Review Acer Nitro 5 2021

Performa Semakin Kencang dan Dingin

8
Cek harga

Kehadiran prosesor AMD Ryzen Mobile 5000 Series dan GPU Nvidia GeForce RTX 30-series tidak bisa dimungkiri kembali membuat pasar komputasi kembali bergairah. Terutama di segmen laptop gaming kelas menengah yang didominasi oleh para gamer dengan dana terbatas dan konten kreator pemula. Nah, kabar baiknya Acer adalah salah satu pabrikan yang cukup cepat menghadirkan kedua komponen tersebut di lini laptop gaming kelas menengah Nitro 5. Mau tahu lebih lanjut bagaimana performanya? Simak ulasannya sebagai berikut.

acer nitro 5 6

Desain Acer Nitro 5 2021

Di sektor desain Nitro 5 2021 masih terlihat mirip dengan generasi sebelumnya. Secara estetik tidak banyak yang diperbarui. Aura gamingnya cukup kental dengan tarikan garis desain yang agresif. Seluruh bodinya mengusung material plastik. Cukup solid dengan bobot sekitar 2,2 Kg. Rancangan bodinya ini memang bukan yang paling tipis dan ringan di kelasnya.

Di bagian belakang lubang ventilasi Acer menambahkan sentuhan warna merah tembaga. Pilihan warna yang tidak pasaran. Menurut kami berhasil mendongkrak tampilannya terlihat lebih premium. Satu hal yang wajib diwaspadai adalah permukaan bodinya yang berwarna hitam ini cukup mudah sekali kotor dengan jejak jari. Jadi, wajib sering dibersihkan.

Acer nitro 5 2

Bergeser ke sektor konektivitas, di sisi kanan bodi terdapat dua port USB-A 3.2 Gen 2 yang ditemani port ethernet dan jack audio 3.5mm. Di sisi kiri tersedia port HDMI, port USB-C 3.2 gen2 dan port USB-A 3.2 gen 1. Kemudian, port adapter untuk isi ulang baterai ditempatkan di bagian belakang bodinya.

Satu yang absen Acer meniadakan slot kartu pembaca kartu memoriSD. Laptop ini juga belum dilengkapi dengan sensor sidik jari untuk pengaman tambahan.

Layar Acer Nitro 5 2021

acer nitro 5 layar 3

Sektor layar Nitro 5 2021 datang dengan panel IPS 15.6 inci yang resoslusinya Full HD 1080p. Tampilan di layarnya terlihat tajam. Warnanya juga cukup akurat dengan standar cakupan warna sRGB 100%. Satu nilai tambah panel layarnya telah mendukung refresh rate 144Hz. Jadi, sudah mencukupi untuk mengakomodir kebutuhan gaming, multimedia hingga konten kreasi.

Keyboard Acer Nitro 5 2021

acer nitro 5 9
Bergeser ke area keyboard Nitro 5 membawa keyboard berukuran penuh. Keyboard bergaya chicklet ini cukup standar. Ukuran dan jarak tiap tombol cukup besar dan pas. Cukup nyaman digunakan untuk mengetik atau bermain game.

Area Numpad memang agak lebih kecil ukuran tombolnya. Tapi, nilai positifnya Acer memberikan empat tombol panah berukuran penuh yang juga bisa berfungsi untuk mengatur volume dan tingkat kecerahan layar. Tombol pintas Nitro Sense juga tersedia. Jadi, bisa mempercepat gamer membuka aplikasi tersebut langsung dari keyboard.

Seperti laptop gaming kebanyakan keyboardnya juga telah dilengkapi lampu backlit RGB. Output warna dan efek pencahayaan bisa diatur sesuai selera. Ukuran trackpad mouse yang dibawanya juga cukup besar. Trackpad mouse tersebut sangat responsif dengan sapuan jari. Tombol klik kiri dan kanan mouse juga cukup nyaman ditekan dan tidak berisik.

Bergeser ke sektor audio Nitro 5 membawa speaker stereo. Dari pengujian kami output suara speakernya terasa kurang bertenaga dan flat. Dukungan fitur DTS:X juga tersedia untuk mendongkrak performa suaranya. Kendati demikian, jika menginginkan pengalaman bermain game dengan audio yang lebih baik kami sarankan untuk menggunakan headphone.

Performa Acer Nitro 5 2021

Acer Nitro 5 2021 akan tersedia dengan beragam spesifikasi. Untuk unit yang kami terima ini adalah yang menggunakan AMD Ryzen 7 5800H, RAM 16GB dan SSD NVMe yang kapasitasnya 1TB. Sementara, sektor grafisnya dipercayakan pada kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3080. Untuk hasil benchmarknya sebagai berikut.

