Quantcast
NewsFuture TechOtomotifTech News

[Computex 2021] Gandeng AMD, Tesla Siapkan Mobil Elektrik dengan Sistem Hiburan Setara Playstation 5

Kejutan lain dari AMD di Computex 2021 adalah pengumuman kerjasama dengan pabrikan mobil yang digawangi oleh Elon Musk, Tesla. Lewat kerjasama ini Tesla akan menghadirkan sistem hiburan setara konsol game Next-Gen di dalam kabin mobil teranyarnya menggunakan teknologi AMD.

TESLA AMD Ryzen 1

Tesla Model X dan Model S dengan prosesor AMD

Mobil Tesla yang akan ditenagai prosesor dan kartu grafis AMD ini adalah Tesla Model X dan Model S terbaru. Dari pihak AMD ataupun Tesla belum ada yang membocorkan lebih detil prosesor apa yang digunakan. Kendati demikian, AMD hanya memberikan informasi prosesor yang digunakan adalah Ryzen dan kartu grafis diskrit dengan arsitektur RDNA 2. Hasilnya, menurut cuitan Elon Mask di Twitter sistem hiburan dengan teknologi AMD ini akan mampu menghadirkan performa gaming dan hiburan setara konsol Playstation 5.

TESLA AMD Ryzen 2

Hal ini tentu akan menjadi standar baru sistem hiburan di dalam kabin mobil. Pasalnya, selama ini sistem hiburan di mobil memang terbatas.  Seperti misalnya untuk mendengarkan musik, memutar video hingga navigasi dengan sistem GPS saja.

Walau begitu, satu hal yang perlu digaris bawahi tentu saja apa platform dan sistem operasi yang dijalankan. Meski membawa performa bertenaga dan sanggup mengakomodir sederetan judul game AAA, jika sistem operasi tidak mendukung tentu semua itu akan sangat percuma.

Untuk mengantisipasi hal tersebut Tesla dikatakan akan mengembangkan platform sendiri. Platform tersebut nantinya memang akan khusus difokuskan untuk gaming. Dengan menggunakan platform sendiri tentu Tesla akan bisa lebih mengoptimalkan semua potensi dari teknologi AMD.

TESLA AMD Ryzen 3

Ide ini jelas tidak mustahil untuk diwujudkan. Pasalnya, mirip dengan Playstation 5 yang memang menggunakan teknologi AMD dan menjalankan platformnya sendiri.

Sayangnya, sistem hiburan dengan performa gaming bertenaga ini memang bukan hal yang murah. Harga mobil Tesla saja ada di kisaran US$74000 atau sekitar 1 miliar Rupiah.

Artikel terkait

Back to top button