Review vivo V21

svg%3E
7.9

Meski sudah meluncurkan versi 5G, vivo tetap menghadirkan V21 versi LTE di Indonesia. Tidak heran, jaringan 5G saat ini masih sangat terbatas jangkauannya. Itulah mengapa vivo V21 akan tetap punya pasarnya tersendiri di kelas menengah, terutama untuk mereka yang mementingkan desain dan kemampuan kamera.

Penasaran seperti apa keunggulan yang ditawarkan oleh vivo V21? Yuk, langsung saja simak ulasannya!

Warna Diamond Flare yang menawan

Jika Anda ingin tampil menonjol di setiap kesempatan, saya akan langsung merekomendasi warna Diamond Flare. Dibanding varian yang satunya, Roman Black, menurut saya V21 Diamond Flare tampak jauh lebih menarik. Bukan berarti Roman Black tidak bagus, tapi mungkin hanya preferensi saya saja yang sedang bosan dengan ponsel berwarna hitam.

svg%3E

Warna Diamond Flare milik vivo V21 menyajikan corak berlian dengan efek yang berkilau ketika terkena cahaya. Menurut saya, efek berlian dengan paduan warna biru, ungu, dan sedikit merah muda tersebut tampak sangat cantik. Hampir sebulan melakukan pengujian, belum pernah sekalipun saya merasa bosan melihat bodi bagian belakang ponsel ini.

Dari segi desain sesungguhnya V21 punya DNA yang amat mirip dengan V21 5G. Bahkan, bisa dibilang kembar. Lekukan ergonomisnya, penempatan kamera belakang, hingga layar depan yang (sayangnya) masih berponi terlihat sama.

svg%3E

Sensasi genggamannya kurang lebih juga mirip dengan V21 5G. Terasa ramping dan cukup ringan dengan ketebalan 7,38mm dan berat 171 gram. Bodi bagian belakangnya agak licin tapi tidak sampai membuatnya gampang terlepas dari tangan. Yang saya suka, back cover V21 tidak mudah kotor oleh bekas jari berkat Anti-Fingerprint AG Glass.

Pada bagian bawah Anda akan menemukan port USB Type-C yang berdampingan dengan lubang jack 3.5mm dan grill speaker. Sekadar informasi, speaker pada V21 belum stereo. Selain itu ada pula triple slot untuk menampung dua nano SIM-card dan satu microSD.

svg%3E

Sebagai tambahan, vivo V21 juga didukung NFC Multifungsi yang bisa digunakan untuk menduplikasi kartu akses, mengisi ulang kartu untuk transportasi umum, dan memudahkan konsumen dalam bertukar file.

Layar sedap dipandang

vivo V21 mengusung layar AMOLED 6,44 inci Full HD+. Kualitas layarnya terbilang bagus dan sedap dipandang dengan warna yang hidup serta tingkat kecerahan yang baik meski digunakan di bawah sinar matahari.

svg%3E

Untuk beragam kebutuhan mulai dari browsing, menonton video/film, menelusuri media sosial, hingga bermain games layar V21 bisa diandalkan. Walaupun demikian, ada satu kekurangan dari layar ini. Ya, refresh rate-nya masih 60Hz saja. Kebanyakan ponsel di rentang harga yang sama setidaknya sudah 90Hz.

Kamera oke untuk berbagai kondisi pemotretan

svg%3E

Beralih ke sektor kamera, di bagian belakang vivo V21 mengandalkan 64MP Night Camera, 8MP Super Wide-Angle Camera, dan 2MP Super Macro Camera. Untuk swafoto, ada kamera depan 44MP Autofocus Super Night Selfie. Sayangnya kamera utama dan kamera depan pada ponsel ini belum didukung OIS seperti V21 5G.

vivo mengklaim, dengan autofocus kamera depan tersebut mampu menangkap foto dan video dengan baik pada jarak jauh maupun dekat. Aperture-nya f/2.0, sehingga cukup ideal untuk menangkap cahaya lebih banyak. Selain itu, ada pula teknologi Super Night Selfie untuk pengambilan swafoto di malam hari, serta Night Portrait dengan bantuan Artificial Intelligence (AI).

