Atomos Ninja V+: Recorder Eksternal dengan Kemampuan Rekam Video 8K/30p ProRes RAW

Tiga tahun setelah kemunculan Ninja V di tahun 2018 lalu, Atomos kini mengumumkan Ninja V+. Suksesornya ini membawa pembaruan pada chipsetnya dengan kemampuan rekam video di resolusi tinggi yang semakin mumpuni.

Fitur Atomos Ninja V+

Ninja V+ hadir dengan desain yang sama seperti Ninja V. Perangkat recorder eksternal ini tetap membawa panel layar 5 inci. Tingkat kecerahan layarnya 1000 nit. Jadi, akan jelas terlihat di kondisi pencahayaan sangat terang. Selain itu, recorder eksternal ini juga kompatibel dengan 30 jenis kamera.

Beda paling utama ada di kemampuan rekam video. Untuk kamera yang kompatibel dengan format Apple ProRes RAW, pengguna kini bisa merekam video secara kontinyu di resolusi 8K/30p dan 4K/120p. Ninja V+ juga mendukung perekaman dengan codec HEVC 10-bit dan menawarkan opsi penggunaan modul AtomX SDI. Jadi, kompatibel dengan kamera yang mendukung perekaman video RAW lewat SDI seperti misalnya Sony FX6 dan FX9.

Atomos Ninja V kini mendukung H.265 (HEVC)

Kabar baiknya, perangkat ini tidak akan menggantikan Ninja V. Pasalnya, Atomos juga merilis pembaruan firmware untuk Ninja V. Lewat pembaruan firmware Ninja V kini mendukung alur kerja H.265 dengan kemampuan rekam video hingga 4K/60p 10-bit 4:2:2 “i” frame penuh dengan opsi 8-bit. Pembaruan untuk Ninja V akan tersedia di bulan Mei 2021. Pembaruan ini tidak gratis dan dijual dengan harga US$99.

Harga Atomos Ninja V+

Rencananya perangkat ini akan tersedia di akhir tahun 2021. Untuk harga Atomos Ninja V+ US$1499 dan “Pro Kit” dengan adapter AtomX SDI harganya US$1699.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain