Review Huawei Band 6

svg%3E
8.5

Huawei beberapa waktu yang lalu meluncurkan Huawei Band 6 sebagai penawaran terbaru mereka untuk kategori smartband atau gelang kebugaran. Satu hal yang membuat produk yang satu ini cukup unik adalah penampilannya yang bisa dibilang lebih mirip untuk disebut sebagai smartwatch. Bukan cuma desain, fitur-fitur yang ditanamkan pun lengkap seperti smartwatch.

Penasaran seperti apa keunggulan dari Huawei Band 6? Langsung saja simak ulasannya!

Desain semi-sporty, layar lebih besar

Sama seperti smartband pada umumnya, Huawei Band 6 juga tampil dengan desain yang saya sebut semi-sporty. Dimensinya cukup besar untuk ukuran smartband karena memang layar yang digunakan pun tidak minimalis seperti produk dari kategori serupa kebanyakan. Meski begitu, kalau harus dibandingkan dengan smartwatch, Huawei Band 6 lebih kecil.

svg%3E

Bagi saya yang memang lebih suka memakai smartband dibanding smartwatch untuk menemani aktivitas sehari-hari, awalnya saya sempat khawatir dimensi layar Huawei Band 6 akan mengurangi sensasi simpel dan praktis yang saya inginkan dari sebuah smartband. Untungnya tidak. Dimensi dan bobotnya masih sesuai dengan harapan saya.

Perlu diketahui bahwa Huawei Band 6 adalah smartband pertama Huawei yang menggunakan layar AMOLED FullView Display berukuran 1,47 inci, dengan rasio screen-to-body mencapai 64 persen. Layar ini sudah mendukung sentuhan dan Anda juga dibekali satu tombol fisik untuk kembali ke halaman awal. Tingkat kecerahannya cukup baik dan masih ideal untuk melihat konten yang ditampilkan di bawah sinar matahari.

Secara default Huawei langsung menyuguhkan beberapa opsi watch face yang bisa Anda pilih sesuai selera. Kalau masih kurang, Anda bisa mengunduh beragam watch face lainnya melalui aplikasi Huawei Health. Sebagian gratis, dan sebagian besar lainnya berbayar dengan kisaran harga 6 ribu hingga 28 ribu rupiah.

svg%3E

 

Smartband ini memiliki berat hanya 18 gram saja, sehingga terasa amat ringan di pergelangan tangan. Ketebalannya bodinya juga standar saja dan tidak membuatnya terlihat terlalu menonjol ke atas. Di bagian belakang, Anda akan menemukan sensor beserta pin magnetic untuk menyambungkan charger.

Huawei Band 6 menggunakan strap berbahan silikon dengan beberapa pilihan warna yang menarik. Varian yang saya ulas kali ini disebut Forest Green. Warnanya menurut saya cukup bagus dan kalem. Cocok untuk Anda yang tidak terlalu menyukai warna-warna terang tapi juga sudah bosan dengan hitam.

svg%3E

Sedikit membahas material strapnya, menurut saya karet silikon yang digunakan pada Huawei Band 6 terasa cukup nyaman ketika bersentuhan dengan kulit. Tidak gerah dan tidak gatal. Anda juga bisa melepas dan mengganti strap ini dengan mudah. Sejauh pemantauan saya Huawei belum menyediakan strap official yang dijual terpisah, namun Anda bisa menemukan strap pihak ketiga dengan harga terjangkau di berbagai e-commerce.

Fitur kesehatan lengkap

Dengan harga yang cukup terjangkau, Huawei Band 6 ternyata menawarkan fitur penunjang gaya hidup sehat yang cukup lengkap. Yang pertama pastinya TruSeen 4.0 Hear-Rate Monitoring untuk memantau detak jantung selama 24/7. Selain itu, fitur ini juga didukung fungsi peringatan apabila detak jantung terlalu rendah atau terlalu tinggi.

svg%3E

svg%3E

Yang paling esensial adalah All-Day SpO2 Monitoring untuk memantau saturasi oksigen dalam darah. Ya, fitur ini sangat penting di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Sekadar informasi, saturasi oksigen yang normal adalah 95 persen ke atas. Karena itu, jika angka yang disajikan di bawah normal, setidaknya Huawei Band 6 bisa menjadi peringatan dini untuk Anda agar segera berkonsultasi dengan dokter.

Huawei Band 6 juga memiliki fitur pemantau tidur (Huawei TruSleep 2.0) yang diklaim punya peningkatan akurasi 96,3 persen. Dengan fitur tersebut, Anda bisa mengetahui kualitas tidur di malam hari. 6 masalah tidur utama dapat diidentifikasi dan ada lebih dari 200 saran untuk memperbaiki kualitas tidur Anda. Terakhir, ada pula fitur pemantau stres dan monitoring siklus bulanan wanita.

