Quantcast
NewsKomputerLaptop GamingReview

Review Lenovo Legion Slim 7i

Varian Legion Paling Ideal untuk Gaming dan Konten Kreasi

Di tahun lalu lewat Legion Y740Si Lenovo berhasil menghadirkan varian Legion paling tipis dan ringan. Nah, mengulang sukses Legion Y740Si Lenovo kini merilis Legion Slim 7i. Dengan bobot hanya sekitar 1,86 Kg laptop ini berhasil menyabet gelar laptop gaming 15 inci yang paling ringan di dunia dengan Nvidia GeForce RTX. Penasaran bagaimana kebolehan Legion Slim 7i? Simak ulasannya sebagai berikut.

Lenovo Legion Slim 7i 1

Desain Lenovo Legion Slim 7i

Garis desain Legion Slim 7i masih mirip dengan saudaranya Legion 7i yang pernah kami review sebelumnya. Laptop ini masih mewariskan gaya minimalis khas Legion. Dengan tampilannya tersebut menjadikan Legion Slim 7i tidak hanya ideal untuk gamer, tapi cocok juga digunakan para profesional untuk dibawa kerja.

Perbedaan paling signifikan Legion Slim 7i dan Legion 7i jelas ada di dimensinya. Selain bobot yang lebih ringan, ketebalan bodinya yang sekitar 17,99 mm juga lebih tipis. Dengan dimensinya tersebut menjadikannya sangat mudah diajak berpergian.

Lenovo Legion Slim 7i 2

Satu nilai tambah Lenovo juga kini menyediakan slot pembaca kartu memori SD yang bisa ditemukan di sisi kiri bodinya. Cukup jarang laptop gaming saat ini dilengkapi slot pembaca kartu memori SD. Kehadiran slot pembaca kartu memori SD ini jelas semakin menjadikannya bisa diandalkan untuk kebutuhan konten kreasi.

Sama seperti varian Legion yang lain ada beberapa port di belakang bodinya. Di bagian belakang terdapat dua port USB 3.2 Gen2 dan port AC untuk suplai daya. Di sisi kanan bodinya terdapat dua port USB-C Thunderbolt 3.

Layar Lenovo Legion Slim 7i

Lenovo Legion Slim 7i 6

Lenovo Legion Slim 7i membawa panel layar IPS 15.6 inci yang resolusinya Full HD 1920 x 1080 pixel. Bingkai layarnya cukup tipis dengan webcam di bagian atas layar. Webcam tersebut juga dilengkap dengan fitur penutup untuk melindungi privasi saat tidak digunakan.

Lenovo Legion Slim 7i 7

Untuk mengakomodir kegiatan gaming panel layarnya telah mendukung refresh rate 144 Hz. Warna yang tersaji di layarnya juga cemerlang dan akurat dengan standar warna Adobe sRGB 100% serta dukungan Dolby Vision. Sangat optimal untuk gaming, menikmati konten multimedia hingga kebutuhan penyuntingan foto dan video.

Keyboard Lenovo Legion Slim 7i

Bergeser ke area keyboard Legion Slim 7i membawa TrueStrike Keyboard andalan Legion. Keyboardnya juga telah dilengkapi dengan pencahayaan RGB Corsair iCue yang bisa disesuaikan dengan selera pengguna. Selain itu, hadir fitur 100% Anti Ghosting untuk input yang lebih responsif.

Lenovo Legion Slim 7i 4

Sama seperti lini Legion yang lain keyboardnya ini tetap sangat nyaman digunakan untuk mengetik atau bermain game. Trackpad yang dibawanya juga besar dan sangat responsif dengan sapuan jari. Tombol kiri dan kanan trackpad juga sangat nyaman untuk ditekan.

