Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

OPPO Ceritakan Proses Pembuatan Desain Find X3 Pro 5G

Menjelang peluncuran Find X3 Pro 5G di Indonesia, OPPO kembali mengungkap rahasia dibalik pembuatan ponsel flagship terbarunya itu. Kali ini, OPPO menceritakan proses ketika merancang desain Find X3 Pro 5G dan bagaimana akhirnya bisa menghasilkan kaca dengan kurva mulus yang sekilas terlihat sederhana, tapi sesungguhnya amat kompleks.

Proses merancang desain OPPO Find X3 Pro 5G

Rancangan desain OPPO Find X3 Pro 5G 3

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, Selasa (1/6), OPPO menjelaskan bahwa desain Find X3 Pro 5G memvisualisasikan estetika yang futuristik dengan konsep alam semesta. Selain ramping, yang paling inovatif adalah penggunaan kaca kurva mulus dengan 2.000 titik kontrol yang terpasang pada bodinya.

“Perangkat ini memiliki kaca layar berbentuk melengkung organik yang menjadikannya sebuah perangkat dengan desain inovatif dan nyaman digenggam. OPPO Find X3 Pro 5G adalah mahakarya yang terbuat dari sepotong kaca berbentuk kurva mulus nan cantik yang terinspirasi dari tema luar angkasa,” kata Patrick Owen, Chief Creative Officer OPPO Indonesia.

Patrick menambahkan, bagian yang terbaik dari desain Find X3 Pro 5G adalah kaca melengkung yang mengelilingi kamera ganda. OPPO menyebutnya Gradient Arc dan diklaim sebagai rancangan desain untuk menciptakan tampilan yang belum pernah ada sebelumnya.

Sebelum merancang perangkat, desainer OPPO terlebih dahulu membuat sketsa kurva dan busur cembung yang terdapat pada bagian kiri dan atas holder kamera, serta bagian bawah dan kanannya. Area atas, dijuluki ‘permukaan matahari’, menawarkan transisi yang mulus, sedangkan sebaliknya, area bayangan membentuk transisi dari bagian belakang ponsel yang datar itu sendiri.

Rancangan desain OPPO Find X3 Pro 5G 4

Yang menarik, kurva yang mengelilingi kamera ini tidak dapat digambar dengan software menggambar biasa. Ibarat berjabat tangan tiga orang pada waktu yang sama, tidak mungkin menciptakan desain dan kreasi ini dengan pola pikir tradisional.

Apabila hanya bergantung pada metode tradisional, kurva yang dihasilkan tidak akan memiliki bentuk yang seragam dengan ukuran lengkungan yang tidak sama dan bisa menyebabkan permukaan belakang OPPO Find X3 Pro 5G menghasilkan pantulan cahaya yang berantakan.

 

UV Point Mapping

Rancangan desain OPPO Find X3 Pro 5G 5

Menurut OPPO, kurva yang sempurna pada bagian kaca belakang dibuat dengan proses UV Point Mapping dengan memproyeksikan gambar 2D ke permukaan 3D. Para desainer kemudian menciptakan rancangan 3D kurva yang memiliki lebih dari 2.000 titik individu.

Tantangan utamanya adalah mengukur kurva yang tepat. OPPO menjelaskan, mengukur minute defect dan distortion pada bentuk kurva dengan detil mikroskopis tidak mudah. Dengan menggunakan metode teknologi canggih yang digunakan dalam industri otomotif mobil yang disebut sebagai zebra analysis detection method, OPPO mampu memproyeksikan garis lengkungan yang akurat pada bagian kaca perangkat untuk menciptakan permukaan yang halus.

Rancangan desain OPPO Find X3 Pro 5G 2

Mencetak kaca dengan metode hot-forging

Hot-forging adalah metode mencetak kaca yang sebelumnya digunakan untuk membuat OPPO Find X2 Pro versi Lamborghini. Hasilnya adalah keberhasilan menciptakan lekukan yang meniru bentuk dari Aventador SVJ Roadster.

Namun teknik seperti ini perlu dikembangkan lebih lanjut untuk merancang OPPO Find X3 Pro 5G. Dalam proses pembuatan cetakan casing konvesional, biasanya proses ini dilakukan sebanyak 20 kali sebelum kami mendapatkan hasil yang diinginkan Namun, dalam desain kaca kompleks pada OPPO Find X3 Pro 5G, pembuatan cetakan dilakukan hingga 100 kali hanya untuk mendapatkan bentuk lengkungan yang sempurna.

Setelah itu, cetakan dimasukkan bersamaan dengan kaca ke dalam tungku tempa dengan panas 700 derajat, untuk kemudian ditekan di dalam mesin die-casting agar membentuk kurva yang diinginkan.

OPPO Find X3 Pro 5G 2

Anti air dengan sertifikasi IP68

OPPO Find X3 Pro 5G hadir dengan finishing matte dan anti-glare yang dijanjikan tidak hanya halus digenggaman, tetapi juga mampu meminimalisir noda sidik jari sehingga tetap tampak bersih. Smartphone ini tersebut dalam pilihan warna Gloss Black dan Blue, serta sudah mengantongi sertifikasi IP68 yang artinya tahan air dan debu. Penasaran? Tunggu kehadiran OPPO Find X3 Pro 5G di Indonesia dalam waktu dekat!

Artikel terkait

Back to top button