Review ASUS ROG Flow X13

Lewat ROG Mothership yang muncul di tahun 2019 lalu, ASUS berhasil membuktikan PC untuk gaming bisa hadir dengan konsep 2-in-1. Sukses ROG Mothership ternyata tidak membuat ASUS berhenti untuk melakukan inovasi. Sekali lagi ASUS mendobrak segmen laptop gaming dengan meluncurkan ROG Flow X13. Penasaran bagaimana performa laptop gaming konvertibel pertama di dunia ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

svg%3E

Desain ASUS ROG Flow X13

Laptop gaming ini berhasil membuat kami kagum dengan desainnya yang sangat ringkas. Panel layar yang dibawanya berukuran 13.4 inci. Cukup jarang kami menemukan laptop gaming seringkas ini. Pasalnya, kebanyakan laptop gaming saat ini membawa panel layar 15 inci.

Bobotnya juga ringan untuk sebuah laptop gaming. Ketebalan bodinya sekitar 15,7 mm dengan bobot hanya sekitar 1,3 Kg. Dengan dimensinya tersebut ASUS ROG Flow X13 sangat hemat tempat di dalam tas dan ideal diajak bermobilitas.

svg%3E

Bodinya yang serba hitam terlihat premium dengan tekstur garis-garis di seluruh bodinya. Desainnya sangat minimalis tanpa menonjolkan aura gaming yang terlalu mencolok. Ini menjadikannya juga sangat cocok untuk para profesional sebagai teman kerja.

Bodinya yang ramping tidak membawa banyak port konektivitas. Di sisi kiri bodi terdapat port ROG XG Mobile interface yang terdiri dari port PCIe 3.0 x8 dan port USB Type-C 3.2 Gen 2, HDMI 2.0b dan jack audio 3.5mm. Di sisi kanan bodi sejajar dengan tombol power tersedia satu port USB Type-C 3.2 Gen 2 dan satu port USB 3.2 Gen 2 Type-A. Kabar baiknya, dua port USB Type-C 3.2 Gen 2 yang dibawanya mendukung Power Delivery untuk isi ulang baterai dan fungsi Display Port.

Layar ASUS ROG Flow X13

svg%3E
ASUS ROG Flow X13 membawa layar IPS sentuh 13.4 inci yang resolusinya 4K. Respon layarnya dengan sentuhan jari amat baik. Layarnya ini juga mendukung input pena stylus. Dengan rasio aspek 16:10 layarnya terlihat lebih lebar jika dibandingkan laptop 13 inci lain. Engsel layarnya yang bisa diputar 360 derajat juga kokoh. Melipat layarnya ke mode tablet juga bisa dilakukan dengan sangat mudah. Tambahan lain layarnya ini telah diperkuat dengan lapisan Corning Gorilla Glass.

Keunggulan lain panel layarnya juga sangat akurat. Akurasi warnanya telah mendukung cakupan warna sRGB 116% dan DCI-P3 85%. Akurasi warnanya pun telah berhasil mengantongi standar Pantone Validated. Jadi, sangat ideal untuk mendukung kegiatan penciptaan konten seperti penyuntingan foto dan video. Satu yang kurang dari panel layarnya hanyalah refresh rate. Untuk model 4K ini refresh rate yang didukungnya hanya 60 Hz. Bagi yang mengincar refresh rate lebih tinggi ASUS menyediakan opsi dengan panel 120 Hz. Tapi, resolusi layarnya lebih rendah yakni 1920 x 1200 pixel.

Keyboard ASUS ROG Flow X13

svg%3E
Bergeser ke area keyboard ROG Flow X13 membawa keyboard bergaya chiclet. Keyboardnya ini telah dilengkapi dengan lampu backlit berwarna putih untuk mendukung penggunaan di kondisi temaram. Ada tiga tingkatan kecerahan lampu backlit yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.
svg%3E
Keyboard yang dibawanya ini tergolong nyaman digunakan untuk mengetik atau bermain game meski jarak antar tombol relatif berdekatan. Di bagian atas ASUS juga menambahkan empat tombol pintas tambahan untuk pengaturan volume, mikrofon dan ROG Armoury Crate. Untuk area touchpad ukuran touchpad yang dibawanya relatif besar. Touchpad tersebut juga sangat responsif dengan sapuan jari.

Audio ASUS ROG Flow X13

ASUS ROG Flow X13 membawa speaker dengan konfigurasi 2 x 1W dengan dukungan teknologi Smart Amp. Sektor audionya juga masih disokong fitur surround virtual 5.1.2 dengan Dolby Atmos. Untuk output suaranya tergolong baik dan terasa cukup bertenaga. Lebih dari cukup untuk mengakomodir kegiatan gaming dan menikmati konten multimedia.

Fitur ASUS ROG Flow X13

Untuk fitur ASUS ROG Flow X13 di laptop gaming ini bisa ditemukan fitur One Touch Fingerprint yaitu sensor sidik jari di tombol power sebagai fitur pengaman. Fitur menarik lain adalah Armory Crate.

svg%3E

Armory Crate adalah software khusus yang dirancang untuk mempermudah pengguna melakukan pengaturan laptop ini. Di Armory Crate selain bisa melihat kinerja masing-masing komponen, tersedia juga opsi pengaturan performa yang bisa dipilih sesuai dengan beragam skenario penggunaan. ASUS juga menyediakan opsi pengaturan visual untuk mengatur output visual sesuai dengan genre game yang dimainkan.

svg%3E

Nah, satu fitur yang menarik dari laptop ini adalah dukungan XG Mobile opsional. ASUS ROG Flow X13 adalah laptop gaming pertama di dunia yang mendukung eGPU ROG XG Mobile. GPU eksternal teranyar ASUS ini ditenagai chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 3080. Dengan begitu, saat ROG Flow X13 terhubung ke ROG XG Mobile, laptop ini akan menjadi laptop dengan performa grafis yang sangat bertenaga. Sayangnya, kami tidak bisa mengulas lebih jauh keseluruhan performanya dengan eGPU ROG XG Mobile. Ini karena unit review yang kami terima tidak sepaket dengan eGPU tersebut.

