Sony Indonesia Hadirkan X95J dan X90J Series, TV 4K Pertama dengan Cognitive Processor XR

Sony Indonesia hari ini, Selasa (8/6), mengumumkan kehadiran duo TV terbarunya dari keluarga Bravia XR, yakni X95J dan X90J 4K LED. Menurut Sony, keduanya adalah TV pertama di dunia yang dibekali teknologi Cognitive Processor XR. Seperti apa kecanggihannya?

Mengenal teknologi Cognitive Processor XR

svg%3E

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, Sony menjelaskan bahwa teknologi Cognitive Processor XR mampu mendukung metode pemrosesan baru yang melampaui AI konvensional. Sony mengklaim, teknologi ini dirancang untuk meniru cara manusia melihat dan mendengar.

Saat manusia melihat objek, secara tidak sadar mereka akan fokus pada titik-titik tertentu. Cognitive Processor XR dapat mengetahui di mana titik fokus tersebut dengan membagi layar menjadi beberapa zona dan mendeteksi di mana letak “titik fokus” di dalam gambar.

Kalau AI konvensional hanya dapat mendeteksi dan menganalisis elemen gambar seperti warna, kontras dan detail secara individual, Cognitive Processor XR dapat menganalisis silang berbagai elemen sekaligus, seperti yang dilakukan otak kita. Dengan begitu, setiap elemen akan mendapat hasil akhir terbaiknya serta tersinkronisasi satu sama lain hingga tampak seperti aslinya.

svg%3E

Yang lebih menarik, Cognitive Processor XR juga mampu menganalisis posisi suara dalam sinyal dan output untuk mencapai kecocokan yang tepat dengan aksi pada layar. Bahkan, Sony mengklaim prosesor ini bisa mengubah suara apapun menjadi surround sound 3D.

“Tujuan utama Sony adalah menawarkan pengalaman menonton terbaik dan paling nyata di kelasnya dengan teknologi yang berkembang, serta layar besar premium yang dapat menyampaikan maksud sebenarnya dari para kreator dengan sempurna,” kata Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia.

svg%3E

Fitur Sony X95J dan X90J 4K LED

Untuk fitur lainnya, Sony X95J dan X90J 4K LED sama-sama mengusung Google TV sebagai antarmukanya. Keduanya juga sudah didukung HDMI 2.1 dan e-ARC, Variable Refresh Rate (VRR), Auto Low Latency Mode (ALLM), termasuk kemampuan untuk menampilkan konten resolusi 4K di 120 fps.

svg%3E

Itulah alasan Sony menyebut X95J dan X90J 4K LED sebagai jajaran TV yang ideal untuk dipasangkan dengan konsol generasi terbaru seperti PlayStation 5. Input lag-nya rendah, dan telah didukung mode Bravia Game yang secara otomatis aktif ketika pengguna bermain game.

Sony X95J tersedia dalam ukuran 85 inci, dengan panel Full Array LED, XR Triluminos Pro dan XR Contrast Booster untuk menghasilkan hitam yang lebih pekat dan kecerahan yang lebih baik. Selain itu, ada pula dukungan Dolby Vision, Dolby Atmos, X-Anti Reflection untuk meminimalisir pantulan, serta teknologi XR 4K Upscaling. Desainnya minimalis dengan bezel Seamless Edge yang super tipis.

Seri Sony X90J juga dibekali beberapa fitur yang kurang lebih mirip dengan X95J, termasuk HDMI 2.1 untuk 4K 120fps, e-ARC, Variable Refresh Rate (VRR) dan Auto Low Latency Mode (ALLM). Hanya saja, pilihan ukurannya lebih beragam, yaitu mulai dari 55 inci, 65 inci, hingga 75 inci.

svg%3E

Harga dan ketersediaan

Walaupun sudah memastikan akan memboyong Sony X95J 4K LED ke Indonesia, sayangnya Sony belum mengumumkan kapan kedua produk tersebut akan dijual dan berapa harganya nanti. Kita tunggu saja update-nya dalam waktu dekat!

Sedangkan untuk Sony X90J Series, harganya mulai dari Rp16.999.000 untuk model 55 inci, Rp25.999.000 untuk model 65 inci, dan Rp39.999.000 untuk model 75 inci. Klik tautan berikut ini untuk mengetahui lebih jauh tentang rangkaian TV Sony di Indonesia.

Verified by MonsterInsights