Quantcast
Gadget GuideMobile GadgetSmartphone

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A52

Samsung Galaxy A52 merupakan opsi yang menarik bagi Anda yang mencari ponsel kelas menengah dengan fitur cukup lengkap dan bodi tahan air. Bisa dibilang, ketahanannya terhadap air dan debu sekaligus menjadi pembeda dengan kebanyakan perangkat lainnya di kelas harga setara.

Nah, jika Anda berminat menjadikan Samsung Galaxy A52 sebagai target belanja Anda tahun ini, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Samsung Galaxy A52

1. Desain stylish dengan rating IP67

Samsung Galaxy A52 1

Galaxy A52 terlihat lebih fresh dan stylish dalam balutan warna Awesome Blue, Awesome Violet, Awesome Black, dan Awesome White. Smartphone ini mengusung material polikarbonat dengan finishing matte yang membuatnya terasa nyaman ketika bersentuhan dengan kulit. Bodinya juga tidak licin dan tidak mudah kotor oleh bekas jari.

Yang membuatnya menarik di kelasnya, Samsung Galaxy A52 sudah memiliki rating IP67 yang artinya tahan air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Seperti diketahui, beberapa ponsel di kisaran harga yang sama kebanyakan belum tahan air.

2. Layar Super AMOLED 90Hz

Samsung Galaxy A52 Awesome Blue 1

Samsung Galaxy A52 dibekali layar Infinity-O Super AMOLED berukuran 6,5 inci Full HD+ dengan tingkat kecerahan hingga 800 nits. Yang menarik, kini Samsung menggunakan layar dengan refresh rate 90Hz. Kombinasi yang cukup menggiurkan untuk memberikan sajian konten yang memanjakan mata.

3. Hasil foto dan video kamera utama tergolong bagus

Smartphone ini mengandalkan kamera utama 64 megapixel f/1.8 lengkap dengan OIS, yang ditemani kamera ultra-wide 12 megapixel, kamera makro 5 megapixel, dan depth sensor 5 megapixel.

Portrait Galaxy A52

Mode Auto Galaxy A52 (7)

Night Mode Galaxy A52 (2)

Hasil foto kamera utamanya cukup bagus di kelasnya, dengan dynamic range yang luas dan tangkapan gambar tajam berkat dukungan OIS. Warnanya juga terlihat hidup dengan saturasi yang sedikit diangkat tapi tidak berlebihan.

Untuk low light, kalau menggunakan kamera utama dengan mode malam, hasil fotonya masih terbilang oke untuk Anda pamerkan ke media sosial. Soal perekaman video, kamera Galaxy A52 mendukung hingga resolusi 4K 30fps. Namun kalau Anda menginginkan hasil rekaman yang lebih stabil, gunakan resolusi 1080p. Jika akan merekam dengan gerakan yang agak ekstrem, aktifkan Super Steady.

4. Kamera ultra-wide didukung Night Mode

Seperti disebutkan di atas, Samsung Galaxy A52 memiliki kamera ultra-wide 12 megapixel. Yang menarik, kamera ini juga sudah didukung Night Mode untuk meningkatkan kualitas fotonya saat memotret di malam hari. Memang tidak sebaik kamera utama, tapi setidaknya, ada peningkatan dibanding tanpa Night Mode.

Night Mode Ultra-Wide Galaxy 52

5. Kamera selfie oke, bisa merekam video 4K 30fps

Bagi yang gemar selfie, kamera depan 32 megapixel mampu menangkap gambar dengan tajam dan natural. Untuk video pun oke dan bisa hingga resolusi 4K di 30fps.

6. Kinerja mulus

Performa Samsung Galaxy A52 didukung chipset Qualcomm Snapdragon 720G dengan RAM 8 GB, serta storage 128 GB atau 256 GB. Perpaduan yang sudah mencukupi untuk menunjang beragam kebutuhan, termasuk bermain games.

7. Baterai awet

Untuk baterai, Samsung membenamkan kapasitas 4.500 mAh dan tidak lupa disertai teknologi fast charging 25W. Daya tahan baterainya tergolong cukup baik dan dapat menemani aktivitas seharian penuh.

8. Ada NFC

Butuh NFC? Ada!

Kekurangan Samsung Galaxy A52

1. Slot hybrid

Meski tersedia hingga kapasitas 256 GB, akan lebih menarik jika Samsung tetap memberikan slot microSD terpisah, bukan hybrid alias harus mengorbankan SIM-2. Dengan slot terpisah, pengguna bisa lebih leluasa untuk mengatur penyimpanan data sesuai kebutuhan dengan tetap mengaktifkan kedua nomor SIM card-nya.

Samsung Galaxy A52 Awesome Blue 4

2. Charger bawaan hanya 15W

Walaupun mendukung 25W, sayangnya charger bawaan dalam paket penjualannya hanya 15W saja. Dengan charger bawaan ini, butuh waktu sekitar 2 jam untuk terisi penuh 100 persen.

3. Chipset belum sekencang pesaingnya

Walaupun secara performa masih bisa diandalkan untuk berbagai hal, di kelas harganya chipset Galaxy A52 masih tertinggal oleh beberapa pesaingnya. Jadi kalau Anda mencari performa yang paling kencang di kisaran 5 juta rupiah, Galaxy A52 bukan salah satunya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy A52. Smartphone dijual dengan harga Rp4.999.000 untuk varian 8/128 GB, dan Rp5.399.000 untuk varian 8/256 GB.

Artikel terkait

7 komentar

  1. Buat sya krn hasil jepretan kamera d smsung A52 ini tdk sebagus seri A yg lalu . kok gitu… Pdhl trgilong mhal lohh hrgx 5 jutaan.

    1. kalau mau HP camera belinya Oppo atau Vivo mbak, jangan samsung, kalau perlu beli Camera SONY sekalian

  2. Lama chargenya.naik 1% butuh 2,5menit. Ini dalam keadaan hp tdk sedang digunakan. Jika sedang digunakan sambil charge bis lbh lama.
    Kabel chargernya juga pendek sekali 90cm.
    Sensor fingerprint didepan layar kurang sensitif.sering sekali
    bbrp kali gagal br bisa buka.

    1. Itu gk bener pasang Chargernya, sama kalau bisa beli yg 25W dengan kabel C to C, masa belum pakai dan pelajari udah komplain dan menyesal, aneh anda ni

    2. Coba atur ulang fingerprintnya, pas ngatur jangan asal TAP2 jempol, kalau masih gk bisa, coba periksa ke dokter Jempol anda, apakah memiliki sidik jari atau tidak.

Back to top button