Atomos Ninja V+: Recorder Eksternal dengan Kemampuan Rekam Video 8K/30p ProRes RAW

Tiga tahun setelah kemunculan Ninja V di tahun 2018 lalu, Atomos kini mengumumkan Ninja V+. Suksesornya ini membawa pembaruan pada chipsetnya dengan kemampuan rekam video di resolusi tinggi yang semakin mumpuni.

svg%3E

Fitur Atomos Ninja V+

Ninja V+ hadir dengan desain yang sama seperti Ninja V. Perangkat recorder eksternal ini tetap membawa panel layar 5 inci. Tingkat kecerahan layarnya 1000 nit. Jadi, akan jelas terlihat di kondisi pencahayaan sangat terang. Selain itu, recorder eksternal ini juga kompatibel dengan 30 jenis kamera.

svg%3E

Beda paling utama ada di kemampuan rekam video. Untuk kamera yang kompatibel dengan format Apple ProRes RAW, pengguna kini bisa merekam video secara kontinyu di resolusi 8K/30p dan 4K/120p. Ninja V+ juga mendukung perekaman dengan codec HEVC 10-bit dan menawarkan opsi penggunaan modul AtomX SDI. Jadi, kompatibel dengan kamera yang mendukung perekaman video RAW lewat SDI seperti misalnya Sony FX6 dan FX9.

Atomos Ninja V kini mendukung H.265 (HEVC)

Kabar baiknya, perangkat ini tidak akan menggantikan Ninja V. Pasalnya, Atomos juga merilis pembaruan firmware untuk Ninja V. Lewat pembaruan firmware Ninja V kini mendukung alur kerja H.265 dengan kemampuan rekam video hingga 4K/60p 10-bit 4:2:2 “i” frame penuh dengan opsi 8-bit. Pembaruan untuk Ninja V akan tersedia di bulan Mei 2021. Pembaruan ini tidak gratis dan dijual dengan harga US$99.

Harga Atomos Ninja V+

Rencananya perangkat ini akan tersedia di akhir tahun 2021. Untuk harga Atomos Ninja V+ US$1499 dan “Pro Kit” dengan adapter AtomX SDI harganya US$1699.

Verified by MonsterInsights