Review Kamera OPPO Find X3 Pro

Samsung Ungkap Sederet Fitur Unggulan Galaxy Buds2

Galaxy Buds2 hadir sebagai penawaran terbaru dari Samsung Indonesia untuk kategori TWS. Dibanding generasi sebelumnya, perangkat audio ini dibekali sederet peningkatan dan fitur baru yang diklaim dapat memberikan pengalaman penggunaan lebih nyaman untuk aktivitas sehari-hari.

Bukan hanya untuk urusan mendengarkan musik dan podcast, Galaxy Buds2 dijanjikan ideal untuk menunjang kebutuhan seperti konferensi video, meeting online, webinar, hingga kegiatan belajar secara daring. Untuk lebih mengenalnya, berikut adalah 5 fitur unggulan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Buds2:

1. Earbuds Fit Test

Earbuds Fit Test merupakan fitur baru yang untuk saat ini hanya tersedia di Galaxy Buds2. Fungsinya adalah untuk memastikan ukuran eartip yang dipakai sudah pas atau belum dengan lubang telinga pengguna. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan sensasi pemakaian yang lebih nyaman dan optimal.

Cara untuk mengakses fitur Earbuds Fit Test pun cukup mudah. Pengguna hanya perlu masuk ke aplikasi Galaxy Wearable. Sekadar informasi, eartip pada Galaxy Buds2 mengandalkan bahan silikon yang menurut Samsung terasa lembut dan fleksibel. Tersedia tiga ukuran, antara lain small, medium, dan large.

2. Tiga mikrofon dan dukungan Voice Pickup

Galaxy Buds2 total memiliki tiga buah mikrofon serta dukungan teknologi Voice Pickup. Samsung mengklaim kombinasi tersebut akan menjadikan suara pengguna menjadi lebih jelas di telinga lawan bicaranya, saat melakukan panggilan telepon atau konferensi video. Ada pula teknologi machine learning yang telah ditingkatkan untukk menyaring berbagai jenis gangguan suara dari lingkungan sekitar.

Dalam acara temu media secara online, Senin (6/9), Taufiq Furqon selaku Product Marketing Manager Samsung Mobile SEIN menjelaskan, Voice Pickup ini berguna untuk mendeteksi getaran suara ketika pengguna berbicara. Sensitivitasnya tinggi sehingga dapat menangkap suara dengan baik dan komunikasi dijanjikan akan terdengar jernih.

3. ANC dan Ambient Sound

Selanjutnya ada Active Noise Cancellinh (ANC). Samsung mengklaim teknologi tersebut memungkinkan Galaxy Buds2 meminimalisir gangguan suara eksternal hingga 98 persen. Cocok untuk pengguna yang ingin fokus pada pekerjaan saat WFH, meski ada suara riuh di ruang keluarga atau keramaian dari tetangga yang dapat mengganggu konsentrasi.

Galaxy Buds2

Yang lebih menarik, fitur penangkal noise pada Galaxy Buds2 tidak hanya bekerja berdasarkan hardware, tetapi juga melalui software. Galaxy Buds2 mampu mendeteksi suara di sekitar berdasarkan referensi yang dimiliki oleh software-nya.

Namun bagaimana jika pengguna ingin tetap mendengarkan suara dari lingkungan sekitar, misalnya saat sedang berolahraga di outdoor atau sedang menunggu kiriman paket? Menurut Samsung, keberadaan fitur Ambient Sound yang terdiri dari tiga level akan memungkinkan hal itu.

4. Dynamic 2-ways Speakers

Galaxy Buds2 dipersenjatai Dynamic 2-ways Speaker yang dijanjikan Samsung mampu menghasilkan nada tinggi yang jernih serta bass yang dalam. Taufiq Furqon menjelaskan, earbuds ini juga memiliki Scalable Codec untuk memastikan audio yang sampai di telinga pengguna terdengar lebih stabil dengan range frekuensi yang juga luas.

Bahkan, untuk dipakai mendengarkan musik dengan sumber Lossless Audio, suaranya akan terdengar lebih bagus di Galaxy Buds2 dibanding dengan format biasa seperti Mp3. Walaupun pada dasarnya, Galaxy Buds2 sendiri belum mendukung Lossless Audio.

5. Desain Comfort Fit dan rating IPX2

Terakhir adalah soal desain. Mengusung konsep Comfort Fit, Galaxy Buds2 diklaim akan terasa pas di telinga. Bobotnya juga ringan, hanya 5 gram saja untuk masing-masing earbud. Selain itu, ada pula rating IPX2 yang artinya perangkat ini tahan terhadap percikan air, misalnya terkena keringat ketika berolahraga.

“Didukung dengan in-ear desain yang lebih nyaman dan kualitas baterai yang mampu bertahan lebih lama, Galaxy Buds2 menjadi solusi yang tepat untuk menemani keseharian pengguna dengan menghadirkan pengalaman suara yang immersive,” kata Taufiq Furqan, Product Marketing Manager Samsung Mobile, SEIN.

Samsung Galaxy Buds2 dibekali baterai berkapasitas 61 mAh pada earbuds-nya dan 472 mAh pada casing-nya, yang memungkinkan penggunaan hingga maksimal 29 jam. Ada 4 pilihan warna yang tersedia, antara lain Graphite, White, Olive, dan Lavender.

Bagi yang berminat, Samsung Galaxy Buds2 sudah dijual di Indonesia sejak 1 September 2021 lalu dengan harga Rp1.699.000.