Audio Lenovo Legion Slim 7i

Di sektor audio laptop ini membawa konfigurasi speaker 2W x 2 dengan fitur Dolby Atmos for gaming. Fitur ini menyediakan beragam preset audio untuk mengoptimalkan gaming. Bahkan, tersedia juga preset untuk menikmati konten film atau musik. Performa audionya juga cukup memuaskan. Suara yang dihasilkan cukup bertenaga dan jernih.

Fitur Lenovo Legion Slim 7i

Lenovo Legion Slim 7i 10

Fitur Lenovo Legion Slim 7i masih mirip dengan varian Legion yang lain. Di laptop ini Lenovo juga tetap masih menyertakan mode performa yang bisa diakses lewat menekan tombol pintas FN+Q. Ada tiga opsi yang bisa dipilih yaitu Quiet, Balance, dan Performance. Untuk setiap mode yang dipilih indikatornya bisa dilihat pada cincin LED yang ada di tombol Power yang akan berubah warna. Di tombol power tersebut Lenovo juga menyematkan fitur sensor sidik jari yang bisa diandalkan sebagai pengaman.

Lenovo Vantage pun masih tetap tersedia. Lewat Lenovo Vantage gamer bisa memantau CPU, RAM, GPU hingga melakukan sederetan pengaturan laptop ini dengan lebih cepat dan mudah. Lenovo Vantage juga menyediakan fitur hybrid mode yang jika aktif akan memungkinkan laptop secara otomatis berpindah ke gpu terintegrasi dan menonaktifkan gpu diskrit Nvidia agar penggunaan daya bisa lebih efisien.

Hadir juga conservation mode untuk membatasi pengisian baterai hingga persentase tertentu, fitur rapid charge untuk mempercepat isi ulang baterai dan flip to start yang memungkinkan laptop otomatis start up saat layar laptop dibuka tanpa perlu menekan tombol power.

Performa Lenovo Legion Slim 7i

Lenovo Legion Slim 7i 5
Spesifikasi Lenovo Legion Slim 7i yang kami review ini hadir dengan prosesor Intel Core Genersi Ke-10, Intel Core i7-10870H. RAM yang didukung maksimum 32GB dengan konfigurasi 16GB onboard dan 16GB di satu slot RAM yang tersedia. Jadi, gamer tidak perlu lagi repot merogoh kocek ekstra untuk upgrade RAM.

Untuk ruang penyimpanan gamer akan dimanjakan dengan ruang penyimpanan SSD M.2 2280 PCIe 3.0×4 NVMe yang kapasitasnya 1TB. Jika kurang Lenovo masih menyediakan satu slot kosong untuk menambah SSD. Jadi, meski bodinya sangat ramping kapasitas ruang penyimpanannya bisa sangat besar. Di sektor grafis laptop ini mengandalkan GPU Nvidia GeForce RTX 2060 Max-Q 6GB. Untuk hasil benchmarknya sebagai berikut:

Dari pengujian kami spesifikasi Lenovo Legion Slim 7i ini memang sangat bertenaga dan bisa diandalkan untuk beragam kebutuhan. Termasuk untuk kebutuhan penciptaan konten seperti menyunting foto, video hingga rendering 3D. GPU RTX 2060 Max-Q juga masih mampu menyajikan performa gaming AAA yang memuaskan. Beberapa game yang kami uji seperti Shadow of Tomb Raider, Metro Exodus dan Death Stranding bisa dimainkan dengan mulus di kualitas grafis tertinggi.

Lalu bagaimana dengan sistem pendinginnya? sistem pendingin Legion Slim 7i tetap mengandalkan Legion Coldfront 2.0. Saat gaming kami mencoba mengaktfikan mode performanya dan menguji sistem pendinginnya tersebut.

Di mode ini memang kipas pendinginnya mampu menjaga performa gaming tetap stabil dan optimal. Tapi, kami merasakan sensasi hangat yang cukup berlebih di area keyboard bagian tengah dan atas. Kinerja kipas pendinginnya juga relatif agak bising.