Performa ASUS ROG Flow X13

svg%3E

Performa ASUS ROG Flow X13 yang kami review berikut dipercayakan pada prosesor AMD Ryzen 9 5980 HS, RAM 32GB dan SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 yang kapasitasnya 1TB. RAM yang dibawanya ini onboard dan tidak ada opsi untuk upgrade. Cukup wajar untuk sebuah laptop dengan desain yang ramping. Sementara, untuk performa grafisnya dipercayakan pada kartu grafis diskrit Nvidia GeForce GTX 1650 Max-Q. Untuk hasil benchmarknya sebagai berikut.

Ditenagai AMD Ryzen 9 5980 HS performa ASUS ROG Flow X13 memang terasa sangat kencang. Beragam kebutuhan komputasi dari menjalankan aplikasi office untuk produktivitas, browsing hingga menjalankan aplikasi penyuntingan foto dan video bisa dijalankan dengan lancar tanpa masalah. Melakukan multitasking dengan menjalankan aplikasi secara bersamaan juga terasa mulus tanpa lag. Disokong GPU Nvidia GeForce GTX 1650 Max-Q performa gamingnya cukup memuaskan. Dari game-game ringan seperti Valorant hingga game AAA seperti Shadow of Tomb Raider dan Metro Exodus bisa dijalankan dengan tanpa masalah di pengaturan grafis medium. Laptop ini juga telah didukung fitur Nvidia Advanced Optimus yang artinya bisa dinonaktifkan jika tidak digunakan untuk menghemat daya.

svg%3E

Kinerja sistem pendinginnya juga cukup oke untuk sebuah laptop gaming dengan rancangan bodi tipis. Sistem pendinginnya hadir dengan Liquid Metal yang didukung kipas Arc Flow terbaru. Di mode pengaturan performa Turbo kinerja kipas pendinginnya mampu menjaga performa laptop tetap stabil saat gaming, meski kipas pendinginnya terdengar agak bising. Permukaan area keyboard hanya terasa sedikit agak hangat di area tengah dan paling panas di area atas keyboard. Area WSAD yang paling sering digunakan untuk gaming dan palm rest masih relatif aman.

Baterai ASUS ROG Flow X13

AMD Ryzen 9 5980 HS yang mengusung arsitektur Zen 3 memang diklaim sangat bertenaga dan irit daya. Untuk pengujian baterai ASUS ROG Flow X13 kami menggunakan mode silent dan mengaktifkan opsi battery saver di Windows Power Settings. Dengan skenario penggunaan untuk produktivitas sehari-hari seperti mengetik, browsing, terhubung ke WiFi, tanpa keyboard backlit dan opsi GPU Nvidia nonaktif, baterainya bisa menemani kami bekerja hingga sekitar 7 jam. Cukup memuaskan untuk sebuah laptop gaming.

Kesimpulan ASUS ROG Flow X13

ASUS ROG Flow X13 nyaris sempurna untuk sebuah laptop gaming idaman. Dengan desain konvertibel yang sangat ringkas dan performa AMD Ryzen 9 yang bertenaga ROG Flow X13 menjadi laptop konvertibel yang paling mumpuni untuk gaming. Membawa panel layar 4K yang sangat akurat konten kreator juga bisa meliriknya untuk mendukung penciptaan konten seperti penyuntingan video dan foto.

Memang cukup disayangkan sistemnya belum didukung gpu diskrit Nvidia RTX-Series. Tapi, dukungan eGPU ROG XG Mobile opsional yang membawa gpu hingga opsi RTX 3080 tetap menjadi satu nilai tambah. Jadi, pengguna masih bisa meningkatan performa gamingnya dengan eGPU tersebut. Bagi gamer atau konten kreator yang membutuhkan laptop konvertibel dengan performa bertenaga dan layar akurat ROG Flow X13 jelas adalah pilihan yang tepat.

ASUS ROG Flow X13 cocok untuk:

Gamer yang mobilitasnya tinggi: Dengan dimensi yang sangat ringkas laptop ini akan sangat mudah dibawa berpergian.
Konten kreator: Panel layar akurat, didukung layar sentuhan dan konvertibel menjadikannya ideal untuk penciptaan konten.
Para pekerja/profesional yang masih gemar bermain game: Desainnya yang minimalis bisa diandalkan sebagai teman bekerja dan bermain game.

Kelebihan ASUS ROG Flow X13:
+ Desain konvertibel
+ Panel layar 4K dengan warna akurat
+ Layar sentuh mendukung input pena stylus
+ Performa bertenaga
+ Didukung eGPU ROG XG Mobile
+ Keyboard nyaman digunakan
+ Armory Crate menawarkan opsi pengaturan yang komplit

Kekurangan ASUS ROG Flow X13
– Kipas pendingin agak bising di mode Turbo
– Tidak dilengkapi slot pembaca kartu memoriSD
– RAM onboard tidak bisa diupgrade

ASUS ROG Flow X13 adalah laptop konvertibel yang paling mumpuni untuk gaming.
8.8