Review Kamera OPPO Find X3 Pro

Review Lenovo ThinkPad X1 Fold

PC Kelas Bisnis yang sangat ringkas, tangguh dan inovatif

Gawai dengan layar lipat saat ini tidak lagi sekedar konsep. Diawali dengan smartphone, layar lipat kini mulai diadopsi ke perangkat komputasi. Pionirnya adalah ThinkPad X1 Fold dari Lenovo. Penasaran bagaimana kecanggihan PC lipat pertama di dunia ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain Lenovo ThinkPad X1 Fold

Membawa desain layar lipat ThinkPad X1 Fold memang terlihat sangat futuristik. Keunggulannya yang lain dimensinya ringkas sekali. Sangat hemat tempat dan mudah masuk ke dalam tas. Bobotnya juga ringan. Hanya sekitar 0,9 Kg. Cocok untuk pengguna yang mobilitasnya tinggi.

Tampilannya juga eklusif dan sangat premium. Case bodinya yang mengusung material magnesium alloy dilapisi material kulit berwarna hitam. Dalam kondisi terlipat sekilas memang terlihat sangat mirip dengan buku agenda.

Rancangan bodi tangguh khas ThinkPad dengan standar militer (MIL-STD 810H) juga diusungnya. Menurut Lenovo, ThinkPad X1 Fold membawa rancangan total 11 lapisan. Salah satu struktur lapisannya adalah serat karbon. Material premium ini populer dengan ketangguhannya dan sangat ringan.

Setiap pabrikan yang menghadirkan perangkat dengan layar lipat punya teknologi engsel layar unggulannya masing-masing. Begitupun dengan Lenovo. Jika dicermati rancangan layar lipat ThinkPad X1 Fold memang berbeda.

ThinkPad X1 Fold membawa rancangan engsel layar multilink torque yang sangat inovatif. Selain lebih tangguh, keunggulan lain engsel layarnya ini bisa memungkinkan layar dibuka tutup dengan sangat mulus. Nyaris tanpa terasa gesekan. Dengan begitu, layar fleksibelnya akan tetap aman untuk penggunaan dalam jangka waktu lama.

Bahkan, pengujian tambahan juga dilakukan pada X1 Fold untuk memastikan layar dapat menangani tekanan saat dibuka dan ditutup. Dengan begitu, menurut kami pengguna tidak perlu lagi khawatir soal durabilitasnya.

Satu kompromi dari rancangannya yang inovatif ada di sektor konektivitas. Hanya ada dua port USB-C 3.2 Gen 2 yang dibawanya. Untuk konektivitas lain solusinya memang hanya dengan menambahkan aksesoris docking USB-C Hub.

Layar Lenovo ThinkPad X1 Fold

Panel layar fleksibel ThinkPad X1 Fold mengusung teknologi OLED. Resolusi layarnya 2K 2048 x 1536 pixel. Saat terbuka penuh panel layarnya berukuran 13.3 inci. Respon panelnya dengan sentuhan jari amat baik. Layarnya ini juga mendukung input multitouch 10 jari dan pena stylus.

Sementara, tingkat kecerahan layarnya hingga 300 nits. Cukup memadai untuk penggunaan di kondisi pencahayaan yang terang. Mengusung panel layar OLED resolusi tinggi layarnya ini memang sangat memanjakan mata. Gambar terlihat sangat tajam dengan akurasi warna yang baik. Cocok untuk beragam kebutuhan dari bekerja, membaca, hingga menikmati konten multimedia.

Fitur Lenovo ThinkPad X1 Fold

Dalam paket penjualannya Lenovo menyediakan dua aksesoris yakni Bluetooth keyboard dan Lenovo Mod Pen. Keyboardnya ini memang sangat kecil. Tapi, cukup nyaman digunakan untuk mengetik. Anda juga tidak perlu repot membawa mouse karena sudah tersedia area trackpad. Dimensi trackpadnya memang kecil. Tapi, sudah memadai untuk navigasi pointer mouse dengan jari.

Sementara, Lenovo Mod Pen hadir dengan rancangan hexagonal yang mirip dengan pena sungguhan. Sensitivitasnya amat baik dan akurat. Sangat nyaman menulis atau menggambar dengan penanya ini. Asupan tenaganya mengandalkan baterai isi ulang yang bisa diisi lewat port USB-C. Keunggulan lain, baterainya mendukung isi ulang cepat. Hanya dengan waktu isi ulang 5 menit pengguna bisa mendapatkan waktu guna sekitar 250 menit. Satu nilai tambah Lenovo Mod pen juga bisa disimpan di cantolan yang ada di keyboard.

