Epson Ungkap Keunggulan Printer Tekstil Digital di Industri Garmen

Industri garmen atau pakaian jadi merupakan pasar yang sangat dinamis, karena dipengaruhi oleh kreativitas pelakunya. Bukan hanya soal desain yang unik, pelaku usaha di bidang pakaian juga wajib beradaptasi dan menemukan cara baru untuk mengembangkan produksi dan operasionalnya.

Salah satunya adalah melalui digitalisasi percetakan tekstil. Epson dalam rilis persnya, Kamis (1/4), menyebutkan bahwa digitalisasi menggunakan printer tekstil akan mampu menjawab permintaan pasar yang terus meningkat.

Menurut Epson, setidaknya ada 4 keunggulan yang ditawarkan oleh printer tekstil digital, khususnya Epson SureColor F-series, untuk menunjang kebutuhan para pelaku usaha di industri garmen. Apa saja?

1. Ramah lingkungan

Teknologi analog selain membutuhkan sumber daya yang lebih besar, juga akan menghasilkan limbah atau bahkan bahan kimia beracun yang berbahaya bagi lingkungan. Bukan cuma itu, industri garmen dengan teknologi analog akan lebih menghabiskan banyak air dan energi.

Sementara printer tekstil digital mampu menghemat air hingga 90 persen dengan konsumsi energi yang lebih efisien hingga 30 persen. Epson mengklaim tinta untuk printer dye-sublimation dan direct-to-garment (DTG) mereka sudah mendapatkan sertifikasi Eco Passport oleh Oeko-Tex. Eco Passport adalah sistem sertifikasi keamanan dunia di mana produk tekstil diuji untuk melihat zat berbahaya di dalamnya.

2. Hasil produksi tinggi dengan waktu lebih singkat

Digitalisasi dalam percetakan tekstil adalah cara yang tepat untuk memberikan hasil produksi yang lebih tinggi dengan waktu penyelesaian yang lebih cepat. Dengan pencetakan tekstil digital, pebisnis dapat mengakomodasikan permintaan pengiriman mendadak.

Kalau dari sisi produk, Epson SureColor F-Series yang dibekali teknologi printhead PrecisionCore TFP merupakan pilihan printer tekstil untuk mencetak cepat dan dijanjikan punya kualitas serta daya tahan yang baik di berbagai media.

3. Hemat biaya

Karena membutuhkan sumber daya manusia yang lebih sedikit serta listrik yang lebih efisien, artinya printer tekstil digital juga lebih hemat biaya dibanding percetakan tradisional. Epson mengklaim produknya didukung printhead PrecisionCore dengan elemen piezo yang dapat mendiagnosis diri sendiri, sehingga perawatan berkalanya lebih terjangkau.

4. Lebih bebas berkreasi

Keunggulan terakhir dari printer tekstil digital adalah kemudahan kebebasan untuk berkreasi. Pelaku bisnis dapat memproduksi gambar maupun desain yang rumit, serta memberikan variasi dan pilihan tak terbatas kepada desainer sesuai dengan seleranya masing-masing.

Satu komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain