lebar dan didukung teknologi Eye Care

OPPO A16 mengusung ukuran 6,52 inci HD+ yang terbilang lega dan juga didukung teknologi Eye Care Display. Menurut OPPO, fitur ini akan memberikan kenyamanan saat menonton konten. Dalam lingkungan gelap, layar OPPO A16 juga dapat meredup hingga 2 nits. Opsi yang ideal untuk kebutuhan anak belajar online.

3. Kinerja mulus untuk menjalankan berbagai aplikasi sehari-hari

Selama pengujian, performa OPPO A16 terasa mulus. Membuka aplikasi juga cukup cepat dan terasa ringan. Optimalisasi yang dilakukan oleh OPPO lewat ColorOS 11 (berbasis Android 11) terbukti cukup sukses menghadirkan ponsel yang dari segi chipset mungkin tidak gahar, tapi performanya tetap gesit dan minim lag.

Gaming? Lancar! Beberapa judul yang kami coba dapat dimainkan dengan cukup nyaman, asalkan pengaturan grafisnya disesuaikan. Mobile Legends berjalan lancar dengan setting grafis High, mode HFR aktif, dan HD Mode off. Kalau ingin lebih nyaman lagi, Anda bisa turunkan grafis ke Medium.

4. Baterai awet dan dukungan AI Optimized Night Charge

Dengan kapasitas 5.000 mAh, OPPO A16 bisa menyala hingga seharian penuh atau bahkan 1,5 hari. Menariknya lagi, ada teknologi menarik bernama AI Optimized Night Charge, yang membuat proses charging tetap aman saat ditinggal tidur dari malam hingga pagi hari.

5. Hasil foto cukup baik di kondisi cahaya ideal

Sektor kamera mengandalkan sensor 13 MP pada kamera utama, 2 MP untuk bokeh, serta 2 MP dengan lensa makro. OPPO menyediakan 7 filter yang menarik yaitu Warm, Mist, Country, Travel, Food, Film, dan Autumn. Untuk selfie, ada kamera 8 MP di depan dengan dukungan AI Beautification.

Hasil foto OPPO A16 (1)

Hasil foto OPPO A16 (6)

Kualitas kameranya tergolong standar di kelas harganya. Cukup baik pada kondisi cahaya yang ideal. Reproduksi warnanya cenderung natural. Kalau ingin lebih menggugah selera, Anda bisa mengaktifkan Dazzling Mode. Dynamic range cukup oke. Anda tetap bisa mendapatkan foto yang bagus ketika menantang cahaya.

6. ColorOS 11 punya sederet fitur menarik dan bermanfaat

Di OPPO A16, ColorOS 11 dibekali beberapa fitur yang cukup berguna untuk meningkatkan pengalaman penggunaan. Contohnya System Booster yang menurut OPPO dapat mengurangi lag hingga 18 persen.

Untuk bermain game ada Game Space, sehingga Anda bisa mengatur performa hardware sesuai kebutuhan. Yang kami suka adalah Black Screen Mode, fitur untuk mendengarkan audio dari video yang Anda putar dengan kondisi layar mati.

Game Space, Black Screen Mode, dan FlexDrop

Super Saving Mode bisa menjadi penyelamat untuk tetap berkomunikasi saat baterai tersisa 5 persen. Terakhir Flex Drop, fitur untuk membuka satu aplikasi di atas aplikasi yang lain. Cocok untuk yang gemar multitasking.

Kekurangan OPPO A16:

1. Chipset belum sekencang beberapa pesaing

Walaupun dari segi kinerja sudah tergolong mulus dan gesit, chipset yang ditanamkan pada OPPO A16, Helio G35, memang belum sekencang beberapa pesaingnya di kisaran harga setara.

2. Akan lebih menarik jika kapasitas RAM dan storage-nya lebih besar

Memori 3/32 GB mungkin cukup bagi sebagian orang. Tapi tentunya, sebagian lain akan merasa ini terlalu pas-pasan. Akan lebih menarik jika OPPO memberikan kapasitas yang lebih besar, minimal 4/64 GB.

3. Layar masih HD+, meski di satu sisi berguna untuk membuat kinerja lebih ringan dan hemat daya

Resolusi HD+ membuat konsumsi daya OPPO A16 lebih hemat. Walaupun begitu, tentunya di mata konsumen layar Full HD bakal lebih menarik.

4. Charging agak lambat

Kemampuan charging OPPO A16 hanya 10W saja. Akibatnya, proses pengisian daya tidak cepat dan memakan waktu lebih dari 2 jam.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan OPPO A16. Bagi yang berminat, OPPO A16 dijual dengan harga Rp1.999.000 dan bisa didapatkan melalui jaringan luring OPPO Store di seluruh Indonesia atau melalui aplikasi OPPO Store dan jaringan daring OPPO Official Store pada situs e-dagang terkemuka.