Review Kamera OPPO Find X3 Pro

7 Hal Produktif yang Mudah Dilakukan dengan S Pen di Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Samsung Galaxy Z Fold3 merupakan smartphone foldable pertama yang dapat menggunakan S Pen. Bahkan Samsung langsung menyediakan dua pilihan S Pen yaitu S Pen Fold Edition dan S Pen Pro.

Perbedaan keduanya terletak pada dimensi dan konektivitas. Jika S Pen Fold Edition tampil ramping dan minimalis, S Pen Pro tampil lebih besar dan memberikan kenyamanan saat digenggam.

S Pen Fold Edition langsung dapat digunakan di layar. Sedangkan S Pen Pro harus dihubungkan ke smartphone menggunakan koneksi Bluetooth. Namun keuntungannya, S Pen Pro bisa digunakan di berabgai perangkat Samsung seperti tablet dan PC serta mendukung aplikasi Smart Things.

Jika Anda baru mengenal S Pen atau ingin menggunakan S Pen di Galaxy Z Fold3, berikut 7 hal keren yang mudah dilakukan menggunakan S Pen di Samsung Galaxy Z Fold3.

1. Mencatat langsung di layar

Mengapa harus mengetik dengan keyboard jika Anda bisa mengekspresikan ide ke layar menggunakan pena? Hingga saat ini, masih banyak orang yang lebih nyaman mencatat dengan pena saat ingin mencatat idenya. Layarnya juga responsif sehingga Anda seperti menulis di atas kertas biasa.

Bahkan Anda tidak perlu membuka kunci Galaxy Z Fold3 untuk mencatat. Cukup tekan tombol di sisi kanan S Pen dan Anda bisa menulis langsung di layarnya. Begitu selesai mencatat, tekan Save dan catatan akan tersimpan di aplikasi Samsung Notes.

2. Mengubah tulisan tangan menjadi teks

Samsung Galaxy Z Fold3 dapat mengubah tulisan tangan menjadi teks dengan otomatis. Microsoft juga telah mengoptimalkan Outlook agar Anda bisa membalas email dengan cepat di mode Flex dan mode Tablet.

Untuk beralih ke mode handwriting, tekan lambang tiga titik di keyboard, lalu pilih “handwriting”. Dalam mode ini, semua yang Anda tulis di kotak abu-abu akan diubah otomatis menjadi teks. Ini merupakan alternatif yang menyenangkan dan lebih cepat bagi pengguna yang kurang menyukai mengetik dengan keyboard.

3. Menyunting dokumen

S Pen merupakan perangkat penunjang yang amat ideal untuk memberikan catatan di dokumen yang diperiksa.

Untuk memeriksa dokumen PDF, Anda tinggal membuka Samsung Notes dan memilih ikon “Import PDFs” di sisi atas layar. Pilih file PDF yang ingin disunting dan mulai bubuhkan catatan. Bahkan Anda bisa menambahkan rekaman suara untuk menjelaskan komentar Anda. Begitu selesai, Anda bisa menyimpan dan mengirimkannya dalam hitungan detik.

S Pen juga telah dioptimalkan untuk digunakan dengan Microsoft Office. Anda bisa menggunakan S Pen untuk menggeser gambar atau teks dalam satu gerakan, tanpa perlu copy & paste. Bahkan Anda juga bisa menambahkan sketsa atau coretan di PowerPoint dan Word dengan mudah.

4. Menggunakan Air Command

Fungsi Air Command yang sudah dimiliki seri Galaxy Note ini juga hadir di Z Fold3. Dalam mode tablet, Anda tinggal mengetuk ikon floating pen di sisi kanan layar untuk mengakses toolbar. Dari Air Command, Anda bisa dengan cepat membuat catatan baru, menerjamahkan teks, memperbesar konten di layar, menggambar di atas video dan sebagainya.
Satu fitur Air Command yang berguna contohnya adalah Smart Select. Fitur ini akan dapat mengambil elemen di layar dengan menggambar kotak atau bentuk apa pun di sekelilingnya. Anda bisa menambahkan coretan, mengambil teks dan memindahkannya ke aplikasi lain untuk dibagikan. Jadi tidak perlu repot-repot melakukan screenshot dan menyuntingnya.

5. Menerjemahkan dengan mudah

Dengan fitur Translate di Air Command, Anda bisa menerjemahkan kata-kata, email, dokumen atau artikel berita dalam belasan bahasa dengan mudah. Caranya, buka dokumen atau teks yang ingin diterjemahkan. Jalankan Translate di menu Air Command. Pilih asal bahasa dan target bahasa, lalu arahkan S Pen ke teks yang ingin diterjemahkan.

6. Mencatat saat meeting online

Dalam mode Flex, tangan Anda tidak perlu memegangi smartphone. Dipadukan dengan Multi Active Windows, Anda bisa membuka aplikasi meeting online seperti Zoom dan Samsung Notes secara berdampingan jika ingin mencatat.

Caranya, buka Zoom. Kemudian usap tab di sisi kanan layar untuk membuka Edge Panel. Pilih dan tahan ikon aplikasi yang ingin dibuka di sisi kanan atau sisi kiri layar.

7. Melatih kreativitas

Anda bisa melatih kreativitas dengan S Pen sebagai perangkat gambar. Mulai dari mewarnai untuk mengurangi stres hingga membuat sketsa, semua bisa dilakukan dengan nyaman menggunakan S Pen.
Aplikasi Samsung Notes juga menawarkan opsi pena dan kuas yang cukup banyak mulai dari pena kaligrafi, pensil hingga kuas cat air. Anda bisa mengatur ketebalan dan warna dengan presisi, mengingat S Pen mampu mengenali tingkat tekanan hingga 4096 tingkat.

 

Artikel ini merupakan hasil kerjasama YANGCANGGIH.COM dan Samsung Indonesia untuk mengedukasi pecinta gadget di Indonesia