96 mode olahraga

Untuk fitur kebugaran, Huawei Band 6 mendukung hingga 96 mode latihan mulai dari olahraga umum seperti lari, berjalan, bersepeda, dan berenang hingga elliptical machines, rowing machines, dan sebagainya. Anda juga akan mendapatkan data-data seperti detak jantung, kalori, dan yang lainnya. Semua data juga akan ditransfer ke smartphone lewat aplikasi Huawei Health untuk memudahkan pembacaan.

Bukan cuma itu, Huawei Band 6 juga dapat menganalisis kemampuan latihan penggunanya berdasarkan parameter multi-dimensi seperti data variabilitas detak jantung dan data olahraga, lalu memberi penilaian dan saran tentang kemampuan olahraga mereka, seperti asupan oksigen maksimum, waktu pemulihan, dan efek pelatihan.

Sayangnya, Huawei Band 6 tidak dibekali GPS. Itu artinya, Anda tetap harus membawa smartphone untuk mendeteksi rute ketika berolahraga.

Baterai tahan lama

svg%3E

Huawei Band 6 dijanjikan mampu memberikan daya tahan baterai hingga 14 hari dalam sekali charge. Faktanya, meski saya tidak menghitung secara detail, baterai pada smartband ini memang sangat awet. Waktu charging-nya pun cepat. Bahkan, dengan hanya mengisi daya selama 5 menit, Huawei Band 6 bisa menyala hingga 2 hari.

Smartband dengan fitur lengkap

Huawei Band 6 adalah smartband dengan fitur lengkap. Ukuran layarnya yang lebih besar menjadi nilai plus tersendiri untuk memudahkan melihat konten pada layar. Di satu sisi, Huawei Band 6 masih tetap mempertahankan kepraktisan ala smartband. Bobotnya ringan, desainnya minimalis, dan baterainya tahan lama. Posisinya seperti di ambang batas antara smartband dan smartwatch.

svg%3E

Dengan segala keunggulannya, saya tidak ragu untuk memasukkan Huawei Band 6 dalam daftar smartband terbaik di tahun 2021 ini. Bagi yang berminat, Huawei Band 6 dijual dengan harga Rp599.000.

Huawei Band 6 cocok untuk:

  • Pelajar/mahasiswa: Dengan harga yang terjangkau, Huawei Band 6 bisa menjadi pilihan bagi anak muda yang ingin tampil gaya sekaligus mendapatkan manfaat dari sederet fitur kesehatan yang tersedia.
  • Karyawan: Desainnya yang tidak ‘full sporty’ membuat Huawei Band 6 masih cukup ideal untuk dipakai di berbagai kesempatan. Misalnya saat bekerja di kantor atau meeting dengan klien.
  • Penggemar olahraga: Anda yang gemar olahraga bisa mengandalkan Huawei Band 6 untuk memantau beragam aktivitas. Ada 96 mode olahraga yang disediakan.
  • Pecinta smartband: Walaupun sekilas tampil mirip smartwach, Huawei Band 6 masih tetap mempertahankan kepraktisan ala smartband. Bobotnya masih amat ringan dan ukuran layarnya pun tidak sebesar yang diperkirakan.
  • Pengguna yang ingin menerapkan gaya hidup sehat: Huawei Band 6 punya fitur kesehatan yang cukup komplit. Ada sensor detak jantung, ada pemantau saturasi oksigen, ada pemantau kualitas tidur, pemantau stres, hingga siklus wanita. Cocok untuk menunjang gaya hidup sehat terutama di masa pandemi.

Kelebihan Huawei Band 6:

  • Layar AMOLED 1,47 inci dengan tingkat kecerahan yang baik
  • Bobot tetap ringan meski dimensi lebih lebar
  • Performa mulus dan responsif
  • Fitur kesehatan lengkap, termasuk All-Day SpO2 Monitoring
  • 96 mode olahraga
  • Baterai awet
  • Charging cukup cepat
  • Rating 5 ATM
  • Harga kompetitif

Kekurangan Huawei Band 6:

  • Tidak dibekali GPS
  • Akan lebih menarik jika tersedia strap pengganti official yang dijual terpisah
  • Tidak ada opsi menjawab panggilan
svg%3E
Huawei Band 6
Smartband rasa smartwatch yang tetap mempertahankan desain minimalis, bobot ringan, dan baterai tahan lama.
8.5
  1. 9.7
    Smartband tergokil 2021

    Keren banget nih band-nya, aku beli pas flash sale dapet harga 499.000. Menunya aplikatif banget buat olahraga. Kebetulan pake smartphone Huawei juga, jadi pairingnya lancar banget. Tinggal buka Huawei Health app langsung tampil deh record aktivitas kita. Baterenya awet banget, seminggu lebih ga perlu nge-charge. Asyiknya, band ini ada menu find my phone, jadi kalo lupa naruh HP bisa langsung ketemu karena dengan memencet menu ini, HP akan bunyi “I’m here” berulang kali.

    Breakdown
    Leave A Review

    Desain
    10
    Fitur Kesehatan
    10
    Fitur Olahraga
    8.5
    Baterai
    10
    Harga
    9.9
    1
    0

Your email address will not be published.

Desain
Fitur Kesehatan
Fitur Olahraga
Baterai
Harga
Final Score