[Tips] Cara Mudah Meningkatkan Akurasi Warna Pada Foto dan Video



Dalam dunia konten kreasi warna adalah satu elemen yang penting. Tidak heran saat ini monitor dan laptop mulai banyak yang menawarkan panel dengan akurasi warna tinggi. Tapi, sayangnya tidak semua sensor kamera punya kemampuan yang sama dalam hal reproduksi warna. Beberapa faktor seperti kondisi pencahayaan di sekitar dan pengaturan kamera juga bisa mempengaruhi akurasi warna. Nah, untuk meningkatkan akurasi warna pada foto dan video berikut cara mudah yang bisa dilakukan.

1. Memotret dalam format RAW / Merekam Video dengan Format Log

Untuk pengambilan foto cara paling mudah pertama adalah memotret dalam format RAW. Format RAW memungkinkan kamu untuk menyunting foto lebih leluasa setelah foto diambil. Beragam pengaturan dari gelap terang, saturasi, kontras, hingga warna bisa diatur sesuai selera untuk mendapatkan akurasi warna yang sedekat mungkin dengan aslinya.

Untuk video pengambilan video bisa memanfaatkan format Log. Format Log sama RAW di foto. Kamu bisa merekam video dengan pengaturan flat. Jadi, pengaturan warna, saturasi, gelap terang dan lainnya bisa diatur pada proses penyuntingan.

2. Mengatur White Balance

Cahaya adalah elemen yang paling penting dalam fotografi. Setiap sumber cahaya memiliki suhu yang berbeda. Cahaya pun bisa berubah-ubah. Imbasnya, warna bisa berbeda di kondisi pencahayaan yang tidak konsisten ini.

Untuk mendapatkan foto atau video dengan warna yang konsisten caranya adalah menggunakan opsi White Balance secara manual. Jangan AWB (Automatic White Balance). Lewat opsi ini kamu bisa mengatur temperatur warna lebih hangat atau lebih dingin menyesuaikan kondisi pencahayaan di lokasi pengambilan gambar. Pengaturan White Balance ini juga bisa dibantu dengan aksesoris tambahan seperti misalnya Grey Card.

3. Kalibrasi Monitor


Nah, terakhir adalah monitor atau layar laptop kamu harus akurat. Jadi, proses penyuntingan foto atau video bisa mendapatkan warna yang sedekat mungkin dengan aslinya. Untuk itulah warna pada monitor atau layar laptop perlu dikalibrasi menggunakan alat kalibrasi warna pada monitor. Opsi lain untuk mempermudah beberapa pabrikan saat ini juga sudah mulai menjual monitor dan laptop dengan layar yang sudah terkalibrasi langsung dari pabrikan.

Your email address will not be published. Required fields are marked *