Sebagai perangkat layar lipat, fitur Lenovo ThinkPad X1 Fold yang utama adalah dukungan Lenovo mode Switcher. Fitur ini akan muncul otomatis saat layar ditekuk dan memungkinkan pengguna untuk memilih bagaimana memanfaatkan area panel layarnya tersebut. Apakah ingin digunakan secara penuh atau layarnya split screen terbagi dua bagian. Peralihan mode juga terasa sangat responsif. Untuk menggunakan fitur ini pastikan saja orientasi layar tidak terkunci.

Fitur Lenovo ThinkPad X1 Fold yang lain adalah dukungan fitur pintar berbasis AI atau kecerdasan buatan. Di sini tersedia dukungan Glance By Mirametrix dan Lenovo Voice. Lenovo Voice memungkinkan Anda untuk mengendalikan X1 Fold lewat perintah suara. Lenovo ThinkPad X1 Fold juga telah membawa kamera webcam dengan fitur perlindungan privasi yang bisa diandalkan untuk konferensi video.

Kemudian, hadir speaker dengan dukungan Dolby Atmos dan aplikasi Lenovo Commercial Vantage. Seperti Lenovo Vantage aplikasi ini bisa digunakan untuk mempermudah melakukan pengaturan hingga memindai performanya secara keseluruhan. Perangkat ini juga telah mendukung WiFi6 seperti laptop kekinian lain. Satu fitur yang absen dari ThinkPad X1 Fold adalah sensor sidik jari.

Mode penggunaan Lenovo ThinkPad X1 Fold

Berkat layar lipatnya yang fleksibel pengguna bisa menggunakan ThinkPad X1 Fold ke beragam mode penggunaan. Kedua aksesoris yang dibawanya juga bisa mendukung masing-masing mode penggunaan agar penggunannya lebih optimal.

Ada 4 mode yang bisa dicoba. Pertama Landscape mode. Di mode ini layarnya bisa dibuka penuh. Mirip tablet pada umumnya. Untuk mendukung penggunaannya secara lanskap atau horisontal Lenovo juga menyediakan kaki peyangga yang bisa dilipat di bagian belakang bodinya.

Mode ini paling nyaman dan cocok untuk mendukung produktivitas bagi pengguna yang ingin bekerja dengan keyboard bluetooth dan tampilan layar penuh 13.3 inci miliknya. Atau, ideal juga untuk mendukung kegiatan presentasi hingga menikmati konten multimedia.

Mode kedua adalah Mini Clamshell Mode. Di mode ini Anda bisa menggunakan ThinkPad X1 Fold seperti laptop pada umumnya. Imbasnya area layar yang bisa digunakan relatif lebih sempit. Ini karena keyboard bluetooth bawaannya dimungkinkan untuk terpasang ke sebagian panel layar di bawahnya. Menariknya, saat keyboard ini terpasang ke layar X1 Fold baterainya akan otomatis isi ulang. Cara ini menurut kami sangat praktis dan cerdas. Jadi, tidak perlu repot isi ulang baterainya. Alternatif lain baterai keyboardnya juga bisa diisi ulang lewat port micro-USB.

Keyboardnya ini bisa menempel dengan kuat berkat mengusung konsep magnetik. Untuk memudahkan mobilitas saat keyboard menempel ThinkPad X1 Fold juga tetap dimungkinkan untuk terlipat secara penuh. Dengan keyboard hanya menambah sedikit ketebalannya.

Jika tidak ingin menggunakan keyboard tersebut, area layar di bawah ini juga bisa tetap digunakan. Sangat ideal untuk skenario penggunaan multitasking.

Mode selanjutnya adalah Book Mode. Di mode ini Anda bisa menggunakan ThinkPad X1 Fold seperti buku di posisi vertikal. Lagi-lagi di mode ini sangat nyaman untuk multitasking. Kedua layarnya bisa dimanfaatkan untuk membuka jendela aplikasi atau browser yang berbeda.

Terakhir adalah mode Portrait. Di mode ini layarnya kembali dibuka secara penuh tapi secara vertikal atau portrait. Sangat ideal untuk membuka file dokumen yang panjang seperti misalnya file excel. Atau, nyaman juga digunakan untuk menggambar dan membuat sketsa.

