Apple Buka Akses FaceTime Untuk Pengguna Android dan Windows

Komunikasi secara virtual lewat aplikasi konferensi video telah menjadi kebiasaan baru di masa pandemi COVID-19. Nah, di ajang WWDC 2021 Apple akhirnya resmi membuka akses FaceTime untuk pengguna Android dan Windows.

svg%3E

Facetime untuk pengguna Android dan Windows

Langkah ini jelas menjadi kabar baik. Pasalnya, FaceTime sebelumnya memang sangat ekslusif hanya untuk pengguna perangkat Apple saja. Dengan hadirnya dukungan FaceTime untuk pengguna Android dan Windows, setidaknya Apple kini bisa bersaing dengan Zoom, Google dan Microsoft yang platformnya telah populer lebih dulu untuk konferensi video.

svg%3E

Sayangnya, meski akses sudah dibuka masih ada beberapa keterbatasan yang akan dijumpai pengguna. Pengguna Android dan Windows tidak bisa memulai panggilan atau konferensi video langsung dengan FaceTime. Ini karena Apple tidak menyediakan aplikasi FaceTime untuk Android dan Windows. Menurut Apple, pengguna Android dan Windows hanya diijinkan untuk bergabung panggilan FaceTime saja.

svg%3E

Panggilan FaceTime tetap wajib dimulai dari perangkat Apple. Pengguna yang memulai panggilan atau host bisa mengirimkan tautan kepada pengguna Android dan Windows. Kemudian, tautan tersebut dibuka lewat peramban dan panggilan FaceTime bisa berlangsung.

Fitur FaceTime

Kompatibilitas FaceTime untuk pengguna Android dan Windows ini akan memulai debut di iOS 15 dan iPad OS 15. Apple juga menghadirkan pembaruan fitur pada FaceTime untuk iOS 15. Beberapa fitur barunya seperti tampilan grid seperti aplikasi Zoom, mendukung mode Portrait dengan fitur blur pada latar, dan peningkatan pada sektor audio. FaceTime kini mendukung fitur Spatial Audio, isolasi suara untuk suara panggilan yang lebih jernih dan Wide Spectrum yang memungkinkan mikrofon untuk menangkap semua suara dari lingkungan sekitar.

svg%3E

Fitur menarik lainnya Apple juga menghadirkan dukungan SharePlay. Lewat fitur ini pengguna dimungkinkan untuk saling berbagi layar video atau musik yang diputar saat panggilan FaceTime berlangsung ke sesama pengguna lain. Fitur ini didukung layanan streaming Apple, dan layanan lain seperti Hulu, Disney+ dan HBO Max. SharePlay juga mendukung fitur Screen Sharing untuk berbagi tampilan layar ke semua partisipan FaceTime meski menggunakan perangkat Apple yang berbeda.

Verified by MonsterInsights