Review Acer BS-320

Proyektor dengan tingkat kecerahan tinggi dan lampu LED tahan lama

Proyektor kini tidak hanya sebagai media untuk presentasi di kantor atau mendukung kegiatan belajar mengajar di kampus atau sekolah. Tapi, proyektor juga bisa diandalkan sebagai sistem hiburan di rumah. Salah satunya adalah Acer BS-320. Apa saja fitur dan keunggulan proyektor ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Acer BS 320 1

Desain Acer BS-320

Acer BS 320 3
Di sektor desain Acer BS-320 tergolong standar. Desainnya sederhana dan ringkas. Jadi, mudah untuk dipindah tempatkan dan ideal diajak mobilitas. Bobotnya juga relatif ringan. Hanya sekitar 2,4 Kg. Dalam paket pembeliannya juga sudah termasuk tas khusus untuk menyimpan dan membawanya dengan mudah.

Acer BS 320 2

Proyektor ini belum mendukung fitur fokus otomatis. Pengaturan fokus bisa diakses lewat cincin fokus di bagian atas. Cincin pengaturan fokusnya juga ditemani dengan cincin pengaturan untuk melakukan zoom.

Acer BS 320 4

Bergeser sedikit ke bawah bisa ditemukan sederetan tombol untuk akses menu dan navigasi. Semua tombolnya ini cukup empuk dan nyaman untuk ditekan.

Acer BS 320 8

Port konektivitas yang dibawanya cukup lengkap dan sangat mudah diakses di bagian belakang bodinya. Port yang dibawanya ini terdiri dari satu port HDMI, USB (Mini-B), audio input (mini jack), audio output, VGA-in dan VGA-out.

Acer BS 320 6

Di bagian bawah bodinya tersedia dua kaki untuk mengatur ketinggian dan sudut gambar yang ditampilkan. Untuk memproykesikan gambar proyektor ini mengandalkan lampu LED dengan tingkat kecerahan 3800 ANSI Lumens. Di bagian depan lampunya tersebut tersedia fitur penutup untuk melindunginya dari debu dan kotoran.

Acer BS 320 5

Performa Acer BS-320

Perlu dicatat Acer BS-320 bukan termasuk proyektor jarak pendek. Dari pengujian kami jarak tembak minimumnya ke tembok sekitar 1 meter untuk mendapatkan tampilan dengan ukuran sekitar 27 inci.

Tampilan yang lebih besar bisa didapatkan dari jarak sekitar 3 meter untuk ukuran sekitar 80 atau 90 inci. Ini menjadikannya cukup ideal untuk penggunaan di dalam ruangan yang tidak terlalu luas. Anda juga bisa memanfaatkan fitur zoom dan mengatur jarak tembaknya untuk mendapatkan ukuran gambar yang sesuai selera.

IMG 20210410 225257

Gambar yang dihasilkan juga memuaskan. Tingkat kecerahannya yang mencapai 3800 ANSI Lumens termasuk terang untuk penggunaan di ruangan yang temaram. Mendukung resolusi maksimum 1920 x 1200 pixel dengan rasio aspek 16:10 gambarnya juga terlihat jelas dan tajam. Warna yang dihasilkan pun cemerlang dan konsisten berkat dukungan teknologi Acer Color Safe II.

Anda juga tidak perlu repot menghubungkannya ke sistem audio. Pasalnya, proyektor ini telah dilengkapi dengan speaker terintegrasi. Selain itu, tingkat kebisingannya juga relatif rendah. Ideal untuk beragam kebutuhan dari presentasi, menikmati konten multimedia hingga bermain game.

Fitur Acer BS-320

Untuk fitur Acer BS-320 bisa diakses lewat menu pengaturannya. Antarmuka menu pengaturan tergolong sederhana dan sangat mudah digunakan. Untuk mempermudah Acer juga menyediakan aksesoris remot kendali yang bisa digunakan untuk melakukan pengaturan.

Untuk pengaturan output warna proyektor ini didukung fitur Lumisense. Fitur ini secara otomatis bisa mengatur tingkat kecerahan dan saturasi warna. LumiSense juga menyediakan opsi Dynamic Black yang akan mendongkrak tonal warna hitam agar terlihat lebih pekat.

Tersedia juga mode Display yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Mode Display menawarkan preset pengaturan untuk beragam kebutuhan dari presentasi, standar, video, game, dll.

Untuk pengaturan manual juga tersedia opsi pengaturan orientasi, tingkat kecerahan, temperatur warna, ketajaman, kontras, saturasi, Gamma, dan Warna tembok yang bisa dipilih sesuai selera.

Tidak ketinggalan, proyektor ini telah mendukung fitur BluelightShield untuk meminimalkan cahaya biru yang berbahaya untuk mata. Hadir juga dukungan fitur keystone otomatis atau manual untuk melakukan koreksi distorsi pada visual. Selain itu, tersedia dukungan teknologi DLP 3D untuk memutar konten 3D.

Untuk daya tahan lampu LED bisa disesuaikan dengan mode yang tersedia. Di mode Normal lampu LED tersebut bisa bertahan hingga sekitar 5000 jam, 10.000 jam di mode Ekonomi dan hingga 15.000 di mode ExtremeEco.

Kesimpulan

Di tengah tren bekerja dan belajar dari rumah, Acer BS-320 bisa dijadikan solusi untuk mendapatkan tampilan visual yang lebih besar. Proyektor ini juga bisa diandalkan untuk sistem hiburan saat di rumah saja. Fitur yang dibawanya memang tergolong sederhana. Tapi, sudah cukup mumpuni untuk memenuhi beragam kebutuhan dari presentasi, belajar atau menikmati konten multimedia. Dengan harga jual sekitar 5,5 juta Rupiah, Acer BS-320 kami rekomendasikan untuk siapa saja yang membutuhkan proyektor serba bisa dengan tingkat kecerahan tinggi, mudah digunakan dan daya tahan lampu LED yang tahan lama.

Acer BS-320 cocok untuk:

Penggemar film: Gambarnya yang tajam dan warna yang cemerlang menjadikannya sangat nyaman untuk menikmati konten film di resolusi tinggi seperti misalnya dari Netflix atau layanan streaming lain.

Pekerja kantoran dan pelajar: Dengan tingkat kecerahan dan kontras warna yang tinggi proyektor ini sangat bisa diandalkan untuk presentasi.

Kelebihan Acer BS-320:
+ Desain Ringkas
+ Pengoperasian mudah
+ Lampu LED tahan lama
+ Tingkat kecerahan tinggi
+ Hasil gambar tajam dan warna cemerlang
+ Relatif senyap
+ Dilengkapi speaker

Kekurangan Acer BS-320
– Belum mendukung fitur pengaturan fokus otomatis
– Speaker kurang bertenaga

Acer BS-320 kami rekomendasikan untuk siapa saja yang membutuhkan proyektor serba bisa dengan tingkat kecerahan tinggi, mudah digunakan dan daya tahan lampu LED yang tahan lama.
4

Your email address will not be published.

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score