Cukup berbeda seperti varian Legion lain yang pernah kami coba sebelumnya di mana seluruh area keyboard hanya terasa sangat sedikit rasa hangat dan kipas pendingin relatif senyap. Tapi, hal tersebut bisa kami maklumi karena bisa saja imbas dari rancangan bodinya yang memang lebih tipis. Setidaknya, untuk sebuah laptop gaming dengan rancangan bodi tipis Legion Coldfront 2.0 tetap mampu menyajikan manajemen thermal yang tergolong baik.

Baterai Lenovo Legion Slim 7i

Untuk menguji daya tahan baterai Legion Slim 7i kami mengaktifikan mode performa FN+Q Quiet, hibrid mode aktif, tingkat kecerahan layar 30%, mengaktifkan mode power saver di Windows Power Management dan menonaktifkan fitur always on USB Charge dan keyboard backlit. Penggunaan laptop hanya untuk produktivitas seperti mengetik dokumen dan browsing dengan terhubung ke WiFi. Dengan skema tersebut Legion Slim 7i bisa menemani kami bekerja hingga sekitar 6 jam. Cukup bisa diandalkan untuk mobilitas.

Kesimpulan

Dengan performa yang bertenaga dan desainnya yang tipis dan ringan, Lenovo Legion Slim 7i adalah jawaban yang tepat untuk para gamer yang memiliki mobilitas tinggi. Panel layarnya yang akurat dan tersedianya slot microSD juga menjadikannya varian Legion yang paling ideal untuk penciptaan konten. Secara keseluruhan fitur Lenovo Legion Slim 7i cukup komplit di kelasnya. Jadi, tidak hanya kami rekomendasikan untuk gamer laptop ini juga kami rekomendasikan untuk para konten kreator yang membutuhkan laptop gaming tipis namun bertenaga.

Lenovo Legion Slim 7i Cocok untuk:

Gamer yang mobilitas tinggi: Dengan rancangan bodinya yang tipis dan ringan laptop ini sangat mudah diajak berpergian.
Konten Kreator: Layar akurat, slot microSD, ruang penyimpanan besar dan performa bertenaga menjadikan laptop ini sangat bisa diandalkan untuk konten kreasi. Thunderbolt 3 juga memungkinkan skenario penggunaan dengan monitor tambahan.
Pekerja atau profesional yang masih sering bermain game: Desainnya yang minimalis dan tidak mencolok ideal diajak sebagai teman bekerja.

Kelebihan Lenovo Legion Slim 7i:
+ Performa bertenaga
+ Desain tipis dan ringan
+ Panel layar akurat
+ Kapasitas SSD besar
+ Keyboard nyaman digunakan
+ Manajemen thermal tergolong baik untuk laptop tipis
+ Dilengkapo slot microSD

Kekurangan Lenovo Legion Slim 7i:
– Kinerja sedikit agak bising
– Tidak ada opsi dengan Intel Core 11th Gen atau Nvidia RTX 3000 Series

Sekilas Spesifikasi Lenovo Legion Slim 7i:

OSWindows 10
ProcessorIntel Core i7 10870H
RAM
Hingga memori 32GB 3200MHz DDR4
GraphicsNVIDIA GeForce RTX 2060 Max-Q
Storage1TB PCIe SSD
Display
15,6 inci FULL HD IPS, 144Hz, 300nits, 100% sRGB dengan Dolby Vision
PortsTwo USB-C 3.2
Four USB-A 3.2
HDMI 2.1
Ethernet
3.5mm audio
AudioDolby Atmos for gaming
Fitur
– Legion Coldfront 2.0 dan TrueStrike Keyboard dengan pilihan backlighting RGB
– Fingerprint reader yang terintegrasi di tombol power
– Webcam dengan physical shutter
– Software Lenovo Vantage dan Fn + Q untuk manajemen daya
Tidak hanya kami rekomendasikan untuk gamer laptop ini juga kami rekomendasikan untuk para konten kreator yang membutuhkan laptop gaming tipis namun bertenaga.
9
Back to top button