Ditenagai prosesor AMD Ryzen 7 5800H performanya memang terasa kencang untuk beragam kebutuhan. Untuk produktivitas sehari-hari sangat mencukupi. Begitu pula untuk konten kreasi. Untuk menyunting video resolusi 4K kemampuan renderingnya juga bisa sangat cepat.

cyberpunk benchmark 3

Performa grafisnya dengan Nvidia GeForce RTX 3080 juga cukup lumayan untuk gaming AAA. Beberapa judul game yang kami jalankan seperti Metro Exodus Enhanced Edition dan Cyberpunk 2077 bisa dijalankan cukup lancar. Untuk Cyberpunk 2077 di setting ultra, resolusi Full HD dan DLSS di opsi Quality bisa mendapatkan sekitar 42 fps. Untuk mendapatkan fps lebih tinggi memang lebih nyaman tanpa menggunakan DLSS.

Performa gamingnya ini bukanlah yang paling kencang mengingat yang digunakan adalah RTX 3080 versi Max-Q. Jadi, memang tidak bisa dibandingkan lini Acer Predator. Perlu dimaklumi mengingat segmen yang dituju adalah kelas menengah. Hal lain yang cukup disayangkan adalah Acer Nitro 5 dengan RTX 3080 ini belum dijual resmi di Indonesia. Saat ini model yang tersedia adalah Nitro 5 dengan AMD Ryzen 7 5800H, GeForce RTX 3060, RAM 16GB dan ruang penyimpanan yang kapasitasnya 512GB.

Sistem pendingin Acer Nitro 5 2021

Selain performa yang bertenaga hal lain yang menarik dari Nitro 5 adalah sistem pendingin yang dibawanya. Sistem pendinginnya didukung kipas pendingin CoolBoost. Untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna, lewat aplikasi NitroSense gamer bisa mengatur kecepatan pengaturan kipas pendinginnya dan mengaktifkan fitur Coolboost.

Nitro Sense 1

Di opsi pengaturan Max memang suara kipas pendinginnya relatif berisik. Tapi, sangat optimal mendinginkan dan menjaga kinerjanya tetap stabil. Area permukaan keyboard juga hanya terasa sedikit rasa hangat. Sementara, di mode Auto kinerja kipas pendinginnya akan lebih pelan dan sangat senyap nyaris tanpa suara bising. Untuk pengaturan performa di Nitro 5 tersedia mode Power Saver, Balance, Balance (Acer Optimized) dan High Performance yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Baterai Acer Nitro 5 2021

Daya tahan baterai Acer Nitro 5 juga cukup baik. Di skenario penggunaan untuk produktivitas sehari-hari mengolah dokumen dan browsing, Nitro 5 bisa menemani kami bekerja hingga nyaris 6 jam. Pengaturan yang kami gunakan adalah menggunakan mode Power Saver, tingkat kecerahan layar 30%, WiFi aktif, layar 144 Hz, menonaktifkan fitur bluetooth, location dan keyboard backlit.

Harga Acer Nitro 5 2021

Nitro 5 dari Acer memang mengedepankan perfoma dengan harga jual yang ramah di kantong. Tahun ini pembaruan Nitro 5 2021 patut diakui cukup menggiurkan. Sistem pendingin yang lebih baik dan peningkatan performanya menurut kami menjadikan laptop ini semakin menonjol di segmen laptop gaming kelas menengah.

Kolaborasi performa AMD Ryzen Mobile 5000 series, Nvidia RTX 30-Series dan sistem pendinginnya tersebut berhasil menjadikan Nitro 5 2021 semakin kencang dan dingin di kelasnya. Fitur menarik lain Acer juga memberikan keyboard RGB dan layar 144Hz 100% sRGB. Acer Nitro 5 2021 wajib dilirik untuk gamer dengan dana terbatas yang ingin mencicipi performa gaming dengan AMD Ryzen 7-5800H dan dukungan Ray Tracing yang ditawarkan kartu grafis Nvidia RTX.

Acer Nitro 5 2021 cocok untuk:

1. Casual Gamer: Performanya sudah cukup untuk mengakomodir gaming AAA hingga penciptaan konten. Sistem pendinginnya juga amat baik.
2. Konten kreator: Ukuran layar 15.6 inci dan panel layar 100% sRGB bisa diandalkan untuk konten kreasi seperti penyuntingan foto dan video.
3. Pelajar/mahasiswa: Spesifikasinya sangat bisa diandalkan. Selain untuk gaming juga bisa untuk mendukung kegiatan belajar.

Kelebihan Acer Nitro 5 2021:
+ Panel layar IPS Full HD 144 Hz 100% sRGB
+ Sistem pendingin amat baik
+ Performa kencang untuk beragam kebutuhan
+ Keyboard dengan backlit RGB
+ Harga kompetitif

Kekurangan Acer Nitro 5 2021:
– Permukaan bodi mudah kotor
– Tidak dilengkapi sensor sidik jari
– Tidak dilengkapi slot kartu memori SD
– Audio kurang bertenaga

Kolaborasi performa AMD Ryzen Mobile 5000 series, Nvidia RTX 30-Series dan sistem pendinginnya tersebut berhasil menjadikan Nitro 5 2021 semakin kencang dan dingin di kelasnya.
8
Cek harga

Your email address will not be published.

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score