IMG_20210816_154329

macro mode 2 mp

svg%3E

IMG_20210810_180925

normal

Foto selfie vivo V21 (2)

Kualitas foto yang dihasilkan dari kamera vivo V21, baik belakang maupun depan, tergolong bagus di kelasnya. Untuk berbagai kondisi pemotretan, Anda akan dengan mudah mendapatkan foto yang terang, tajam meski tanpa OIS, dan dengan sajian warna yang hidup tapi masih tampak natural terutama ketika menangkap obyek manusia. Dynamic range-nya pun.

normal mode

IMG_20210812_180948

Kamera ultra-wide juga mampu memberikan tangkapan gambar yang oke di kondisi cahaya terang. Memang ada penurunan ketajaman jika dibandingkan dengan kamera utama. Tapi masih dalam batas wajar dan tetap layak untuk Anda pamerkan ke media sosial. Yang terpenting, kamera sudut lebar ini tetap dapat menghasilkan warna yang tidak kalah bagusnya dengan kamera utama.

video_20210811_104633

Kinerja mulus

Performa vivo V21 didukung Qualcomm Snapdragon 720G. Chipset yang tergolong mainstream dan sudah banyak digunakan oleh berbagai ponsel kelas menengah. Yang menarik, RAM 8 GB bawaannya bisa ditambahkan lewat fitur 3 GB Extended RAM.

Sejauh pengujian saya, kinerja V21 terbilang mulus untuk berbagai kebutuhan. Perpindahan antar aplikasi terasa gegas, dan belum saya temukan lag yang mengganggu. Untuk gaming pun lancar. Mobile Legends, PUBG Mobile, hingga Asphalt 9 bisa Anda mainkan tanpa kendala asalkan memilih pengaturan grafis yang pas.

Kalau dibandingkan dengan V21 5G, Anda tidak akan merasakan perbedaan performa yang terlalu signifikan. Hanya jaringannya saja yang tidak mendukung 5G. Harus diakui bahwa Snapdragon 720G masih sangat bisa diandalkan untuk penggunaan di tahun 2021 ini.

Charging kencang

Untuk urusan daya, vivo V21 mempercayakannya kepada baterai berkapasitas 4.000 mAh lengkap dengan teknologi 33W FlashCharge untuk charging cepat. Memang sekilas tidak besar, sejalan dengan bodinya yang ramping. Tapi untuk pemakaian normal, baterai ini masih bisa menemani Anda sejak pagi hingga malam hari. Setidaknya, kemampuan pengisian dayanya kencang. Hanya butuh sekitar 1 jam untuk dapat terisi penuh.

svg%3E

Opsi menarik untuk yang gemar foto-foto dan ingin tampil gaya

Dengan harga yang lebih terjangkau, vivo V21 merupakan opsi yang menarik untuk Anda yang saat ini belum membutuhkan jaringan 5G. Desainnya stylish, kameranya bagus, dan fiturnya cukup lengkap. Terbukti, meski tanpa dukungan 5G, V21 tetap layak Anda pertimbangkan di kelas harganya.

Bagi yang berminat, vivo V21 varian 128 GB dijual dengan harga Rp4.399.000. Untuk varian 256 GB harganya Rp4.999.000.

vivo V21 cocok untuk:

  • Pengguna yang belum butuh 5G: Apabila Anda merasa belum membutuhkan ponsel dengan dukungan 5G, vivo V21 layak Anda pertimbangkan.
  • Penggemar selfie: Anda yang gemar berswafoto patut melirik vivo V21. Kamera depannya termasuk salah satu yang terbaik.
  • Anak muda: Ingin tampil gaya dan mencuri perhatian? vivo V21 merupakan salah ponsel kelas menengah dengan tampilan eksterior paling cantik saat ini. Selain itu, performa dan kameranya juga oke.
  • Pengguna yang aktif di medsos: Dengan kemampuan kamera belakang dan kamera depan yang sama-sama baik, Anda bisa mengunggah berbagai konten apik di media sosial seperti Instagram.
  • Pencipta konten: Butuh perangkat yang ringkas untuk membuat konten YouTube secara on-the-go? Kemampuan videografi dari V21 juga bisa diandalkan.
  • Penggemar Netflix/drakor: vivo V21 sudah mendukung Widevine L1, yang artinya mampu memutar konten film atau drama Korea di platform seperti Netflix dengan kualitas HD.

Kelebihan vivo V21:

  • Desain cantik, terutama varia Diamond Flare
  • Bodi ramping dan cukup ringan
  • Kamera belakang oke untuk memotret maupun merekam video
  • Kamera selfie masih salah satu yang terbaik
  • Layar terang dan tajam, dengan warna yang kaya
  • Kinerja mulus, didukung Extended RAM
  • Ada NFC Multifungsi
  • Charging cepat

Kekurangan vivo V21:

  • Layar masih berponi
  • Refresh rate layar hanya 60Hz saja
  • Speaker belum stereo
  • Kapasitas baterai mungkin kurang menarik bagi sebagian orang
svg%3E
vivo V21
vivo V21 merupakan opsi yang menarik untuk Anda yang saat ini belum membutuhkan jaringan 5G
7.9