Quantcast
NewsAksesoris Foto & VideoFoto & VideoGadget GuideProduct News

5 Mikrofon Wireless Ringkas Terbaik Untuk Membuat Konten Video

Kualitas audio dari mikrofon internal kamera kemampuannya memang terbatas. Untuk itulah agar hasil rekaman audio lebih baik diperlukan tambahan mikrofon eksternal.

rode wireless go 2

Mikrofon eksternal untuk kamera saat ini hadir dengan banyak model. Tapi, yang paling menarik adalah mikrofon eksternal yang telah mengadopsi koneksi wireless. Selain lebih praktis dan tidak akan repot dengan urusan kabel, keunggulannya yang lain adalah rancangan yang sangat ringkas. Jadi, lebih mudah dibawa berpegian

Berikut lima pilihan mikrofon wireless ringkas yang bisa dipilih untuk mendukung perekaman video dengan kamera DSLR atau mirrorless.

1. RODE Wireless Go 2 / RODE Wireless Go
RODE Wireless Go II
RODE Wireless Go adalah pelopor mikrofon wireless ringkas. Di pasaran saat ini Anda bisa pilih generasi pertama atau keduanya.

Keduanya hanya beda di fitur. Di Paketan Wireless Go II bisa ditemukan tiga modul. Modulnya terdiri dari dua modul transmitter dan satu modul receiver dua kanal. Sementara, Wireless Go hanya satu transmitter dan satu modul receiver.

Dengan rancangan receiver dua kanal ini artinya Wireless Go II bisa merekam dari dua sumber suara yang berbeda secara bersamaan. Fitur lain, Wireless Go II dilengkapi ruang penyimpanan. Jadi, pengguna bisa menyimpan rekaman audio dengan kompresi selama 24 jam atau tanpa kompresi untuk durasi 7 jam.

Harga RODE Wireless Go 2 5 jutaan Rupiah dan harga RODE Wireless Go sekitar 2 jutaan Rupiah.

2. SYNCO-G1(A2)
Synco G1 A2 3
SYNCO-G1(A2) mengadopsi desain yang mirip RODE Wireless Go. Bedanya, mikrofon ini tidak membawa layar LCD dan hanya mengandalkan indikator LED.

Bobot SYNCO WAir-G1-A2 juga sedikit lebih berat yakni sekitar 35 gram. Untuk kemampuan terhubung SYNCO-G1(A2) bisa terhubung hingga jarak 50 meter. Cukup lumayan walau belum bisa menyamai RODE Wireless Go yang bisa terhubung hingga jarak 70 meter.

Jika berminat harga SYNCO-G1(A2) sekitar 1,7 Juta Rupiah.

3. Saramonic Blink 500
Saramonic Blink 500 1

Saramonic Blink 500 hadir dengan desain yang sedikit berbeda dengan RODE Wireless Go dan SYNCO-G1 (A2). Mikrofon ini bisa terhubung ke kamera hingga jarak 50 meter di ruangan terbuka.

Fitur menarik lain Saramonic Blink 500 mendukung dual-channel receiver. Satu receiver bisa digunakan untuk merekam audio dari dua kanal berbeda. Jadi, pengguna bisa lebih hemat dan tidak perlu membeli dua mikrofon untuk merekam suara dari dua sumber berbeda.

Saramonic Blink 500 tersedia dengan beberapa paket. Paling murah harga Saramonic Blink 500 dengan receiver lightning untuk iPhone/iPad harganya mulai sekitar 1,8 Juta Rupiah. Model standar dengan receiver untuk DSLR atau mirrorless harganya mulai 2 jutaan Rupiah.

4. BOYA BY-WM3U
BOYA BY WM3U 4
BOYA BY-WM3U hadir dengan rancangan yang paling ringkas dan fleksibel. Modul transmitter dan receivernya hanya sebesar baterai AAA. Fleksibilitas yang ditawarkan mikrofon ini adalah kompatibilitasnya dengan banyak perangkat.

BOYA melengkapinya dengan beragam model adapter. Adapter yang dibawanya terdiri dari adapter USB-C, 3.5mm TRS dan 3.5mm TRSS. Dengan begitu, mikrofon ini bisa digunakan ke smartphone, tablet, laptop, kamera DSLR, Mirrorless dan kamera video. Semua adapter tersebut mengusung model magnetik. Jadi, bisa dilepas pasang dengan sangat mudah.

Harga BOYA BY-WM3U sekitar 1,99 Juta Rupiah.

5. Hollyland Lark 150 Clipon
Hollyland LARK 150 Solo Wireless Microphone System 1
Di antara semua mikrofon wireless yang kami rekomendasikan, Hollyland Lark 150 Clipon hadir dengan membawa sederetan fitur yang canggih.

Mikrofon ini dilengkapi fitur Fast Auto-Pairing untuk proses pairing otomatis yang sangat singkat. Kemudian, hadir fitur DSP untuk menangkal suara bising agar hasil rekaman audio lebih jernih. Mikrofonnya juga dirancang dengan fitur anti getar. Kemampuan terhubung mikrofon dan receivernya juga paling jauh.  Hingga sekitar 99 meter dengan tingkat latensi sangat rendah hanya sekitar 5 milidetik.

Hollyland LARK 150 tersedia dengan dua opsi yakni Hollyland LARK 150 Solo Wireless Microphone System dan Dual Wireless Microphone System. Model Solo hadir dengan satu modul receiver dan satu modul mikrofon. Untuk dual membawa dua modul mikrofon dan satu receiver.

Harga Hollyland LARK 150 Solo Wireless Microphone System 2,79 Juta Rupiah dan Dual Wireless Microphone System harganya 4,19 Juta Rupiah.

Artikel terkait

Back to top button