Performa Lenovo ThinkPad X1 Fold

Masuk di kategori PC ThinkPad X1 Fold membawa spesifikasi dengan prosesor Intel Core. Perangkat ini ditenagai prosesor Intel Core i5-L16G7 yang disokong RAM 8GB. Untuk ruang penyimpanan tersedia SSD M.2 2242 PCIe 3.0×4 NVMe yang kapasitasnya 1TB. Tergolong besar sehingga tidak perlu lagi menggunakan microSD. Untuk hasil benchmarknya sebagai berikut.

Dengan spesifikasinya tersebut, sebagai mesin untuk mendukung produktivitas harian hingga menikmati konten multimedia ThinkPad X1 Fold sudah memadai. Performanya terasa cukup kencang. Multitasking membuka beberapa tab browser atau aplikasi bersamaan juga terasa lancar. Sistem pendinginnya juga baik. Kinerja kipasnya relatif sangat senyap dan tidak bising.

Baterai Lenovo ThinkPad X1 Fold

Mengusung panel layar OLED 2K yang berukuran cukup besar resikonya memang bisa berimbas pada daya tahan baterai. Tapi, diluar prediksi kami daya tahan baterainya ternyata cukup memuaskan.

Pengujian baterai kami lakukan dengan menggunakan ThinkPad X1 Fold di mode Landscape. Di mode ini bagi kami lebih nyaman untuk bekerja. Ini karena bisa memanfaatkan penuh panel layarnya yang berukuran 13.3 inci dan mengetik dengan keyboardnya secara terpisah. Dengan mengaktifkan mode power saver Windows, menonaktifkan fitur Location, tingkat gelap terang layar sekitar 30 persen, menggunakan semua fitur OLED Power Settings di Vantage dengan interval 30 detik, daya tahan baterai ThinkPad X1 Fold bisa bertahan hingga sekitar 6 jam. Cukup untuk menemani kami bekerja nyaris seharian.

Kesimpulan

Lenovo ThinkPad X1 Fold memang bukan soal adu balap performa. Tapi, ThinkPad X1 Fold menjadi bukti inovasi dan evolusi perangkat PC di masa depan. Setidaknya, PC lipat kini bukan lagi sebuah konsep. Seiring perkembangan teknologi kami juga yakin masih banyak potensi dan fitur yang bisa dikembangkan agar perangkat ini semakin sempurna kedepannya.

Sebagai pionir PC lipat sederetan teknologi terdepan yang dibawanya memang menjadikan perangkat ini layak menyandang predikat PC kelas bisnis paling ringkas dan inovatif di tahun 2021. Cukup wajar harga jualnya tidak murah. Harga ThinkPad X1 Fold ada di kisaran 59,99 Juta Rupiah. Jika tidak keberatan dengan harga jualnya tersebut ThinkPad X1 Fold sangat layak dimiliki untuk Anda yang ingin mencicipi teknologi PC dengan layar lipat pertama di dunia.

Lenovo ThinkPad X1 Fold Cocok untuk

Pebisnis/profesional Top Tier: Dimensinya yang ringkas dan sederetan fiturnya yang sangat fungsional cukup untuk mendukung gaya hidup kerja mobile yang sedang tren.
Penggemar Teknologi: Bagi Anda yang gemar dengan teknologi canggih ThinkPad X1 Fold adalah PC lipat pertama di dunia yang bisa dicoba saat ini.

Kelebihan Lenovo ThinkPad X1 Fold:
+ Desain inovatif
+ Rancangan tangguh dengan standar militer
+ Panel layar OLED 2K fleksibel
+ Mekanisme engsel layar sangat baik
+ Dimensi sangat ringkas saat terlipat
+ Performa memadai
+ Dilengkapi aksesoris keyboard bluetooth dan pena stylus

Kekurangan Lenovo ThinkPad X1 Fold:
– Harga relatif mahal
– Minim port konektivitas
– Tidak dilengkapi sensor sidik jari
– Dukungan aplikasi Windows pada perangkat lipat masih terbatas

Lenovo ThinkPad X1 Fold memang bukan soal adu balap performa. Tapi, ThinkPad X1 Fold menjadi bukti inovasi dan evolusi perangkat PC di masa depan.
8