Atomos Ninja V+ Kini Mendukung 8K ProRes RAW dari Canon EOS R5

Atomos menghadirkan pembaruan firmware untuk perangkat monitor/recorder Ninja V+. Di firmware versi 10.68 terbaru ini, Atomos Ninja V+ akan mendukung perekaman video 8K dari mirrorless full frame Canon EOS R5 dalam format ProRes RAW.

svg%3E

Firmware AtomOS 10.68

Format ProRes RAW adalah format RAW yang menyimpan semua data yang bisa direkam oleh kamera. Ini memungkinkan pengguna untuk mengatur ISO, ataupun White Balance lewat software seperti Final Cut Pro di proses penyuntingan. Dengan begitu, akan lebih fleksibel dan mempermudah terutama saat proses penyuntingan video.

svg%3E

svg%3E

Untuk merekam format RAW Canon EOS R5 umumnya terbatas hanya sekitar 29 menit. Tapi, dengan bantuan Atomos Ninja V+ dan firmware AtomOS 10.68 ini pengguna dimungkinkan untuk merekam video lebih lama. Atomos Ninja V+ juga akan mengurangi beban kinerja prosesor. Artinya, secara signifikan bisa meminimalkan resiko kamera kepanasan atau overheating. Dengan ruang penyimpanan Ninja V+ yang kapasitasnya 1TB pengguna bisa merekam video RAW resolusi 8K/30p berdurasi 45 menit.

Ninja V+ hadir dengan membawa panel layar 5 inci. Tingkat kecerahan layarnya 1000 nit. Jadi, akan jelas terlihat di kondisi pencahayaan sangat terang. Selain itu, recorder eksternal ini juga kompatibel dengan 30 jenis kamera.

Ketersediaan

Firmware AtomOS 10.68 saat ini sudah tersedia dan bisa diunduh gratis melalui situs Atomos. Firmware ini hanya kompatibel dengan Ninja V+ dan tidak bisa digunakan di Ninja V. Pengguna Canon EOS R5 juga wajib memastikan kamera menggunakan firmware terbaru.