Sony WF-1000XM4: Earbud Nirkabel Pertama Sony dengan LDAC

Sony resmi mengumumkan earbud nirkabel WF-1000XM4. Earbud nirkabel teranyarnya ini adalah suksesor WF-1000XM3 yang meluncur di pasaran tahun 2019 lalu.

svg%3E

Fitur Sony WF-1000XM4

Ada cukup banyak pembaruan yang dibawanya. Di sektor desain WF-1000XM4 kini lebih ringkas. Dimensi modul earbud-nya 10% lebih kecil jika dibandingkan WF-1000XM3. Sementara, dimensi case pelindungnya 40% lebih kecil. Dengan begitu, earbud nirkabel ini akan semakin mudah dibawa berpergian. Rancangannya juga sudah tahan keringat dan cipratan air dengan peringkat IPX4. Jadi, bisa diandalkan sebagai teman olahraga.

Untuk menghasilkan suara WF-1000XM4 mengandalkan driver suara berukuran 6mm dengan neodymium magnet. Klaim Sony pembaruan drivernya tersebut menjanjikan suara bass yang lebih bertenaga. Sony juga melengkapinya dengan chip Integrated Processor V1. Berkat prosesor tersebut WF-1000XM4 menjadi earbud nirkabel Sony pertama yang mendukung LDAC untuk streaming audio resolusi tinggi 32-bit/96kHz lewat koneksi Bluetooth. Prosesor tersebut juga meningkatkan kemampuan fitur penangkal bising aktifnya.

svg%3E

svg%3E

Fitur Sony WF-1000XM4 menarik lainnya adalah dukungan teknologi Edge-AI dan DSEE Extreme. Teknologi ini memunginkan kualitas musik digital yang telah dikompres bisa ditingkatkan mendekati kualitas audio resolusi tinggi secara real time.

Fitur Adapative Sound Control juga tersedia. Fitur ini memungkinkan pengaturan suara bisa menyesuaikan keadaan suara dari lingkungan sekitar. Saat Anda bicara musik yang diputar juga bisa langsung dihentikan sementara secara otomatis berkat fitur Speak To Chat. Sebagai pelengkap Sony menghadirkan aplikasi Sony Headphone Connect app untuk mempermudah pengguna melakukan pengaturan.

svg%3E

Untuk menemani aktivitas Anda baterai Sony WF-1000XM4 bisa digunakan hingga sekitar 8 jam dengan fitur penangkal bising aktif. Tambahan waktu guna sekitar 16 jam juga bisa didapatkan lewat case pelindungnya. Untuk isi ulang baterai case pelindungnya tersebut telah mendukung fitur isi ulang nirkabel dengan standar Qi wireless.

Harga Sony WF-1000XM4

Dengan sederetan fitur yang dibawanya earbud nirkabel ini memang akan menjadi pesaing ketat Apple AirPods Pro. Harga Sony WF-1000XM4 US$280 atau sekitar 3,9 Juta Rupiah.