Quantcast
TipsAplikasiiOS (iPhone/iPad)

[Tips] Memindai Dokumen dengan iPhone atau iPad

Sejak pembaruan iOS 11 muncul Apple menambahkan fitur scan atau memindai dokumen dengan kamera iPhone atau iPad. Sayangnya, memang belum banyak pengguna yang mengetahui fitur ini. Jika Anda tidak memiliki printer multifungsi dan ingin memindai dokumen hanya menggunakan iPhone atau iPad berikut cara mudah untuk melakukannya.

scan dokumen iphone 1

Cara memindai dokumen dengan iPhone atau iPad

Untuk cara memindai dokumen dengan kamera iPhone atau iPad langkah yang harus dilakukan sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Notes
2. Pilih buat Note Baru di pojok kanan bawah layar
3. Tap ikon kamera yang muncul di atas keyboard
4. Tap opsi Scan Document
5. Letakan dokumen di atas meja dan posisikan kamera di atas dokumen
6. Di layar iPhone/iPad akan muncul kotak kuning. Sesuaikan dokumen yang ingin dipindai ke dalam kotak tersebut dan klik tombol shutter untuk memindai. ( Jika ingin mengatur ukuran kotak kuning tersebut secara manual, pilih mode manual di pojok kanan atas layar )
7. Klik tombol shutter untuk memulai memindai dokumen
8. Setelah selesai tap tombol Save

scan dokumen iPhone 2

Fitur pindai dokumen dari Apple ini juga didukung dengan opsi penyuntingan sederhana. Setelah dokumen selesai dipindai Anda dimungkinkan untuk memutar orientasi dokumen, mengubah efek warna untuk mengoptimalkan hasil pindaian, crop, hingga opsi untuk langsung membagikan dokumen tersebut dalam format .PDF. Tidak hanya itu saja, Apple juga menyediakan opsi untuk menambahkan coretan, teks hingga tanda tangan. Untuk melakukan hal tersebut Anda hanya perlu pilih dokumen yang sudah dipindai, klik tombol bagikan di pojok kanan atas layar, kemudian pilih Markup. Setlah itu tap tanda (+) dan pilih opsi tandan tangan atau teks. Selamat mencoba!

Back to top button