Quantcast
Gadget GuideMobile GadgetSmartphone

Kelebihan dan Kekurangan vivo X60 Pro

Memiliki ponsel dengan kamera flagship kini tidak lagi mewajibkan Anda merogoh kocek super dalam. Dengan dana tak sampai 10 juta rupiah, salah satu pilihan paling menggiurkan adalah vivo X60 Pro yang dibekali kamera hasil kolaborasi dengan ZEISS, produsen optik ternama asal Jerman.

Nah, untuk Anda yang tertarik dengan kemampuan kamera ponsel ini dan berencana meminangnya dalam waktu dekat, langsung saja simak apa saja kelebihan dan kekurangan dari vivo X60 Pro:

Kelebihan vivo X60 Pro

1. Bodi ramping dan ringan

vivo X60 Pro Midnight Black 3

vivo X60 Pro merupakan smartphone yang ramping dengan ketebalan hanya 7,6mm dan bobot 176 gram. Tampilannya elegan dengan finishing yang tidak gampang kotor oleh bekas jari. vivo menyediakan dua pilihan warna yang premium, yakni Midnight Black dan Shimmer Blue.

2. Layar AMOLED 120Hz

Ponsel mengandalkan panel AMOLED berukuran 6,56 inci Full HD+ dengan refresh rate hingga 120Hz. Ada fungsi Smart Switch untuk pengaturan refresh rate secara otomatis antara 60Hz atau 120Hz. Kualitas layarnya amat baik dan tingkat kecerahannya pun tinggi.

Vivo X60 Pro Midnight Black 4

3. Kamera ZEISS untuk berbagai kondisi pemotretan

Kamera utama vivo X60 Pro mengusung sensor 48 megapixel f/1.48. Sesuai harapan, hasil foto dari kamera utama vivo X60 Pro tampak bagus. Detail yang ditangkap tinggi, terutama di kondisi cahaya yang ideal. Karakter warna yang dihasilkannya cenderung vivid, jadi terlihat matang dan hidup tapi juga tidak berlebihan.

Dynamic range-nya luas. Anda tetap bisa mendapatkan foto yang terang bahkan ketika menantang cahaya langsung. Tanpa perlu mengaktifkan mode portrait karena Anda bisa mendapatkan foto dengan bokeh yang natural dan rapi menggunakan kamera utamanya. Dan jika kamera mendeteksi obyek manusia, barulah kamera menyarankan mode portrait.

IMG_20210415_090742

Efek Biotar vivo X60 Pro

IMG_20210415_090138

Portrait vivo X60 Pro

Ingat, karena ini hasil kolaborasi dengan ZEISS, ada efek Biotar yang khas. Anda pun bisa mengatur efek bokehnya setelah foto diambil. Mengabadikan momen di kondisi cahaya yang minim juga terasa cukup memuaskan. Jika tidak terlalu gelap, memotret dengan mode Auto dapat menghasilkan foto yang tajam dan akurat. Sementara ketika butuh bantuan Night Mode, hasilnya pun masih bagus untuk Anda pamerkan ke media sosial.

macro

Selain kamera utama, kamera ultra-wide dan makro pada vivo X60 Pro juga mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang amat baik di kelasnya.

4. Kamera selfie oke

Selfie vivo X60 Pro

Kamera selfie-nya pun punya kualitas yang patut diacungi jempol. Bahkan, masih mampu untuk menangkap obyek utama dan background dengan baik ketika menghadapi backlight yang sangat terang.

5. Dukungan Gimbal Stabilization 2.0

standar stabilization

Satu kata untuk fitur Gimbal Stabilization 2.0: mantap! Ya, tingkat kestabilannya amat memuaskan bahkan ketika merekam sambil berlari sekalipun. Bukan cuma itu, vivo X60 Pro juga dapat menciptakan video stabil yang amat baik di kondisi cahaya temaram!

6. Performa kencang

vivo X60 Pro merupakan smartphone pertama di Indonesia yang dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 870. Chipset anyar 7nm yang sudah mendukung jaringan 5G ini ditemani RAM 12 GB LPDDR5 dan storage 256 GB dengan teknologi UFS 3.1. Tidak heran jika vivo X60 Pro mampu memberikan kinerja yang super mulus untuk berbagai kebutuhan, termasuk gaming.

7. Baterai tergolong awet dan charging cepat

Untuk daya tahan baterai, kapasitas 4.200 mAh cukup mampu menemani aktivitas saya sejak pagi hingga malam hari dengan gaya pemakaian normal. Menggunakan refresh rate di 60Hz akan lebih ideal untuk Anda yang punya gaya pemakaian lebih intens, karena mengaktifkan mode 120Hz jelas lebih menguras baterai. Fast charging? 33W sudah cukup cepat. Sekitar 1 jam untuk bisa terisi penuh.

Vivo X60 Pro Midnight Black 2

8. Ada NFC

Butuh NFC? Jangan khawatir. Ada!

9. Sudah 5G ready!

Ya. vivo X60 Pro sudah mendukung jaringan 5G, termasuk band 2,3GHz yang digunakan oleh Telkomsel untuk menggelar layanan 5G komersial mereka.

10. Paket penjualan tergolong komplit

Apresiasi tinggi patut diberikan kepada vivo Indonesia yang menyediakan paket penjualan komplit, antara lain charger 33W, converter USB Type-C ke jack 3.5mm, headset tipe XE170, serta casing.

Kekurangan vivo X60 Pro:

1. Sensasi genggaman agak kurang nyaman karena layarnya melengkung (subyektif)

Vivo X60 Pro Midnight Black 3

Ini mungkin akan berbeda-beda setiap orang. Tapi bagi saya sebagai penulis, sensasi genggaman vivo X60 Pro agak kurang nyaman karena layarnya melengkung.

2. Suhu lumayan hangat ketika diajak kerja berat

Sesungguhnya peningkatan suhu pada ponsel ketika sedang melakukan pekerjaan berat seperti gaming merupakan hal yang wajar. Tapi sekadar informasi saja, suhu ‘agak panasnya’ lumayan terasa di area sekitar kamera. Mungkin juga karena bodinya yang tipis.

3. Speaker belum stereo

Tidak seperti kebanyakan ponsel masa kini, vivo X60 Pro belum dibekali speaker stereo.

4. Akan lebih menarik jika tetap menyediakan slot microSD

Untuk Anda yang sering membutuhkan microSD sebagai media penyimpanan ekstra, sayangnya tidak ada slot memori eksternal di vivo X60 Pro.

vivo X60 Pro Midnight Black 2

5. Tidak memiliki sertifikasi tahan air

Beberapa ponsel sudah memiliki sertifikasi tahan air, bahkan yang harganya lebih murah sekalipun. Sayangnya vivo X60 Pro tidak ada IP rating.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan vivo X60 Pro. Smartphone ini dijual dengan harga Rp9.999.000 (12/256 GB).

Artikel terkait

Back to top button