Canon XF605: Camcorder Ringkas dengan Kemampuan Rekam Video 4K dan Lensa Zoom 15x

Lini Camcorder XF-Series dari Canon bertambah. Produk teranyarnya adalah XF605. Camcorder ini mengedepankan rancangan bodi yang ringkas dan kemampuan rekam video di resolusi tinggi.

CANON XF605 1

Spesifikasi Canon XF605

Canon XF605 hadir dengan rancangan bodi ringkas. Dibandingkan XF705 bobotnya lebih ringan 600 gram. Dimensinya juga 10% lebih kecil.

Sebagai camcorder XF605 juga langsung dilengkapi dengan lensa. Lensa 4K L-Series yang dibawanya ini telah dilengkapi dengan fitur penstabil optikal dan kemampuan zoom optical 15x. Zoom digital hingga 30x juga didukungnya. Tapi, terbatas di resolusi Full HD saja. Dimensi yang ringkas dan fleksibilitas lensa dengan kemampuan zoom ini menjadikannya sangat ideal untuk perekaman video secara mandiri.

Di sektor spesifikasi Canon XF605 membawa sensor CMOS berukuran 1 inci. Sensor tersebut disokong kinerja prosesor DIGIC DV7. Dengan spesifikasinya tersebut XF605 bisa merekam video hingga resolusi 4K 60p. Kemampuan rekam videonya juga mendukung perekaman video 4:2:2 10 bit di format XF-AVC dan MP4. Perekaman video gerakan lambat hingga 120p juga didukungnya di resolusi Full HD. Sebagai tambahan, kamera ini juga bisa merekam video dengan pengaturan Canon Log 3 dan HDR.

ASUS vivobook s14 flip 728

CANON XF605 2

Fitur Canon XF605 yang lain adalah dukungan autofocus dengan teknologi Dual Pixel CMOS AF. Fitur Autofocus tersebut turut mendukung pelacakan focus berdasarkan deteksi mata dan kepala subyek. Kendali focus bisa melalui cincin pengaturan di lensa atau lewat layar sentuh 3.45 inci yang dibawanya. Pengguna juga dimungkinkan untuk mengatur kecepatan autofocus, respon, ukuran frame dan opsi kendali pencarian focus secara manual.

Di Canon XF605 pengguna juga bisa menemukan jendela bidik elektronik, mikrofon dan speaker terintegrasi, serta sederetan port konektivitas. Termasuk, input untuk mikrofon eksternal, 3.5mm jack audio untuk memantau audio hingga port lain seperti HDMI, USB-C, USB-A, dan 12G-SDI output dengan konektor BNC. LAN dan konektivitas WiFi juga tersedia.

Harga Canon XF605

Harga Canon XF605 US$4500 atau sekitar 65 juta Rupiah. Belum ada info kapan produk ini akan tersedia di Indonesia.