Xiaomi CyberDog: Robot Anjing Canggih Pertama dari Xiaomi

Xiaomi melebarkan sayapnya ke dunia robotik. Robot perdananya ini diberi nama Xiaomi CyberDog. Memang ini bukan robot anjing yang pertama. Sebelumnya telah ada Aibo dari Sony dan Spot dari Boston Dynamic. Satu hal yang menarik dari CyberDog ada di harga jualnya. Harga jualnya paling murah diantara kedua robot anjing tersebut.

svg%3E

Fitur Xiaomi CyberDog

Tampilan CyberDog sangat futuristik. Di bagian kepalanya terpasang kamera Intel RealSense D450. Kamera ini bisa mengukur kedalaman. Anjing canggih ini juga dilengkapi kamera lengkap dengan lensa ultrawide fish eye, enam pasang mikrofon dan serangkain sensor. Sensor yang dibawanya antara lain sensor ultrasonik, GPS dan sensor sentuh.

CyberDog juga sangat pintar. Robot anjing ini ditenagai chipset NVIDIA Jetson Xavier NX chipset yang mampu mendukung teknologi Deep Learning. Untuk ruang penyimpanan tersedia SSD dengan kapasitas 128GB.

svg%3E

svg%3E

Berkat sensor dan kamera yang dibawanya robot ini mampu melakukan pelacakan obyek otomatis dan memetakan lingkungan di sekitar. Bahkan, bisa menghindari rintangan di hadapannya dan berjalan sesuai dengan titik tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan dukungan teknologi pengenal wajah, anjing ini juga bisa mengenali wajah pengguna dan mengikuti kemana pengguna berjalan.

Untuk bergerak kaki-kaki CyberDog ditopang motor servo. Motor tersebut memiliki torsi maksimum 32 Nm dan bisa berputar dengan kecepatan 220 rpm. Ini artinya, CyberDog bisa bergerak hingga kecepatan maksimum 3.2 meter per detik atau sekitar 7 mph. Selain berjalan fitur Xiaomi CyberDog yang lain bisa mendukung beragam gerakan seperti berguling hingga lompat ke belakang. Rancangannya juga kokoh dan bisa menopang bobot hingga 3 Kg.

svg%3E

Menariknya lagi CyberDog mendukung platform terbuka. Ini artinya, developer ataupun pengguna di komunitas robotik bisa dengan bebas mengembangkan CyberDog.

Harga Xiaomi CyberDog

Sebagai permulaan, Xiaomi menjual CyberDog dalam jumlah yang terbatas. Hanya ada 1000 unit yang tersedia. Harga Xiaomi CyberDog US$1600 atau sekitar 23 jutaan Rupiah.

Verified by MonsterInsights