Quantcast
Mobile GadgetNewsOperatorSmartphoneTelkomsel

Mencicipi Jaringan 5G di Indonesia Cukup dengan Ponsel 3 Jutaan Rupiah

Telkomsel Siap Komersialkan 5G

Telkomsel pada 19-21 Mei 2021 tengah menjalani Uji Layak Operasi (ULO) 5G. Kabarnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan Telkomsel lulus ULO, yang artinya sudah memungkinkan untuk segera melakukan komersialisasi jaringan 5G di Indonesia.

Ya, dalam waktu dekat, sebagian masyarakat di lokasi tertentu di Tanah Air akan dapat mencicipi 5G! Pertanyaannya, sudahkah Anda memiliki smartphone yang mendukung jaringan tersebut?

Keunggulan jaringan 5G dan lokasi ketersediaannya

Bagi yang belum tahu, jaringan 5G memiliki keunggulan dalam hal kecepatan download maupun upload data yang lebih tinggi dibanding 4G. Yang lebih penting, 5G juga dapat memberikan latency yang amat rendah (1ms), biaya per bit yang juga lebih rendah, serta membuka lebih banyak skenario penggunaan di masa mendatang.

Telkomsel 5G Experience Center 8

Perlu diketahui, Telkomsel melakukan uji coba 5G di pita frekuensi radio 2,3GHz untuk data plane dan 1,8GHz untuk control plane. Pengguna yang nantinya ingin menikmati layanan 5G dari Telkomsel tentunya wajib memiliki perangkat yang mendukung spektrum tersebut.

Pada tahap awal, Telkomsel akan menyediakan jaringan 5G secara terbatas di beberapa wilayah sekitaran Jakarta, antara lain Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, BSD, Widya Chandra, dan Alam Sutera. Selain itu, jaringan 5G Telkomsel nantinya juga akan tersedia di kota-kota besar lainnya seperti Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

Ponsel 5G termurah saat ini

Untuk Anda yang belum memiliki smartphone dengan dukungan 5G, OPPO punya beberapa pilihan menarik yang salah satunya tercatat sebagai ponsel 5G paling murah di Indonesia saat ini. Ya, apalagi kalau bukan OPPO A74 5G!

OPPO A74 5G 14

Sekadar informasi, OPPO A74 5G mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 480 yang dipersenjatai Snapdragon X51 5G Modem-RF System dengan dukungan mmWave dan Sub-6 GHz 5G, serta mendukung mode ganda yakni Standalone (SA) dan Non-Standalone (NSA).

Modem 5G inilah yang nantinya memungkinkan OPPO A74 5G terhubung dengan jaringan 5G Telkomsel di 2,3GHz, dan dapat menikmati download dan upload berkecepatan tinggi. OPPO A74 5G sudah bisa dibeli dengan harga resmi Rp3.699.000 dan pilihan warna Fluid Black serta Space Silver.

Soal spesifikasi lainnya, OPPO A74 5G punya layar punch-hole 6,49 inci Full HD+ 90Hz ini juga didukung RAM LPDDR4X sebesar 6 GB, serta storage UFS 2.1 berkapasitas 128 GB. Kamera utamanya 48 MP f/1.7, dengan kamera pendamping berlensa sudut lebar 8 MP f/2.2, kamera mono 2 MP, dan kamera macro 2 MP. Untuk selfie, ada kamera 16 MP di depan.

OPPO A74 5G 9

OPPO A74 5G memiliki baterai 5.000 mAh yang diklaim dapat membuatnya menyala hingga 1,5 hari. Pengisian dayanya memakai teknologi fast charging 18W. Yang tidak kalah menarik, OPPO menyediakan fitur penghemat daya seperti All-around Smart Power Saving, Super Power Saving Mode, Super Nighttime Standby. Tidak ketinggalan smartphone ini dilengkapi Multi-Cooling System dengan menggunakan beberapa tabung grafit tebal untuk mencegah panas berlebihan.

Selain A74 5G, OPPO juga menyediakan beberapa seri smartphone lainnya yang sudah mendukung jaringan 5G. Anda bisa membaca daftar lengkapnya di tautan berikut ini.

Back to top button