Leica Leitz Phone 1: Smartphone Pertama Leica dengan Sensor Kamera 1-inci

Pabrikan kamera asal Jerman, Leica, akhirnya resmi melebarkan sayap ke dunia smartphone. Produk smartphone pertamanya adalah Leitz Phone 1 yang memulai debut perdana di Jepang.

svg%3E

Spesifikasi Leica Leitz Phone 1

Leica Leitz Phone 1 sejatinya adalah Sharp AQUOS R6. Perbedaannya hanya di desain. Tidak perlu heran karena Sharp AQUOS R6 adalah smartphone pertama hasil kolaborasi Sharp dengan Leica. Langkah ini sama persis seperti kerjasama Panasonic dan Leica dalam dunia fotografi.

svg%3E

Leitz Phone 1 membawa rancangan bingkai modul kamera berbentuk lingkaran. Tepat di samping kanan atas modul kameranya hadir logo titik merah khas Leica yang legendaris. Bahkan, tersedia aksesoris penutup lensa untuk melindungi kameranya tersebut. Sementara, AQUOS R6 membawa rancangan bingkai modul kamera dengan bentuk kotak.

svg%3E

svg%3E

Di bagian muka layarnya menggunakan panel IGZO OLED 6,6 inci. Resolusi panel layarnya 2730 x 1260 pixel dan mendukung refresh rate 240 Hz. Untuk Spesifikasi Leica Leitz Phone 1 dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 888, RAM 12GB dan memori internal yang kapasitasnya 256GB.  Ruang penyimpanannya tersebut masih bisa diekspansi lewat slot micro SD dengan kapasitas maksimum 1TB. Smartphone ini akan menjalakan sistem operasi  Android 11 dengan antarmuka khas Leica.

Kamera dengan sensor 1 inci

Sektor kamera menjadi fitur yang paling diunggulkannya. Sama seperti AQUOS R6.  Leitz Phone 1 hanya membawa satu modul kamera utama. Berbeda dengan smartphone kekinian lain yang umumnya membawa konfigurasi dua hingga empat kamera.

svg%3E

Leitz Phone 1 membawa modul kamera dengan sensor 1 inci yang resolusinya 20 megapixel. Sensor dengan ukuran 1 inci memang menjadi ukuran sensor terbesar untuk smartphone saat ini. Umumnya sensor dengan ukuran 1 inci ini digunakan pada kamera saku. Tepat di depan sensornya Leica memasang lensa Summicron 19mm dengan bukaan diafragma F1.9. Mengingat hanya ada satu modul kamera untuk melakukan zoom tersedia dukungan fitur zoom secara digital.

Fitur lain smartphone ini telah mengadopsi rancangan tahan air dengan rating IP68, dilengkapi sensor sidik jari di layar untuk pengaman dan membawa baterai yang kapasitasnya 5000 mAh.

Harga Leica Leitz Phone 1

Saat ini Leitz Phone 1 hanya tersedia ekslusif untuk pasaran Jepang melalui operator Softbank Japan. Harga Leica Leitz Phone 1 US$1700.