Review Kamera OPPO Find X3 Pro

Review Lenovo YOGA Slim 7i Pro

Varian YOGA Slim paling ideal untuk konten kreasi

Melengkapi lini YOGA Slim-series Lenovo Indonesia menghadirkan YOGA Slim 7i Pro. Laptop ini adalah varian YOGA Slim pertama yang dilengkapi dengan kartu grafis diskrit. Sebelumnya, YOGA Slim 7i dan YOGA Slim 7i Carbon hanya mengandalkan kartu grafis Intel Iris Xe. Nah, penasaran bagaimana performannya? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain Lenovo YOGA Slim 7i Pro

Di sektor desain YOGA Slim 7i Pro masih terlihat mirip YOGA Slim 7i. Desain ringkas yang premium dengan material alumunium khas lini YOGA tetap dipertahankan.

Bodinya hanya sedikit lebih tebal dari YOGA Slim 7i. Wajar mengingat laptop ini dilengkapi dengan kartu grafis diskrit. Kendati demikian, bobotnya masih tetap sangat ringan. Hanya sekitar 1.35 Kg. Sangat ideal untuk pengguna yang mobilitasnya tinggi.

Bodinya yang tipis memang tidak membawa banyak port konektivitas. Di sisi kiri bodi bisa ditemukan dua port Thunderbolt 4. Sementara, di sisi kanan tersedia satu port USB 3.2 Gen 1 (mendukung always on USB Charging) yang ditemani dengan port audio jack 3.5mm dan tombol power. Cukup disayangkan tidak tersedia slot pembaca kartu memori seperti di YOGA Slim 7i.

Layar Lenovo YOGA Slim 7i Pro

Ada dua daya tarik utama dari YOGA Slim 7i Pro. Pertama kartu grafis diskrit yang sudah kami sebutkan sebelumnya dan kedua adalah layar. Panel layar YOGA Slim 7i Pro resolusinya lebih tinggi dari YOGA Slim 7i.

Panel layar YOGA Slim 7i Pro yang kami review berikut menggunakan panel IPS berukuran 14 inci. Resolusinya 2.2K 2240 x 1400 pixel. Panel layarnya ini dikelilingi dengan bingkai yang sangat tipis di sisi kiri dan kanan. Jika membutuhkan resolusi layar yang lebih tinggi, Lenovo juga menyediakan opsi dengan panel layar yang resolusinya 2.8K.

Dengan resolusi panel yang tinggi tidak bisa dimungkiri visual di layarnya terlihat sangat tajam. Mengusung rasio aspek layar 16:10 menjadikan area padangnya juga lebih lebar. Warnanya juga sangat baik dan memanjakan mata dengan standar cakupan warna sRGB 100%. Jadi, bisa diandalkan untuk penciptaan konten. Panel layarnya telah mendukung fitur Dolby Vision dan memiliki tingkat kecerahan hingga 300 nits. Cukup memadai untuk penggunaan di kondisi pencahayaan yang sangat terang.

Keyboard dan Trackpad Lenovo YOGA Slim 7i Pro

Lenovo YOGA Slim 7i Pro membawa keyboard bergaya chicklet. Ukuran dan jarak tombol sangat pas. Nyaman digunakan untuk mengetik dan tidak membuat tangan terasa cepat pegal. Untuk menemani mengetik di kondisi temaram keyboardnya juga telah dilengkapi dengan lampu backlit berwarna putih.

Di bawah keyboard terdapat area touchpad yang berukuran cukup besar. Touchpad tersebut dilapisi material gelas dan mendukung Precision TouchPad. Sangat responsif dengan sentuhan jari. Klik kiri dan kanannya juga sangat nyaman ditekan dan tidak berisik.

Audio Lenovo YOGA Slim 7i Pro

Masuk di kategori laptop premium YOGA Slim 7i Pro membawa stereo speaker 2 x 2W dari pabrikan HARMAN. Kualitas suaranya cukup baik dan terasa bertenaga. Sangat memadai untuk menikmati konten multimedia. Untuk mendongkrak performa suaranya juga tersedia dukungan fitur Dolby Atmos.

Fitur Lenovo YOGA Slim 7i Pro

Fitur lain yang bisa kami temukan di YOGA Slim 7i Pro adalah webcam dengan fitur penutup untuk melindungi privasi. Webcam tersebut juga ditemani kamera IR yang mendukung fitur pengaman Windows Hello dengan kemampuan deteksi wajah pengguna. Bisa diandalkan untuk pengaman mengingat sensor sidik jari tidak tersedia di laptop ini.

Fitur andalan Lenovo Vantage juga tersedia. Lewat Lenovo Vantage pengguna bisa memanfaatkan beberapa fitur dari Lenovo. Seperti misalnya Conservation Mode, Rapid Charge untuk isi ulang cepat, dan always-on usb charging. Di Lenovo Vantage juga tersedia fitur pemindai performa, cek pembaruan sistem hingga akses untuk pengaturan keyboard, audio hingga webcam.

Fitur menarik lain adalah dukungan Lenovo Q-Control yang bisa diakses lewat tombol pintas FN+Q untuk pengaturan performa secara otomatis. Ada tiga opsi preset yang tersedia yakni Battery Saving, Intelligent Cooling dan Extreme Performance.

 

Fitur pintar Lenovo Smart Assist yang mengandalkan kecerdasan buatan juga didukungnya. Lenovo Smart Assist memanfaatkan kamera infrared cerdas dengan sensor ToF (Time of Flight) dan teknologi Glance dari Mirametrix.

Lewat fitur ini pengguna bisa menikmati sederetan fitur pintar. Seperti misalnya buka atau kunci layar otomatis dengan mendeteksi keberadaan pengguna dan perlindungan privasi. Untuk perlindungan privasi di Glance tersedia fitur Privacy Guard dan Privacy Alert. Privacy Guard akan otomatis menjadikan tampilan layar menjadi buram atau blur saat kamera inframerah pintarnya mendeteksi keberadaan orang lain yang mengintip layar. Kemudian, Privacy Alert akan langsung memberitahu pengguna layar sedang diintip.

Performa Lenovo YOGA Slim 7i Pro

Lenovo YOGA Slim 7i Pro tersedia dengan konfigurasi Intel Core i5 dan Intel Core i7 dari keluarga prosesor Intel generasi ke-11. Untuk model yang kami ulas ini menggunakan Intel Core i7-1165G7. RAM yang didukungnya 16GB. Tidak bisa diupgrade. Kompromi dari laptop dengan desain tipis dan ringan. Ruang penyimpanannya cukup besar dengan SSD PCIe M.2 2280 yang kapasitasnya 1TB. Di sektor grafis Lenovo menyematkan kartu grafis Nvidia GeForce MX450 2GB. Untuk hasil benchmarknya sebagai berikut:

 

Untuk pengujian produktivitas menjalankan aplikasi office spesifikasinya jelas sangat memadai. Performanya terasa sangat gegas. Ditenagai kartu grafis Nvidia GeForce MX450 2GB performa grafisnya memang terasa lebih bertenaga. Untuk menyuting foto dan video resolusi tinggi sangat mumpuni. Saat mencoba render video 4K berdurasi 1 menit di aplikasi Adobe Premiere YOGA Slim 7i Pro  bisa menyelesaikannya  sekitar 1 menit 30 detik saja. Bisa diandalkan untuk kebutuhan konten kreasi. Meski bukan termasuk laptop gaming, performanya juga cukup bisa diandalkan untuk bermain game yang tidak haus grafis. Beberapa judul game kelas kompetisi seperti CS:GO, DOTA 2 hingga Valorant yang kami uji bisa dijalankan dengan lancar tanpa masalah.

Satu keunggulannya yang lain adalah manajemen thermal. Meski sangat tipis, sistem pendinginnya tergolong amat baik. Kinerja laptop bisa dijaga tetap stabil dan dingin. Area permukaan keyboard juga tidak terasa cepat hangat. Kinerja kipas pendinginnya pun relatif tidak berisik.

Baterai Lenovo YOGA Slim 7i Pro

Tidak seperti YOGA Slim-series yang lain YOGA Slim 7i Pro bukan termasuk laptop Intel EVO. Tapi, secara keseluruhan kami puas dengan daya tahan baterainya. Pengujian dilakukan dengan, terhubung ke WiFi, mengaktifkan fitur power saver Windows, FN+Q battery saving, tingkat gelap terang layar 30%, tanpa menyalakan fitur Bluetooth, keyboard backlight, dan Location. Dengan pengaturan tersebut untuk penggunaan mengetik dan browsing kami bisa mendapatkan waktu guna hingga sekitar 7,5  jam. Cukup untuk menemani produktivitas seharian.

Kesimpulan

Kehadiran YOGA Slim 7i Pro berhasil memberi penyegaran di lini premium YOGA Slim Series. Layar resolusi tinggi yang menawan dan performa grafis yang lebih bertenaga, menjadikannya varian YOGA Slim yang paling ideal untuk konten kreasi. Masuk di lini YOGA harga jualnya memang premium, mulai 18 jutaan Rupiah. Kendati demikian, ini cukup sepadan dengan performa dan fitur yang dibawanya. Jika harga jual tidak menjadi masalah, laptop ini sangat kami rekomendasikan untuk pengguna yang mengincar laptop untuk konten kreasi dengan desain premium yang tipis dan ringan.

Lenovo YOGA Slim 7i Pro Cocok untuk:

Konten kreator: Panel layar resolusi tinggi dengan warna akurat dan dukungan kartu grafis Nvidia GeForce MX450 menjadikannya ideal untuk penciptaan konten.
Pekerja/profesional yang mobilitasnya tinggi: Desain premium yang tipis dan ringan sangat ideal untuk pekerja/profesional yang mobile dan sering bekerja di mana saja.
Pelajar/Mahasiswa: Jika budget tidak masalah, spesifikasinya sangat memadai untuk beragam tugas. Daya tahan baterainya juga tahan lama.

Kelebihan YOGA Slim 7i Pro
+ Layar 2.2K 100% sRGB 16:10
+ Performa grafis bertenaga
+ Desain premium yang tipis dan ringan
+ Baterai tahan lama
+ Dilengkapi dua port Thunderbolt 4
+ WiFi 6

Kekurangan YOGA Slim 7i Pro
– Tidak dilengkapi slot kartu memori SD
– Tidak dilengkapi sensor sidik jari
– RAM non upgradeable

Layar resolusi tinggi yang menawan dan performa grafis yang lebih bertenaga, menjadikannya varian YOGA Slim yang paling ideal untuk konten kreasi.
9