Review Kamera OPPO Find X3 Pro

ASUS VivoBook Pro X-Series dan VivoBook Pro-Series: Bawa Layar OLED Akurasi Tinggi dan Performa Kencang Untuk Konten Kreator

Selain ASUS ProArt Studiobook series, ASUS juga memperkenalkan lini VivoBook Pro. Seperti ProArt StudioBook, VivoBook Pro juga menyasar konten kreator dengan panel layar akurasi tinggi dan spesifikasi bertenaga. Bedanya, harga jualnya lebih murah. Lini VivoBook Pro ada dua model yakni VivoBook Pro X-Series dan VivoBook Pro-Series.

ASUS VivoBook Pro X-Series

ASUS VivoBook Pro X-Series dan VivoBook Pro-Series beda di resolusi layar dan kartu grafis. VivoBook Pro X-Series membawa panel layar yang resolusinya lebih tinggi. Kartu grafis yang digunakan juga lebih bertenaga. Perbedaan lain, VivoBook Pro X-Series membawa ASUS Dial virtual yang ditempatkan di area touchpad.

Lini VivoBook Pro X-Series tersedia dua varian yakni VivoBook Pro 14X dan Pro 16X. Keduanya mengusung panel layar OLED. Untuk VivoBook Pro 14X yang berukuran 14 inci resolusi layarnya 2.8K. Sementara, VivoBook Pro 16X ukuran layarnya 16 inci dengan resolusi 4K.

Menurut ASUS, keduanya adalah laptop pertama di dunia yang telah berhasil mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR True Black 600. Akurasi warnanya telah mendukung standar cakupan warna DCI-P3 100% dengan sertifikasi Pantone Validated. Layarnya juga telah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland yang artinya aman untuk mata. Di atas rata-rata layar varian VivoBook yang lain.

Untuk performanya VivoBook Pro X-Series tersedia dengan prosesor Intel Core generasi Ke-11, hingga Intel Core i7 H-series. Atau, tersedia juga dengan prosesor AMD Ryzen mobile 5000 series. RAM yang didukungnya hingga 32GB. Untuk Sektor grafisnya dipercayakan pada kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3050Ti.

ASUS VivoBook Pro-Series

Beda dengan versi VivoBook Pro X-Series, VivoBook Pro-Series datang dengan opsi panel layar OLED atau IPS. Opsi resolusi layar yang tersedia hingga resolusi 2.8K saja. Tidak ada opsi 4K. Ada dua model yang tersedia yakni VivoBook Pro 14 dengan layar 14 inci dan VivoBook Pro 15 yang layarnya 15.6 inci. Perbedaan lain, VivoBook Pro-Series tidak dilengkapi dengan virtual ASUS Dial seperti di lini VivoBook Pro X-Series.

Untuk spesifikasi cukup mirip. VivoBook Pro-Series tersedia dengan pilihan prosesor AMD Ryzen Mobile 5000 series dan Intel Core Generasi Ke-11, hingga Intel Core i7 H-Series. RAM yang didukungnya hingga 16GB dengan ruang penyimpanan SSD yang kapasitasnya 1TB. Di sektor grafis VivoBook Pro-Series hanya tersedia dengan kartu grafis hingga NVidia GeForce RTX 3050.

Harga dan ketesediaan

Semua model VivoBook terbaru ini akan hadir di kuartal keempat tahun 2021. Untuk harga VivoBook Pro 16X OLED mulai dari US$1400 dan VivoBook Pro 14X OLED mulai dari US$1200. Untuk VivoBook Pro 15 OLED harganya mulai US$920 dan VivoBook Pro 14 OLED harganya mulai US$750.